4 Mega Proyek Konstruksi Termegah di Dunia

Perkembangan teknologi mempengaruhi hampir keseluruhan aspek kehidupan manusia, salah satunya industri konstruksi. Beragam infrastruktur dengan fasilitas dan kapasitas skala besar dibangun di beberapa negara dengan biaya yang tidak sedikit. Peningkatan biaya pengadaan material harus diimbangi dengan teknologi perangkat lunak yang muncul sebagai trend baru industri konstruksi dunia.

Kira-kira kamu sudah tahu belum apa saja mega proyek konstruki dengan teknologi terbarukan versi Anak Rantau ini?

1. Mega City Neom

Neom merupakan kota masa depan yang direncanakan oleh pemerintah Arab Saudi dengan menyulap padang pasir yang gersang dan tandus menjadi kota metropolitan. Wow! Arab Sudi yang dikenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar ketiga di dunia kini harus ‘pasang badan’ mengantisipasi harga minyak dunia yang terus mengalami penurunan. Mega City Neom adalah bagian dari proyek Saudi Vision 2030 dengan tujuan mengurangi ketergantungan ekonomi negara terhadap minyak bumi. Mega proyek ini dibangun sejajar dengan Laut Merah dan Teluk Aqaba menggunakan energy alternatif untuk memenuhi mobilitas penduduknya.

2. Dubailand

Mega Proyek yang dibangun seluas 278 km2 merupakan komplek taman hiburan dengan enam area berbeda. Attractions & Experience World, Retail & Entertainment World, Themed Leisure & Vacation World, Eco-Torism World, Sports & Outdoor World, dan Downtown diperkirakan menghabiskan total biaya sebesar $ 76 miliar. Optimisme pemerintah dan masyarakat Dubai memang patut diacungi jempol dalam perkembangan sektor pariwisata yang mempengaruhi 97% GDP awal negara ini.

3. International Space Station

International Space Station atau ISS merupakan proyek pembangunan stasiun luar angkasa yang diperkirakan akan mengelilingi bumi setiap 92 menit sekali. Pembangunan konsorium ini merupakan kerjasama kemitraan 16 negara, Amerika Serikat, Rusi, Jepang, Kanada, Brazil, dan 11 negara bagian Uni Eropa, dengan 6 agensi luar angkasa, NASA, Roscosmos, JAXA, CSA ASC, AEB, dan ESA. Hingga saat ini, ISS menyandang predikat sebagai mega proyek sains terbesar sepanjang sejarah yang perkirannya menghabiskan biaya sebesar $ 150 miliar. Fantastis bukan?

4. London Crossrail

Mega Proyek London Crossrail adalah proyek konstruksi yang melibatkan 10 jalur kereta api baru yang menghubungkan 30 stasiun melalui terowongan bawah tanah sepanjang 21 km dan membentang melintasi London, Berkshire, Buckinghamshire, dan Essex. Proyek yang menyandang gelar sebagai pembangunan infrastruktur terbesar di Eropa ini sudah mulai dibuka pada tahun 2018 dengan nama Elizabeth Line namun akan beroperasi secara penuh pada tahun 2020.

Meskipun setiap mega proyek tersebut memegang rekor sendiri tapi tidak ada yang tahu, jika suatu saat akan bermunculan mega proyek yang lebih heboh. Perkembangan teknologi industri yang tidak habisnya yang didukung dengan kreatifitas manusia untuk mencapai peradaban yang modern mungkin menjadi alasan utama kenapa ide-ide mega proyek terus bermunculan.