fbpx

3 Hal yang Harus Kamu Tahu Seputar Kerja Paruh Waktu di Inggris

Biaya hidup di luar negeri tentu berbeda dengan biaya hidup di Indonesia. Karena itu, tak sedikit pelajar Indonesia yang memutuskan untuk mencari pekerjaan paruh waktu ketika sedang berkuliah di luar negeri. Selain mendapatkan gaji, mereka juga bisa mendapatkan pengalaman baru yang bisa menjadi bekal ketika sudah lulus nanti. Bagi kamu yang ingin atau sedang berkuliah di Inggris dan tertarik menjalani kerja paruh waktu, berikut ini 3 hal yang harus kamu tahu seputar kerja paruh waktu di Inggris.

Penyusunan gaji part-time di Inggris

Sumber: unsplash.com/@arturtumasjan

Di Inggris, mahasiswa yang berasal dari luar Eropa bisa bekerja paruh waktu hingga 20 jam per minggu selama masa perkuliahan dan tak terbatas ketika masa liburan kuliah. Namun, setidaknya dibutuhkan Tier 4 (General) Student Visa untuk bisa bekerja paruh waktu.

Inggris telah mengatur upah minimum bagi para pekerja paruh waktu yang harus ditaati oleh semua perusahaan. Bagi pelajar berumur 18 sampai 20 tahun, upah minimum yang dapat mereka terima adalah £5.30 (sekitar Rp 90 ribu) per jam. Bagi pelajar berumur di atas 21 tahun, mereka berhak mendapat upah minimum sebesar £6.70 (sekitar Rp 115 ribu) per jam.

Pekerjaan yang bisa dilakukan selama kuliah di Inggris

Sumber: unsplash.com/@rachaelgorjestani

Bekerja untuk universitas

Beberapa universitas di Inggris membuka tawaran bekerja di universitas bagi mahasiswa internasional melalui Student’s Union, duta universitas, tim pencari dana, dan sebagainya.

Guru privat

Bagi kamu yang memiliki kemampuan di bidang akademis, guru privat merupakan pekerjaan yang bisa kamu lakoni selama berada di Inggris. Kamu bisa membuka layanan privat sendiri atau mendaftar ke agen untuk dicarikan calon murid.

Pegawai

Ada banyak kesempatan yang bisa dilakoni untuk bekerja paruh waktu di Inggris, seperti menjadi tenaga kebersihan, pramusaji, barista, penjaga toko, dan lain-lain.

Bekerja online

Kamu juga bisa mencari pekerjaan di internet selama pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuan kamu, misalnya menulis, desain, membuat video, dan lain-lain.

Bagaimana cara mendapat pekerjaan secara online?

Sumber: unsplash.com/@nordwood

Nah, bagi kamu yang berminat untuk menjalani pekerjaan secara online, kamu bisa menggunakan beberapa situs berikut untuk mencari informasi pekerjaan, antara lain StudentJob, Jobsite, dan Student Gems.

Selain itu, kamu juga bisa mencari pekerjaan melalui agensi pencari kerja lokal, koran, dan iklan media cetak. Di Inggris, kamu juga bisa bertanya langsung ke perusahaan yang kamu incar perihal lowongan pekerjaan di sana. Namun, sebelum itu, pastikan kamu sudah menyiapkan aplikasi umum yang dibutuhkan, seperti CV atau portofolio.

Satu hal yang paling utama sebelum kamu mulai mencari pekerjaan part-time di luar negeri, kamu perlu mempersiapkan diri kamu untuk berkuliah di luar negeri dengan baik.

Demikian info mengenai pekerjaan paruh waktu di Inggris. Semoga artikel ini bisa membantu kamu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kamu. Selamat memburu lowongan pekerjaan!

Ingin mengetahui cerita lain di London?