Berkunjung ke Silicon Valley, Pusat Kantor Startup Impian Anak Muda

Untuk kamu para lulusan IT atau Engineer, Silicon Valley-julukannya-bukanlah tempat yang asing. Pasalnya, daerah selatan dari San Fransisco Bay Area, California, Amerika Serikat ini merupakan surganya perusahaan teknologi komputer dan semikonduktor.

Sumber: World Atlas

Tidak semata kawasan industri, nyatanya Silicon Valley meliputi 30 kota dan lima universitas ternama. Sebut saja Stanford University, Northwestern Polytechnic University, Carnegie Mellon University, San Jose State University, dan Santa Clara University. Dibalik kemegahan Silicon Valley, kamu harus mengetahui beberapa fakta tentang kawasan ‘ladang emas’ yang satu ini!

1.Lembah Silicon adalah tempat yang menaungi berbagai perusahaan teknologi ternama.

Julukan Silicon Valley pertama kali digunakan oleh Ralph Vaerst, pengusaha sukses dan terkenal di California. Di sini kamu akan menemu raksasa sekelas Adobe Systems, Apple Computer, Cisco Systems, eBay, Google, Hewlett-Packard, Intel, dan Yahoo!. Silicon Valley adalah tempat impian bagi kamu untuk membangun bisnis startup yang menarik dengan bantuan investor. Sebuah tempat yang tidak memandang usia tetapi membutuhkan energi dari kemampuan dan ide kreatif yang kamu usulkan. Harus siap berkompetisi!

Sumber: Quillette

2. Kerja 80 Jam per Minggu

Dilansir dari San Fransisco Business Time, kerja 80 jam perminggu, penerimaan gaji terkadang melalui bitcoin, sehingga untuk menekan pengeluaran eksternal tinggal di container atau mobil di parkiran menjadi hal biasa.

Rata-rata gaji para engineerperangkat lunak di sini kisaran USD 124.000 atau setara dengan 1.7 Milyar per tahunnya. Wow! Tetapi jumlah yang fantastis ini sebanding dengan tingginya biaya hidup yang harus ditanggung para pekerja. Harga sewa apartemen satu kamar nyaris USD 3.700 perbulan, separuh gaji! Tak jarang para pekerjanya berani mengambil resiko menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam dari tepi luar Bay Area untuk menghindari harga properti yang gila-gilaan ini.

Sumber: Indeed Blog

3. Organisasi INDO2SV membangun jembatan antara Silicon Valley dan Indonesia dengan membekali mahasiswa dengan program magang.

Organisasi nirlaba yang berdiri semenjak 2014 ini berdiri dengan tujuan untuk berkontribusi bagi Indonesia agar anak-anak muda seperti kamu memiliki kesempatan untuk magang di Silicon Valley. Kegiatan mentoring berfokus pada soft skill seperti menulis resume efektif, coding hingga teknis wawancara. Sebagai sebuah tempat yang diisi oleh orang-orang yang memiliki dampat besar terhadap dunia, peserta magang diberi kesempatan untuk memiliki akuntabilitas dan tanggung jawab untuk memperbanyak pengalaman.

Sumber: Aeon

Jika suatu saat kamu berkesempatan berkunjung atau bahkan bekerja di Silicon Valley, jangan kaget melihat orang berlalu lalang menggunakan alat-alat hasil dari inovasi dan kemajuan teknologi termutakhir. Selamat belajar dan berkembang!