fbpx

Upaya Universitas di Dunia untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

Merujuk pada data yang dikeluarkan oleh John Hopkins University CSSE per 16 Maret 2020, telah ada 169.387 kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di seluruh dunia. Jelas bahwa angka kasus yang terkonfirmasi terus bertambah tiap harinya. Maka dari itu, tak heran apabila sejumlah universitas di dunia mengeluarkan berbagai kebijakan sebagai bentuk upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Berikut beberapa tindakan pencegahan yang dilakukan:

Pelaksanaan kuliah secara Daring

Sumber: unsplash.com/Arnel Hasanovic

Dilansir dari Study International, sejumlah universitas terkemuka di Amerika Serikat seperti Harvard, Princeton, dan Columbia University, telah mengubah kegiatan pembelajarannya menjadi kuliah daring. Sebagai contoh, Harvard University secara resmi mengumumkan bahwa seluruh perkuliahan akan diadakan secara daring sejak 23 Maret 2020.

Sedangkan, pelaksanaan perkuliahan secara daring telah lebih dulu dilaksanakan oleh sejumlah universitas di China. Tsinghua University termasuk universitas pertama yang memulai perkuliahan secara daring untuk semester ini. Perkuliahan tersebut telah dilaksanakan sejak 17 Februari 2020.

Menghimbau pelajar internasional untuk kembali ke negara asal

Dorm universitas. Sumber: unsplash.com

Di akun Instagram resminya, Utrecht University memberikan sejumlah himbauan terhadap para mahasiswanya. Salah satunya untuk para pelajar internasional. Mereka menghimbau supaya para pelajar internasional yang sedang menjalani perkuliahan di Utrecht untuk menghubungi universitas asalnya dan menanyakan kemungkinan untuk kembali.

Akan tetapi, apabila tidak memungkinkan, pihak universitas menghimbau supaya para mahasiswa segera menghubungi pihak universitas.

Hal ini juga dilakukan oleh Harvard University. Dalam situs resminya, Harvard menyatakan bahwa apabila mahasiswa yang tinggal di asrama tidak bisa kembali ke negara asalnya, mereka dapat tetap berada di kampus. Dengan catatan, melaporkan diri ke pihak universitas.

Himbauan menghindari kerumunan

Sama-sama melalui akun instagram masing-masing, baik Utrecht University dan Leiden University menghimbau supaya para mahasiswanya tidak mengadakan kompetisi olahraga dan menghindari kerumunan, seperti pesta, pergi ke bar, menonton konser, dan lainnya.

Kedua universitas meminta supaya para mahasiswa untuk menghabiskan waktu di rumah dan ikut mencegah penyebaran Covid-19.

Pembatalan Upacara Wisuda

Sumber: unsplash.com

Pada bulan Februari 2020, melalui akun instagramnya, Yonsei University menyatakan bahwa upacara wisuda untuk para lulusan kelas 2020 dibatalkan. Hal ini juga merupakan bentuk upaya Yonsei untuk mencegah penyebaran dari COVID-19. Kala itu, sejumlah mahasiswa masih sempat datang untuk ke kampus untuk sekadar berfoto bersama.

Universitas-universitas di Amerika Serikat juga melakukan langkah yang sama. Pada hari Jumat (13/03/2020), University of Michigan membatalkan seluruh acara wisuda yang telah direncanakan. Mark Schlissel selaku rektor Michigan menyatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan cara lain untuk merayakan kelulusan para mahasiswa di kemudian hari.

Pembatalan berbagai acara di lingkungan kampus

Sumber: youtube.com

Sejumlah universitas di dunia membatalkan acara-acara di lingkungan kampus, mulai dari open house hingga tur dalam kampus. Hal ini juga dilakukan oleh Harvard University. Harvard menyatakan bahwa tur dalam kampus, baik secara umum maupun individu tidak akan dilaksanakan sampai pengumuman selanjutnya.

Tentu, keseluruhan tindakan pencegahan yang diambil oleh pihak universitas adalah untuk meminimalkan pertemuan sejumlah orang dalam kelompok besar. Hal ini telah sesuai dengan rekomendasi para ahli kesehatan mengenai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

For Your Information

Bagaimana COVID-19 berdampak terhadap perkuliahan?

Banyak universitas mengambil langkah untuk melaksanakan perkuliahan secara daring sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Apakah saya tetap bisa berkunjung ke kampus saat perkuliahan dilakukan secara daring?

Operasional universitas masih akan terbuka, akan tetapi sangat tidak disarankan untuk para mahasiswa datang ke kampus.

Apa yang bisa saya lakukan untuk ikut mencegah penyebaran COVID-19?

Ikuti himbauan yang dikeluarkan oleh universitasmu. Baca artikel ini untuk tahu kebijakan-kebijakan yang diambil di berbagai universitas di dunia untuk cegah penyebaran COVID-19.