5 Pekerjaan Industri Kreatif di Luar Negeri, Gajinya Sampai Rp 1,7 Miliar

Halo anakrantau, kita bertemu lagi di kesempatan kali ini! Artikel ini merupakan sedikit sambungan dari sebelumnya, yaitu Profesi Baru di Industri 4.0. Industri kreatif menjadi lapangan pekerjaan yang diincar di era digital yang sedang berkembang pesat ini. Mungkin di antara kamu ada yang menganggap bahwa pekerjaan kreatif memiliki gaji rendah dan prospeknya tidak begitu menjanjikan. Nyatanya, jika ditekuni secara mendalam, maka kamu bisa memperoleh penghasilan yang layak.

Dilansir dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (BLS), upah tahunan rata-rata untuk pekerjaan seni adalah $44,410 atau sekitar Rp 600 juta. Angka tersebut lebih tinggi dari upah tahunan rata-rata untuk semua pekerjaan. Nah, maka dari itu jangan takut berkarier, ya! Ada banyak pekerjaan industri kreatif yang gajinya menjanjikan menurut U.S. Bureau of Labor Statistics (BLS) . Yuk, simak artikelnya di bawah ini!

5. Penulis, Sang Perangkai Kata

Masih banyak yang menganggap remeh pekerjaan kreatif yang satu ini. Sastra merupakan jendela dunia dan dapat memberikan gambaran mengenai tingkat literasi di suatu negara. Di Amerika, rata-rata penghasilan penulis yaitu Rp 860 juta ($61,140) per tahun atau Rp 400 ribu ($29.44) per jam. Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh background jurusan bahasa Inggris, Jurnalisme, dan Komunikasi. Meskipun begitu, profesi ini dapat ditekuni oleh siapapun yang mencintai dunia tulis menulis.

4. Banyak Peluang Menjanjikan untuk Profesi Fashion Designer

BLS memprediksi bahwa posisi ini memiliki pertumbuhan hingga 3% di tahun 2026. Hingga saat ini, Badan Statistika AS tersebut mencatat rata-rata penghasilannya sebesar Rp 920 juta ($ 65,170) per tahun atau Rp 440 ribu ($ 31.33) per jam. Angka tersebut dapat berbeda di setiap negara bagian, seperti Massachusetts berani memberikan upah hingga Rp 1,25 M ($ 88.390). Sementara New York memiliki kisaran Rp 1,2 M ($ 83.980) untuk perancang busana. Bagaimana, tertarik menggeluti?

3. Multimedia Artist and Animator, Pekerjaan Incaran Lulusan Multimedia

Pekerjaan di industri kreatif yang satu ini memiliki gaji yang cukup menjanjikan, loh! Animator di Amerika memiliki rentang gaji sebesar Rp 920 juta ($ 65,300) per tahun atau Rp 440 ribu ($ 31.40) per jam. Pekerjaan seni ini diprediksi akan tumbuh hingga 8% di tahun 2026, apalagi di era digital ini permintaan akan video animasi juga semakin meningkat. Animator multimedia mendapatkan upah tertinggi di negara bagian California, yakni Rp 1,1 M ($ 82.680).

2. Industrial Designer, Pekerjaan Kreatif dengan Upah Menggiurkan

Kamu dapat menekuni pekerjaan ini jika memiliki latar belakang lulusan arsitektur, teknik industri, dan desain industri. Profesi ini memiliki rata-rata penghasilan yang menjanjikan, yaitu Rp 950 juta ($67,790) per tahun atau Rp 450 ribu ($32.59) per jam. Desain industrial bukan hanya sekedar bisa menggambar, namun juga harus bisa memberikan perhitungan matematika yang tepat untuk menghindari kecelakaan kerja.

1. Art Director, Sang Kunci Tata Letak Produk

Penata Letak (Art Director) bertanggung jawab untuk menciptakan gaya dan visual pada film, koran, majalah, dan alat visual lainnya supaya enak dilihat dan pesannya sampai kepada pembaca atau penonton. Banyak art director sukses yang terlibat di project film legendaris. Semakin berpengalaman, maka gajinya pun semakin tinggi. BLS mencatat art director bisa memiliki rata-rata penghasilan fantastis, yakni Rp 1,2 M ($89,830) per tahun atau Rp 610 ribu ($43.18) per jam. Sementara California dan New York merupakan negara bagian dengan upah art director tertinggi, masing-masing $ 126,060 dan $ 124,300 (sekitar Rp 1,7M).

Nah, itu dia 5 Pekerjaan Industri Kreatif yang Gajinya Menjanjikan. Perlu diperhatikan lagi bahwa ini hanya rata-rata, bukan berdasarkan pengalaman. Bisa saja jika kamu sudah memiliki pengalaman, maka itu dapat menjadi nilai tambah untuk kenaikan upahmu. Selamat mencari pekerjaan!