Settingan APN Indosat Tercepat Dan Stabil Terbaru 2023

apn-indosat

Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan premier yang ditunjang dengan aktivasi APN Indosat bagi sebagian orang dan menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kegiatan yang dijalankan bagi masyarakat kebanyakan pada umumnya.

Hampir semua kegiatan harian membutuhkan akses internet. Bukan hanya pekerja, mulai dari mahasiswa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga, hingga balita pun, sekarang sudah mulai kecanduan akan internet.

Sebagai salah satu penyedia jasa internet di Indonesia, Indosat memberikan pelayanan terbaik agar Anda dapat menikmati layanan tanpa gangguan. Sebelum memahami dan mengetahui trik seputar APN, ada baiknya Anda mengenali dulu apa itu APN, termasuk salah satunya APN Indosat.

APN merupakan juga singkatan dari Access Point Name, yang merupakan pintu gerbang untuk menghubungkan perangkat ke jaringan operator seluler. APN memungkinkan perangkat untuk terhubung ke internet melalui jaringan seluler. Setiap operator seluler memiliki APN yang berbeda-beda.

Mengenal Apa Itu APN Indosat

APN adalah pengaturan yang diperlukan untuk menghubungkan perangkat seluler dengan jaringan seluler atau internet. APN menentukan jalur akses ke internet dan mengatur layanan seluler seperti SMS dan MMS.

Setiap operator seluler memiliki APN mereka sendiri yang harus dikonfigurasi pada perangkat seluler yang digunakan oleh pelanggan mereka. Indosat adalah salah satu operator seluler terbesar di Indonesia dan memiliki beberapa APN yang dapat digunakan oleh penggunanya.

Beberapa pilihan bagi pengguna provider Indosat di antaranya Indosat GPRS, Indosat 3G, Indosat M2, dan Indosat 4G, yang masing-masing memiliki kecepatan dan fitur berbeda.

APN Indosat tentu saja tidak sama dengan APN jaringan provider lainnya, kecepatan dan fitur APN tergantung pada jenis teknologi dan jaringan yang digunakan.

Kegunaan Pengaturan APN

kegunaan pengaturan apn

Bagi sebagian orang, banyak yang belum tau apa sebenarnya fungsi dari pengaturan APN (Access Point Name) yaitu adalah untuk memungkinkan perangkat seluler Anda terhubung ke jaringan internet Indosat.

APN Indosat adalah pengaturan yang diperlukan oleh perangkat yang Anda gunakan untuk terhubung ke jaringan internet dan menggunakan layanan data seluler. Adapun jasa dan layanan seluler yang disediakan dan didukung oleh Indosat.

Beberapa di antaranya yaitu mengirim pesan teks, melakukan panggilan video, menjelajahi internet, dan menggunakan aplikasi online. Baca artikel menarik lainnya di anakrantau.id

Dalam beberapa kasus, perangkat seluler mungkin secara otomatis mengkonfigurasi APN secara benar. Oleh karena itu, pengaturannya juga harus dikonfigurasi secara manual oleh perangkat gadget Anda agar dapat terhubung ke jaringan internet Indosat.

Dengan melakukan pengaturan APN yang tepat, perangkat seluler Anda dapat menggunakan layanan data seluler secara optimal sehingga memungkinakan Anda untuk menggunakan internet dan layanan virtual dengan kecepatan dan kualitas yang baik

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Pada Pengaturan APN Indosat

hal penting yang perlu diperhatikan

Untuk pengguna Indosat yang ingin menggunakan APN Indosat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pertama: Pastikan perangkat sudah mendukung teknologi jaringan yang ingin digunakan, misalnya 4G LTE.
  • Kedua: Pastikan pengaturan APN sudah benar dan sesuai dengan jenis teknologi jaringan yang ingin digunakan.
  • Ketiga: Pengaturan APN dapat ditemukan pada menu Pengaturan pada perangkat.
  • Keempat: Untuk APN Indosat, pengguna dapat mengisi kolom nama APN dengan salah satu dari empat pilihan yang telah disebutkan di atas.

Berikut adalah beberapa informasi penting tentang APN ini dan hal yang perlu diperhatikan:

  • Pada APN provider ini, yang paling umum digunakan adalah Indosat GPRS atau Indosat 3G. APN ini cocok untuk perangkat seluler dengan teknologi 2G, 3G, dan 4G.
  • Pelanggan juga dapat mengkonfigurasi APN pada perangkat seluler mereka dengan cara mengakses pengaturan jaringan seluler pada perangkat dan masukkan nama APN yang tepat.
  • Provider ini juga menawarkan APN khusus untuk pelanggan yang ingin mengakses internet dengan kecepatan yang lebih tinggi. APN ini disebut juga GPRS Fast dan Indosat 4G untuk teknologi 4G.
  • Pelanggan juga dapat mengatur APN mereka secara otomatis dengan mengunduh aplikasi resmi yang disebut My IM3. Aplikasi ini dapat diunduh dari Google Play Store atau Apple App Store.
  • Hal yang penting untuk diingat adalah bahwa APN yang salah dikonfigurasi dapat mempengaruhi kinerja internet Anda dan dapat menyebabkan masalah seperti lambatnya koneksi internet.
  • Untuk menghindari kinerja internet yang lambat, periksa dan pastikan APN sudah dikonfigurasi dengan benar pada perangkat seluler Anda.
  • Ada juga paket data internet yang ditawarkan pada Indosat yang dapat dibeli untuk mengakses internet lebih mudah. Paket ini dapat dibeli secara online atau melalui aplikasi My IM3.
Nama My IM3
Ukuran34MB
Kompatibel Perangkat5.0
Link DownloadDISINI
Dengan mengetahui informasi di atas, diharapkan Anda tidak lagi bingung ketika akan melakukan setting atau mengatur fitur APN di perangkat seluler. Untuk semakin memaksimalkan pengetahuan akan konfigurasi APN, mari simak trik-trik di bawah ini. Berita menarik lainnya bisa dilihat pada anakrantau.id.

Pengaturan & Cara Aktivasi APN

pengaturan dan trik aplikasi

Untuk mengaktifkan APN Indosat pada perangkat seluler Anda, Anda harus mengatur nama APN, nama pengguna, dan kata sandi yang sesuai dengan pengaturan yang diberikan oleh operator.

Berikut adalah beberapa pengaturan APN Indosat Pada yang mungkin dapat membantu Anda:

  • Nama APN: Indosat
  • Nama Pengguna: Indosat
  • Kata Sandi: indosat
  • Proxy: tidak perlu diatur
  • Nomor Akses: *99#
  • Jenis Autentifikasi: PAP
  • Jenis APN: Default

Namun pastikan untuk selalu memeriksa pengaturan APN Anda dengan operator Anda atau melalui situs website resmi operator sebelum mengaktifkan APN.

Selain itu, mungkin Anda juga perlu memeriksa paket data yang tersedia dari Indosat Ooredoo. Karena Indosat Ooredoo menawarkan berbagai paket data internet dengan harga yang berbeda-beda.

Harga yang ditawarkan tersebut mulai dari paket data harian, mingguan, hingga bulanan. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda pribadi dan mengaktifkannya melalui aplikas My IM3 atau dengan mengirim pesan ke nomor yang sudah ditentukan.

Setelah menyetel pengaturan APN namun internet Anda masih lemot, bisa jadi karena beberapa kemungkinan yang menyebabkan jaringan 4G Indosat lemot atau bahkan tidak dapat dideteksi, antara lain:

  • Pengguna belum meningkatkan atau upgrade kartu ke 4G.
  • Ponsel belum mendukung layanan 4G.
  • Pengaturan ponsel belum berada pada koneksi 4G.

Trik terakhir yang bisa dicoba adalah dengan melakukan penyegaran jaringan pada perangkat seluler Anda dengan cara mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) selama sepuluh sampai dua puluh detik, kemudian matikan kembali mode pesawat ke mode on.

Setting APN Indosat Pada Perangkat Seluler Android

Saat ini perangkat seluler menjadi kebutuhan yang bukan sekedar jadi ajang untuk unjuk diri. Karena fungsinya tersebut, tidak heran jika banyak produsen perangkat seluler yang melirik pasar ini. Salah satu yang menjadi favorit adalah telepon seluler berbasis Android.

Android merupakan salah satu perangkat seluler yang banyak digunakan di Indonesia. Harganya yang murah, membuat hampir semua dapat membeli dan menggunakan gadget jenis ini. Berita menarik lainnya bisa dibaca di anakrantau.id

Namun sayangnya, untuk beberapa fitur penting di seluler masih sedikit yang memahaminya terutama mengenai pengaturan atau setting APN. Bagi Anda pengguna layanan internet indosat bisa mengikuti tutorial di bawah ini;

Langkah-Langkah Mengatur APN

Berikut langkah-langkah untuk mengatur APN (Access Point Name) Indosat di perangkat Android:

  • Buka menu “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.
  • Gulir ke bawah dan cari opsi “Jaringan Seluler” atau “Kartu SIM dan Jaringan Seluler” dan klik.
  • Pilih “Nama Titik Akses” atau “APN” untuk mengatur APN.
  • Klik tombol “Tambah” atau “+” untuk menambah APN baru.
  • Isi pengaturan APN dengan data berikut:
  • Nama: Indosat
  • APN: indosatgprs
  • Proxy: kosongkan atau biarkan default
  • Nama pengguna: gprs
  • Kata sandi: gprs
  • Jenis autentifikasi: PAP atau CHAP
  • Langkah selanjutnya setelah mengisi semua data di pengaturan adalah tap “Simpan” atau “Ok” untuk menyimpan pengaturan APK baru.
  • Pastikan bahwa APN yang Anda buat telah dipilih sebagai APN yang sedang digunakan.
  • Anda dapat mengaktifkan kembali jaringan seluler dan mencoba menggunakan koneksi internet di perangkat Anda.

Dengan mengikuti langkah tersebut, perangkat Android Anda sudah dikonfigurasi dengan APN dan penyedia jasa internet Indosat dan sudah siap untuk digunakan.

Cara Setting APN Indosat pada iPhone

Selain perangkat seluler berbasis Android, salah satu yang jadi incaran anak muda adalah telepon seluler keluaran Apple, yaitu iPhone. Telepon seluler yang satu ini banyak dipilih karena memiliki value atau nilai tambah bagi penggunanya.

Tak heran, jika jenis telepon seluler ini memiliki harga di atas rata-rata dan penggunanya pun kebanyakan datang dari kalangan pebisnis atau kelas menengah ke atas.

Sebagai telepon seluler high class, tertentu saja jaringan internet harus selalu tersedia. Indosat sebagai salah satu penyedia layanan internet dengan beragam pilihan paket internet jadi idola anak muda.

Namun masih ada yang kurang mengerti atau kurang memahami bagaimana menggunakan fitur APN pada telepon seluler iPhone.

Langkah Mengatur APN pada iPhone

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur APN (Access Point Name) Indosat untuk perangkat iPhone:

  • Buka menu “Pengaturan” di perangkat iPhone.
  • Pilih opsi “Seluler” atau “Kartu SIM Seluler” dan klik,
  • Gulir ke bawah dan pilih “Opsi Data Seluler” atau “Opsi Seluler”
  • Pilih “Nama Titik Akses Seluler” atau “APN” untuk mengatur APN.
  • Jika sudah ada APN yang terdaftar, ketuk dan hapus semua APN yang ada.
  • Klik tombol “Tambah APN” atau “+” untuk menambah pengaturan APN berikut:
  • Nama: Indosat
  • APN: indosatgprs
  • Nama Pengguna: gprs
  • Kata Sandi: gprs
  • Setelah mengisi semua pengaturan, klik “Simpan” atau “Ok” untuk menyimpan pengaturan APN baru.
  • Pastikan bahwa APN yang Anda buat telah dipilih sebagai APN yang sedang digunakan.
  • Anda dapat mengaktifkan kembali data seluler dan mencoba menggunakan koneksi internet di perangkat Anda.

Setelah memahami bagaimana mengatur fitur APN Anda bisa menikmati layanan internet lebih baik. Tidak ada lagi drama internet lelet atau lemot.

APN jenis Indosat dapat digunakan pada berbagai jenis perangkat seluler, termasuk Android, iPhone, tablet, modem, USB, dan perangkat Wi-Fi portabel yang mendukung kartu SIM Indosat.

Namun pastikan perangkat Anda mendukung frekuensi dan jaringan yang digunakan oleh Indosat di wilayah tempat Anda tinggal atau beraktivitas. Anda dapat memeriksa kompatibilitas perangkat Anda dengan jaringan Indosat.

Masuki web resmi Indosat atau dengan menghubungi layanan pelanggan Indosat yang tersedia agar Anda mengetahui kompatibilitas perangkat yang digunakan.

Solusi Internet Lemot

solusi internet lemot

Anda pasti sudah paham dan mengerti banget, bagaimana menggunakan fitur APN setelah membaca dan menerapkan informasi di atas pada perangkat yang Anda gunakan.

Tapi tidak bisa dipungkiri, terkadang Anda masih saja mengalami internet yang lambat dan tentu saja hal tersebut akan membuat Anda menjadi sangat kesal, sehingga mempengaruhi mood Anda untuk beraktivitas.

Mengingat kegunaan internet yang sangat dibutuhkan dan sangat tinggi penggunaannya, Anda perlu memahami beberapa informasi tambahan di bawah ini, agar ketika mengalami internet lambat, Anda tidak pusing dan sudah tau solusi juga langkah apa yang akan diambil.

Agar Internet Tidak Lemot

Selain informasi ini berguna untuk Anda, Anda bisa juga memberikannya kepada keluarga, teman, pasangan, bahkan rekan kerja. Jalan keluar yang bisa dicoba adalah:

  • Periksa apakah Anda memiliki kuota internet. Caranya adalah dengan masuk ke aplikasi myIM3, UMB ketikkan *123# atau dengan cara ketik “USAGE” kirim ke nomor 363.
  • Refresh jaringan. Anda bisa merefresh jaringan pada perangkat seluler Anda dengan cara mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) pada telepon seluler yang dimiliki selama sepuluh sampai dua puluh detik, kemudian matikan.
  • Setelah mati, pastikan Anda memilih mode jaringan single network 2G atau 3G atau 4G saja. Cara ini bisa dicoba di perangkat seluler lain.
  • Pindah Ruangan. Terkadang akses internet dari dalam ruangan atau gedung memang kurang maksimal. Cobalah Anda pindah ke bagian lain dari ruangan atau gedung yang sedang Anda tempati untuk memiliki jaringan yang lebih kuat.
  • Pindah ruangan ini bisa Anda lakukan, misalnya dari basement ke area yang lebih terbuka. Atau jika Anda berada di dalam ruangan yang penuh alat elektronik Anda harus keluar dari ruangan tersebut agar perangkat Anda bisa menangkap sinyal lebih baik.
  • Periksa aplikasi atau laman resmi. Anda bisa memastikan apakah akses internet ini hanya terjadi di salah satu aplikasi atau laman resmi saja atau ke semua layanan yang ada pada telepon seluler.
  • Karena dengan memeriksanya, jika akses internet terasa lambat hanya muncul ketika mengakses salah satu aplikasi atau laman resmi, karena mungkin sedang ada perbaikan atau pemeliharaan.
  • Hubungi pusat layanan. Jika Anda masih mengalami kendala yang sama, dapat menghubungi pusat layanan berikut:
  • Situs laman resmi: https://im3.id/
  • myIM3: indira on myIM3
  • Whatsapp: IM3 Official Whatsapp
  • Twitter: @Indosatcare
  • Email: cs@im3.id
  • Call: 185 untuk pelanggan prabayar Rp1000 per panggilan atau gratis untuk pengguna pascabayar.

Namun perlu diingat bahwa kecepatan internet yang Anda dapatkan juga bergantung pada banyak faktor lain, seperti jaringan, lokasi, kondisi cuaca, dan jumlah pengguna di area yang sama.

Periksa Fitur Pengaturan yang Lambat

Pengguna Indosat juga dapat menghubungi layanan pelanggan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang penggunaan APN Indosat. Layanan pelanggan ini dapat dihubungi melalui telepon, pesan singkat atau email. Informasi menarik lainnnya bisa dibaca di anakrantau.id

Dilansir dari laman resmi Indosat, jika Anda bingung untuk pengaturan APN atau fitur lainnya Anda bisa menghubungi +62816124 dengan langkah sebagai berikut:

  • Periksa fitur “Pengaturan” pada perangkat seluler Anda
  • Buka “Pesan” aplikasi
  • Klik opsi “Pengaturan”
  • Pilih “Pengaturan Lanjutan”
  • Pilih “Pesan Teks”
  • Lalu pilih pesan nomor layanan servis pusat.

Dengan banyaknya solusi dan informasi ini, semoga memudahkan Anda untuk menikmati layanan internet Indosat yang anti lemot dan anti ribet. Sehingga Anda bisa lebih produktif dalam berkegiatan.

Ooredoo 5G

Solusi pilihan dalam menangani internet lemot adalah dengan menikmati layanan 5G dari Indosat yaitu Indosat Ooredoo Hutchison 5G. Layanan ini sudah tersedia sejak 22 Juni 2021 lalu dan untuk menikmatinya Anda tidak perlu aktivasi namun dengan ketentuan khusus, yaitu:

  • Anda menggunakan perangkat yang mendukung layanan Indosat Ooredoo Hutchison 5G.
  • Pastikan Anda berada di area cakupan layanan Indosat Ooredoo hutchison 5G.
  • Gunakan kartu SIM dengan jenis USIM (Pelanggan yang menggunakan USIM dapat menggunakan kartu SIM yang sudah ada tanpa perlu mengganti kartu SIM)

Sayangnya layanan ini belum bisa banyak diakses oleh banyak daerah. Bagi Anda yang tertarik dengan layanan ini, dapat memeriksa peta cakupan di situs web atau aplikasi mobile Indosat Ooredoo untuk informasi lebih lanjut.