fbpx

Pouding Chômeur, Kue Pengangguran Asal Kanada

Mencicipin makanan atau kue khas suatu daerah pasti menjadi salah satu tujuan ketika kita melakukan wisata. Nah, apakah kamu sudah pernah tahu tentang Pouding Chômeur, kue pengangguran asal Kanada? Kalau belum tahu, yuk cari tahu apa sebetulnya kue yang satu ini.

Asal Mula Pouding Chômeur

Pada dasarnya, kue yang satu ini merupakan makanan pencuci mulut asal Quebec. Banyak yang menyebut kue ini sebagai puding orang miskin, atau bahkan lebih lanjut adalah kue pengangguran.

Mengapa kok disebut sebagai kue pengangguran?

Sumber: foodgypsy.com

Pouding Chômeur awalnya dibuat oleh seorang pekerja pabrik selama masa Depresi Besar tahun 1930-an. Seorang pekerja perempuan membuat kue dari bahan yang ia miliki, yakni mentega, tepung, susu, dan juga telur. Saus manis yang digunakan untuk menyiram kue ini dulunya dibuat dengan menggunakan brown sugar. Bagaimanapun, dulu tidaklah mudah mendapatkan bahan makanan tertentu. Sekarang ini, saus tersebut telah diganti dengan sirup maple.

Puding yang satu ini menarik karena merupakan kue yang dibuat dengan menggunakan teknik memasak Perancis yang diadaptasi di lingkungan baru. Dengan menggunakan sirup maple, kue yang satu ini menjadi contoh campuran antara bahan-bahan dari tradisi Aborigin dengan makanan Eropa.

Bagaimana cara membuat Pouding Chômeur?

Untuk membuat kue yang satu ini, kita tidak memerlukan bahan-bahan yang sulit ditemukan. Kamu hanya memerlukan sirup maple, gula, mentega, telur, tepung, baking powder, garam, dan juga susu.

Cara membuat kue ini pun juga dapat dibilang cukup mudah.

  1. Panaskan sirup maple sampai mendidih lalu kesampingkan.
  2. Campurkan mentega dengan gula dan telur.
  3. Kemudian, campurkan juga tepung, baking powder, dan juga garam.
  4. Masukkan susu dan tambahkan semua bahan yang tersisa.
  5. Masukkan adonan tandi ke sirup maple yang telah mendidih dan panaskan di dalam oven selama 30-45 menit.
  6. Sajikan menggunakan krim atau sirup maple panas.

Kira-kira seperti itulah cara membuat Pouding Chômeur.

Di mana saya bisa menemukan Pouding Chômeur di Kanada?

Restaurant La Buche. Sumber: tripadvisor.com

Akan tetapi, kalau kamu ingin mencicipi kue ini langsung di Kanada, kamu bisa menemukan puding ini di berbagai tempat di Quebec. Akan tetapi, kamu bisa mencoba memakan kue satu ini di Restaurant La Buche. Restoran ini terletak di 49, rue Saint-Louis Vieux-Quebec.

Restoran ini menjadi unik karena telah menyajikan makanan tradisional khas Perancis dengan sentuhan kontemporer. Tak heran apabila kamu bisa menemukan Pouding Chômeur yang begitu khas di restoran ini. La Buche beroperasi mulai dari jam 10.00 hingga 22.00.

Menarik bukan jenis kue yang satu ini? Semoga bisa menjadi referensi kulinermu ketika berkunjung ke Kanada ya, Anak Rantau. Kamu juga harus cari tahu tentang penganan khas Hungaria yang bisa kamu temukan di Budapest.

For Your Information

Apa itu Pouding Chômeur?

Pada dasarnya, kue yang satu ini merupakan makanan pencuci mulut asal Quebec. Banyak yang menyebut kue ini sebagai puding orang miskin, atau bahkan lebih lanjut adalah kue pengangguran.

Mengapa Pouding Chômeur disebut sebagai kue pengangguran?

Kue ini pertama kali ditemukan pada masa ekonomi yang sulit, yakni pada masa terjadinya Depresi besar tahun 1930-an.

Di mana saya bisa menemukan Pouding Chômeur di Kanada?

Untuk tahu lebih lanjut, coba baca artikel berikut ini untuk tahu asal-usul Pouding Chômeur lebih lanjut. Tentunya juga di mana kamu bisa menemukan restoran ciamik untuk memakan kue yang satu ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Toronto?