Travel ke Taiwan, Tak Lengkap Tanpa 3 Night Market Ini!

Kebanyakan dari kamu tentu sudah akrab dengan Shihlin, cemilan khas Taiwan, ayam goreng yang dipotong-potong dan ditaburi bumbu aneka rasa. Biasanya dapat kamu temui di berbagai gerai makanan, pusat perbelanjaan, atau bazar-bazar makanan. Tapi, kamu pernah punya keinginan ga sih untuk mencoba Shihlin langsung dari negara asalnya?

Travelling ke Taiwan memang terasa hampa jika kamu melewatkan berbagai night market dengan street food aneka ragam yang terkenal kelezatannya. Negara yang terdapat di bagian timur benua Asia ini memang terkenal dengan wisata kuliner yang menggiurkan. Tak jarang makanan yang dijajakan ini konon melambangkan kondisi gegografi dan culture daerah tersebut. Untuk kamu- pembaca-semua, berikut daftar night market di Taiwan beserta makanan andalannya!

3. Shilin Night Market

Merupakan night market yang terletak di Shilin District dan paling terkenal se-seantero Taiwan serta menjadi tujuan utama wisatawan yang mengunjungi negara tersebut. Meskipun sudah berdiri semenjak tahun 1915 tidak menjadikan pasar ini terlihat kuno atau usang. Justru makin berkembang dan ramai oleh pengunjung, baik wisatawan maupun warga lokal.

Jangan lupa untuk mencoba Crispy Chiken Cutlet (Ji Pai), ayam goreng renyah yang berbentuk gepeng dengan rasa asin dan lada hitam yang mendominasi. Tak lupa taburan bubuk cabe merah bagi kamu penimat pedas. Selain itu, minuman Bubble Tea yang sudah menjamur di Indonesia aslinya juga merupakan minuman khas Taiwan yang sudah diperkenalkan semenjak tahun 1980-an. Wow!

2. Raohe Night Market

Raohe Night Market terletak di Songshan District di dekat pasar grosir WuFenPu. Sebagai salah satu night market tertua di Taiwan menjadikannya tempat yang nyaman untuk beristirahat dan mengisi perut kososng setelah lelah beraktivitas seharian. Terutama para pengunjung yang berbelanja di pasar WuFenPu.

Salah satu kuliner andalan Raohe Night Market adalah Black Pepper Bun, roti isi daging yang seklias mirip dengan bapao. Uniknya, makanan ini dimasak dengan cara ditempelkan ke sisi dalam tungku tanah liat yang dibakar dan menghasilkan tekstur garing pada sisi luarnya.

1. Ruifeng Night Market, Kaohsiung

Ruifeng Night Market terletak di Xinxing District, Kota Kaohsiung yang terletak di Taiwan bagian selatan. Istimewanya, khusus pasar malam ini tidak hanya menyajikan kuliner yang menggiurkan namun juga beragam hiburan seperti kios-kios mini games yang menwarkan berbagai hadiah menarik bagi para pemenangnya.

Salah satu kuliner andalannnya adalah Stinky Toufu (Chou Dou Fu). Jangan terkecoh dari aroma bususk yang menguar dari tahu ini karena sesuai namanya tahu ini memang beraroma busuk. Stinky Toufu umumnya diolah menjadi gorengan dan disajikan beserta acar kol. Namun lebih nikmat jika disantap dengan kuah kuning atau coklat dengan level pedas beragam.

Bagi kamu pencinta wisata kuliner, tunggu apa lagi? Kunjungi Taiwan dan nikmati aneka streed food yang siap disantap!