fbpx

Menjadi Diri Sendiri adalah Kunci Kesuksesan dalam Berkarir

Bagi Melinda Gates, ada satu nasehat penting bagi para perempuan muda di seluruh dunia, yakni “memantaskan diri adalah suatu hal yang overrated. Bagi Melinda, ketika kita tidak dapat menjadi diri sendiri ketika kita bekerja, maka semuanya akan percuma. Kamu tidak akan betul-betul mendapat kesuksesan.

Tentang memantaskan diri

menjadi diri sendiri, nasehat Melinda Gates untuk para perempuan muda di dunia.
Melinda Gates. Sumber: cnbc.com

Memantaskan diri dalam hal ini bukan sekadar menyesuaikan diri di tempat baru. Akan tetapi lebih ekstrem daripada itu. Kamu merasa harus membuat dirimu seperti orang lain yang ada di sekitarmu. Tentu dong, hal ini sangat wajar terjadi. Apalagi bagi seseorang yang baru saja mendapat pekerjaan pertama.

Kamu merasa bahwa kamu harus menjadi seperti senior-senior di tempat kerjamu. Padahal, itu sama sekali tidak benar. “Lebih baik kalian bisa menemukan orang-orang dan juga lingkungan yang dapat memberdayakan kamu menjadi diri kamu. Bukan orang lain,” ujar Melinda Gates.

Mengapa banyak yang berpura-pura?

menjadi diri sendiri
Sumber: unsplash.com

Kesempatan. Ada yang bilang sebaiknya kita tidak melewatkan kesempatan yang ada di depan kita. Akan tetapi, risikonya adalah kamu harus mau melakukan suatu pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian atau value yang kamu punya. Terkadang, pekerjaan yang kamu pilih malah mengharuskanmu berubah sedemikian rupa.

Pada akhirnya, kamu merasa bahwa nyaman dengan diri sendiri tanpa menjadi seperti orang lain satu hal yang tidak mungkin. Betulkah demikian?

Hasil kajian dari Harvard

Sumber: unsplash.com

Ternyata, Kawan Rantau, berdasarkan hasil kajian dari salah seorang Profesor dari Harvard University, Fransesca Gino dan koleganya, cara paling efektif untuk menimbulkan impresi yang baik di dunia kerjaadalah dengan menjadi diri sendiri. Performa diri ketika bekerja pun akan meningkat drastis denga menjadi diri sendiri.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Karena, dengan mencoba berpura-pura menjadi orang lain, kita malah merasa lelah dan tidak dapat berkonsentrasi sepenuhnya dengan pekerjaan kita. Bahkan, kita akan lebih berfokus pada apa yang diinginkan oleh orang lain dari diri kita. Padahal belum tentu asumsi tersebut dapat dibenarkan.

Penutup

Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk menjadi diri sendiri ketika bekerja. Akan tetapi, kalau dipikir-pikir, tidak hanya dalam bekerja, tapi hal ini juga dapat diimplementasikan dalam segala hal. Sebagai contoh, ketika kamu tergabung dalam satu organisasi di kampus. Menjadi diri sendiri akan membuat kamu merasa nyaman dan tidak khawatir dengan apa yang menjadi bahan perbincangan orang lain.

Jadi, Kawan Rantau, mari terus mengembangkan diri dan mengeluarkan versi terbaik diri kita. Pada akhirnya, ayo raih kesuksesan kita masing-masing.

Kamu juga bisa membaca dampak kecerdasan emosional terhadap performa akademis para pelajar.

For Your Information

Mengapa penting untuk menjadi diri sendiri?

Ketika kamu mencoba berpura-pura menjadi orang lain, kammu malah merasa lelah dan tidak dapat berkonsentrasi sepenuhnya dengan pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

Apakah saya bisa menjadi diri sendiri di tempat kerja?

Mengapa tidak? Carilah lingkungan kerja yang mendukung kamu untuk menjadi diri sendiri.

Apakah menjadi diri sendiri pasti membawa kesuksesan?

Baca artikel ini untuk tahu ulasannya lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?