6 Tips Menyusun Barang di Koper Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Kalau kamu sudah membaca tulisan tentang barang apa saja yang harus dipersiapkan ketika travelling ke luar negeri maka sekarang kita akan membahas tips dan trick untuk menyusun barang bawaan tersebut agar tidak overload dan justru jadi bahan omelan oleh petugas di bandara nantinya, so sad

Eh, kamu yang belum baca artikel sebelumnya, boleh lho kalau dibaca dulu

Sumber: YoExplore

Seringkali menyusun perlengkapan di dalam koper atau ransel tidak disiasati dengan baik akan menimbulkan masalah ketika sampai di negara tujuan. Jangan sampai barang-barang penting justru lupa dibawa karena bingung duluan gimana cara menyusunnya agar muat di dalam koper. Ini nih, tips dan tricknya buat kamu terutama para traveller pemula.

1. Baju yang berbahan tipis atau kaos ringan  digulung dengan rapi dan memenuhi sisi koper.

Sumber: Buahhatiku

Cara menggulung baju ini bisa kamu lihat berbagai tutorialnya di youtube terutama yang ala KonMari. Simple dan menghemat banyak ruang.

2. Kamu yang butuh membawa celana panjang atau pendek ketika liburan maka cukup dilipat dua dan diletakkan di urutan paling bawah agar tidak kusut.

Sumber: @laurabas

Celana panjang ini ditaruh di dasar koper baru kemudian di atasnya disusun baju-baju yang sudah digulung tadi. Selain itu, jika bepergian pada musim dingin, jaket tebal lebih baik dipakai di awal perjalanan atau jika membawa lebih dari satu maka digulung ke dalam sarungnya.

3. Pakaian dalam dan kaus kaki digulung dan dimasukkan ke dalam tas atau plastik kecil.

Sumber: The Spruce

Cara ini perlu kamu lakukan karena dua-duanya seringkali hilang atau terselip jika digabung dengan pakaian lainnya. Tas kecil nantinya bisa kamu selipkan di antara gulungan baju.

4. Skincare dan peralatan make up sebaiknya dibawa di dalam kemasan share in jar dan dimasukkan ke dalam pouch.

Sumber: @cindercella

Walaupun botol-botol skincare terlihat kecil namun jika sebenarnya juka menyita banyak space jika tidak dibagi ke dalam wadah kecil. Hal ini juga berlaku untuk perlengkapan mandi kamu.

5. Barang-barang seperti charger handphone, hands free, pocket camera, colokan universal, dan sejenisnya lebih baik disimpan pada tas kecil dan ditaruh di dalam tas tangan bersama dompet dan dokumen penting lainnya.

Jadi ketika kamu mebutuhkan tidak perlu lupa ditaruh di mana hingga harus bongkar-bongkar koper di tempat umum.

6. Jika selama perjalanan kamu membutuhkan pakaian formal maka susunlah pada bagian paling atas koper.

Jadi sesampainya di negara tujuan kamu bisa langsung menggantungnya tanpa harus berdesak-desakan dengan perlengkapan lain lebih lama.

Sumber: Momotrip Journal

Kalau sudah mengikuti tips dan trick di atas untuk menyusun perlengkapan di dalam koper atau ransel niscaya kamu akan lebih mahir dalam menyususun kebutuhan lainnya seperti makanan misalnya. O iya, jangan lupakan untuk menyisakan ruang kosong di dalam koper kamu. Buat oleh-oleh atau belanjaan nantinya. Hahaha. Happy travelling dear readers!