fbpx

Yang Harus Kamu Tahu Soal Swiss Sebelum Berkunjung Ke Sana

Dapat dibilang, Swiss merupakan negara yang terletak di tengah-tengah negara Eropa, dalam artian, ia berada di antara Perancis, Jerman, Austria, dan juga Liechtenstein. Kota terbesar dari negara ini adalah Zurich dan Jenewa. Apabila kamu ingin berkunjung ke Swiss, berikut beberapa hal yang harus kamu tahu sebelum ke sana.

Orang Swiss itu Anti Ngaret

Tepat waktu - berkunjung ke swiss
Sumber: bbc.com

Bertanya-tanya siapa orang yang paling mampu tepat waktu? Maka jawabannya adalah orang-orang Swiss. Bagi orang Swiss, ketepatan waktu adalah way of life yang mereka penuhi. Maka dari itu, mereka sangat bangga terhadap kemampuan mereka dalam menepati waktu.

Jadi, apabila kamu sedang berada di negara ini, dan kebetulan membuat janji dengan orang Swiss di suatu tempat, pastikan kamu datang tepat waktu. Tentu kamu tidak ingin menyinggung perasaan mereka, bukan?

Kemudian, hal ini juga berlaku pada jadwal kereta api maupun transportasi lainnya di Swiss. Kalau kamu berleha-leha tanpa mempedulikan waktu, siap-siap saja untuk ketinggalan kereta.

Swiss tidak menggunakan Euro

Swiss Franc - berkunjung ke swiss
Sumber: pynmts.com

Meskipun berada di jantung Benua Eropa, ternyata Swiss bukanlah bagian dari Uni Eropa. Maka dari itu, negara yang satu ini tidak terikat peraturan Single European ActSwiss melakukan aktivitas perekonomiannya menggunakan Swiss Franc.

Akan tetapi, kamu masih bisa menemukan toko yang menerima uang Euro apabila kamu membeli di sana. Meskipun, kamu bisa mendapatkan uang Swiss Franc sebagai uang kembalian.

Biaya hidup yang tinggi

Bagi kita, mungkin Swiss dapat kita kategorikan sebagai negara dengan biaya hidup yang cukup tinggi. Satu cangkir kopi di Swiss dihargai sekitar 4 CHF atau setara dengan IDR 57.275. Akan tetapi, hal ini tidak membuat negara ini merana. Berdasarkan World Happiness Report 2019, Swiss berhasil menduduki posisi ke-6 dalam daftar kota paling bahagia di dunia.

Punya 4 Bahasa Nasional

Berkunjung ke Swiss
Sumber: bbc.com

Menguasai satu atau lebih bahasa nasional dari negara lain memang tidak akan mudah. Akan tetapi, ternyata Swiss memiliki 4 bahasa nasional, lho. Bahasa utama yang digunakan oleh orang-orang Swiss adalah Swiss-Jerman (yang tidak sepenuhnya mirip dengan Bahasa Jerman dengan beberapa unsur Perancis di dalamnya), Perancis, Italia, dan Romania.

Jadi, kalau kamu bisa menguasai salah satu bahasa di atas, kemungkinan kamu untuk bisa berkomunikasi dengan lancar akan terbuka lebar.

Budaya recycle yang mengakar

Berkunjung ke Swiss
Sumber: lifeinbasel.com

Ternyata, negara ini memang memiliki komitmen yang tinggi terhadap pembangunan berkelanjutan. Budaya recycle sudah sangat mengakar di negara ini. Jadi, apabila kamu berkunjung ke Swiss, kamu diharapkan dapat bertanggung jawab terhadap sampah yang kamu bawa. Kamu pun diharapkan mampu memilah sampah secara mandiri, apakah itu plastik, kertas, atau gelas,

Itulah beberapa hal yang harus kamu tahu sebelum berkunjung ke Swiss. Menghormati budaya negara lain tentu sangatlah penting ketika kamu menjadi tamu di negara mereka. Jadi, selalu hargai budaya dan tradisi yang ada saat kamu berwisata ya, Anak Rantau,

Baca juga Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memutuskan untuk Berkuliah di Hungaria

Ingin mengetahui cerita lain di Zurich?