Pantau 5 Situs Ini, Niscaya Kamu Bisa Magang di Luar Negeri!

Magang merupakan hal penting yang tidak dapat kamu sepelekan, apalagi jika sudah mahasiswa semester akhir. Magang merupakan suatu kewajiban agar kamu tidak terlalu kaget ketika benar-benar terjun ke dunia kerja. Selain itu, banyak juga manfaat lainnya seperti menambah relasi dan mempercantik curriculum vitaemu. Nah, bagi kamu yang berminat magang di luar negeri bisa banget pantau 4 situs berikut ini. Yuk, simak penjelasannya!

1.Company Website, Gudangnya Profil Kantor Idamanmu

Sumber : www.fifthlightmedia.com

Ada kalanya kamu harus aktif menjemput bola, bukan menunggunya. Sama halnya dengan magang, jika kamu ingin merasakan atmosfer bekerja maka carilah informasi magang di website perusahaan yang kamu tuju. Dengan memantau laman resminya, kamu juga dapat mempelajari nilai-nilai perusahaan dan budaya kerjanya. Ingatlah, magang juga merupakan cerminan etos kerja. Maka dari itu, jangan remehkan, ya!

2. Segala Kemudahan Magang Ada di Linkedin

Sumber : iCampus Indonesia

Situs yang satu ini akan memudahkan jalanmu untuk magang di luar negeri. Di Linkedin, kamu tinggal ketik “internship” pada mesin pencari, lalu akan muncul beragam penawaran magang dari berbagai negara. Selain itu, manfaatkan koneksi Linkedin kamu semaksimal mungkin. Jangan takut untuk menghubungi mereka terlebih dahulu! Siapa tau kamu diberi kesempatan untuk magang sambil memperluas ilmu dan kemampuan.

3. Jemput Kesempatan Magang di Luar Negeri dengan Bergabung di Facebook Groups

Sumber : dailytexanonline.com

Tidak ada salahnya kamu mencoba aktif kembali di Facebook, lalu mencari informasi magang di sana. Ruang grup Facebook merupakan tempat berkumpulnya individu yang memiliki kesamaan minat. Berbagai aktivitas terjadi di sana, seperti penyebaran informasi magang, pekerjaan, atau diskusi mengenai karier. Caranya juga mudah, kamu tinggal klik “join grup” , kemudian tunggu admin menerima permintaanmu. Namun, hati-hati terhadap penipuan atau grup palsu, ya! Berikut beberapa tautan grup Facebook yang anak rantau temukan :

Hongkong : https://www.facebook.com/groups/5651910697/?ref=share

Jerman : https://www.facebook.com/groups/386917191705233/

Indonesia – Australia : https://www.facebook.com/groups/whvindonesia/

4. Berbagai Macam Peluang Ada di Job Listing Websites

Situs terakhir agar kamu dapat mencapai mimpi magang atau bekerja di luar negeri adalah job listing websites. Laman ini serupa dengan situs-situs pencari kerja di Indonesia seperti urbanhire, indeed, dan jobstreet. Perbedaannya ialah regional website. Di setiap negara pasti ada portal pencari kerja resmi, misalnya Hongkong https://www.recruit.com.hk/. Kamu tinggal mencarinya lewat Google atau bertanya kepada temanmu di sana.

5. Pemerintah Indonesia juga Menyediakan Program Magang ke Luar Negeri, loh!

Sumber : aiesec.org.tr

Pengalaman langka itu bisa kamu dapatkan melalui program seperti Pemuda Magang Luar Negeri (http://aiesec.or.id/program-ppmln/). AIESEC bersama Kemenpora bekerja sama untuk mengirim pemuda pemudi Indonesia berprestasi ke negara lain. Tersedia untuk berbagai jurusan, loh! Yuk, coba ikuti seleksinya!

Nah, itu dia 5 situs yang dapat mengantarkanmu magang di luar negeri. Bagaimana, menarik bukan? Percayalah, kamu bisa merasakan atmosfer menimba ilmu di negara lain asalkan kamu berusaha. Yuk, mulai bergerak cari info!