fbpx

Sebelum 15 Januari 2020, Yuk, Selesaikan Aplikasi Pendaftaranmu di University of Toronto

Kanada merupakan salah satu negara tujuan para pelajar internasional untuk melanjutkan studi. Pada tahun 2016, tercatat ada lebih dari 353.000 pelajar yang menjadikan Kanada sebagai negara tujuan. Hal ini disebabkan oleh kulitas pendidikan tinggi di Kanada tidaklah kalah dari negara-negara lain seperti Amarika Serikat, Australia, dan juga Inggris.

Beberapa universita di Kanada pun masuk ke dalam daftar 50 universitas terbaik di dunia, dan salah satunya adalah University of Toronto.

Sekilas tentang University of Toronto

anakrantau-toronto-2.jpg
Sumber: blogto.com

University of Toronto (U of T) merupakan sebuah universitas negeri yang terletak di Toronto, Ontario, Kanada dan berdiri sejak tahun 1827. Secara akademis, U of T dikenal karena pengaruhnya dalam gerakan dan juga kurikulum di bidang kritik sastra dan teori komunikasi. Hal ini menyebabkan U of T dikenal sebagai Toronto School.

Sampai saat ini, U of T masih menjadi intitusi pendidikan tinggi terbaik di Kanada dan menduduki posisi ke-18 universitas terbaik di dunia menurut 2020 Times Higher Education World University Ranking.

Apa saja program studi yang ditawarkan?

anakrantau-st-george.jpg
Kampus St. George, University of Toronto. Sumber: utoronto.ca

U of T menawarkan lebih dari 700 program sarjana dan juga 200 program magister. Semua program tersebut berada di bawah naungan 18 fakultas di bawah ini:

  1. Faculty of Arts and Science
  2. Faculty of Applied Science and Engineering
  3. Faculty of Architecture, Landscape and Design
  4. Faculty of Music
  5. Faculty of Forestry
  6. Faculty of Information
  7. Faculty of Medicine
  8. Faculty of Nursing
  9. Faculty of Pharmacy
  10. Faculty of Dentistry
  11. Faculty of Kinesiology and Physical Education
  12. Dalla Lana School of Public Health
  13. Faculty of Law
  14. Rotman School of Management
  15. School of Public Policy and Governance
  16. Ontario Institute for Studies in Education
  17. Faculty of Social Work
  18. Toronto School of Theology

Dapat dilihat bahwa U of T menawarkan program studi dari berbagai bidang disiplin ilmu. Tentunya, hal ini dapat mengakomodasi minat dan kebutuhan kamu, bukan? Nah, perkuliahan di U of T ini akan dilaksanakan di tiga kampus, yakni di St. George Campus, Mississauga Campus, dan Scarborough Campus.

Apa saja persyaratan untuk mendaftar di U of T?

Nah, apabila kamu ingin mendaftar di kampus yang satu ini, tentu saja kamu harus menyiapkan Ijazah SMA yang kamu punya. Termasuk dengan hasil Ujian Nasional di dalamnya. Kemudian, pastinya kamu harus memenuhi persyaratan minimum kemampuan bahasa Inggrismu. Minimal, kamu harus memiliki skor IELTS secara keseluruhan di angka 6.5 dan tidak ada skor di bawah 6.0 di masing-masing komponen.

Bagaimana proses pendaftarannya?

anakrantau-toront0-4.jpg
Suasana kelas di University of Toronto. Sumber: ims.utoronto.ca

Jadi setelah kira-kira satu minggu panitia seleksi U of T menerima aplikasi pendaftaranmu, maka mereka akan mengirimkan email berisikan pemberitahuan bahwa mereka telah menerima palikasimu dan memberikan beberapa detail informasi terkait pendaftaranmu seperti nomor pendaftaran dan langkah apa saja yang harus kamu lakukan.

Apabila kamu sudah melengkapi seluruh persyaratan yang diminta, maka kamu hanya perlu berkorespondensi dengan pihak panitia dan menunggu hasil akhirnya. U of T merupakan universitas yang menjadikan keberagaman sebagai prioritas kunci. Maka dari itu, siswa internasional menjadi lebih mudah diterima di universitas yang satu ini.

Kapan tenggat waktunya?

Hampir keseluruhan tenggat waktu terakhir dari pendaftaran sebagian besar program sarjana di U of T jatuh pada 15 Januari 2020. Meski demikian, akan lebih baik apabila kamu segera menyelesaikan aplikasi pendaftaranmu sebelum tanggal tersebut. Bagaimanapun, kuota dari program tertentu akan ditutup sebelum tenggat waktu berakhir apabila telah terisi.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang proses pendaftara di U of T, kamu bisa lho mengunjungi situs resmi mereka di future.utoronto.ca. Selamat menyelesaikan aplikasi pendaftaranmu ya, Anak Rantau!


Ingin mengetahui cerita lain di Toronto?