Australian National University (ANU) Buka Pendaftaran Sampai 15 Desember 2019! Ini yang Harus Kamu Tahu

Australian National University (ANU) merupakan salah satu universitas bergengsi yang berlokasi di Canberra, ibukota dari Australia. Dengan motto “First to learn the nature of things”, setidaknya ada tujuh fakultas yang diampu, yakni seni dan ilmu sosial, pusat kajian Asia dan Pasifik, bisnis dan ekonomi, teknik dan ilmu komputer, hukum, kedokteran, biologi, dan lingkungan, serta ilmu fisika dan matematika.

anakrantau-anu-building
Gedung ANU. Sumber: corporate.amp.com.au

Mengapa harus jadi siswa ANU?

Nah, yang harus kamu pahami Anak Rantau, para murid serta pengajar ANU berasal dari berbagai tempat di dunia. Sehingga, tidak akan menjadi masalah dari mana kamu berasal. ANU selalu berupaya menciptakan iklim yang positif serta mendukung supaya kamu bisa nyaman belajar di ANU. Apalagi, dengan beragamnya program studi yang ditawarkan, kamu bisa bebas mengekspresikan diri sebagai siswa ANU.

Bagaimana proses seleksinya?

Seperti banyak yang diketahui, proses seleksi masuk perguruan tinggi itu pasti merupakan proses yang panjang. Kalau kamu berminat untuk mendaftar sebagai siswa ANU, maka akan ada tiga tahapan yang harus kamu lewati.

Pertama, eligibility check. Setelah kamu menyerahkan lamaranmu ke ANU, maka pihak ANU akan mengecek apakah kamu layak dan memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan.

Untuk mendaftar program sarjana, kamu diharuskan memenuhi persyaratan akademik minimum yang telah ditetapkan oleh ANU. Kemudian, pastikan juga kamu memenuhi persyaratan akademik untuk program studi yang kamu pilih dan juga kemampuan berbahasa Inggris.

Kedua, perankingan. Tahapan selanjutnya yang akan kamu lewati ketika lamaran kamu lolos tahap uji kelayakan adalah perankingan. Ya, lamaran yang kamu ajukan nantinya akan diurutkan dan dibandingkan dengan pelamar lain yang memilih program yang sama denganmu. Terdapat beberapa pertimbangan yang akan diambil lho, mulai dari IPK hingga faktor keberagaman. Jadi, jangan lupa siapkan lamaran kamu sebaik-baiknya, ya! Supaya menarik perhatian panitia seleksi.

Ketiga, hasil dan penawaran. Nah, apabila kamu berhasil melewati kedua proses tadi dan diterima, maka pihak ANU akan segera mengabarimu dan memberikan petunjuk mengenai apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Yang pasti, jangan sampai teledor untuk enggak cek email, ya!

anakrantau-kelas-anu
Suasana salah satu kelas di ANU. Sumber: reporter.anu.edu.au

Kapan tenggat waktunya?

Kebanyakan program studi di ANU mengadakan dua kali proses seleksi penerimaan siswa baru tiap tahunnya, yakni untuk semester 1 dan 2. Proses seleksi penerimaan siswa baru semester 1 telah dibuka dan akan berakhir pada tanggal 15 Desember 2019. Sedangkan, untuk semester 2, pendaftaran juga telah dibuka dan baru berakhir pada 6 Mei 2020.

Kalian hanya bisa memilih satu program saja lho, ketika megikuti proses seleksi ini. Jadi, pilihlah program studi yang paling kamu minati dan tentunya sukai. Setiap pendaftar nantinya akan dikenai biaya registrasi sebesar AUD$100.

Nah, kalau ingin tahu lebih lanjut mengenai proses seleksi di ANU, kamu bisa lho mengunjungi situs resminya di anu.edu.au. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera selesaikan proses pendaftaranmu. Semoga beruntung!