fbpx

Rekomendasi Buku untuk Kawan Rantau Juli 2020

Di penghujung bulan Juni, tak lengkap rasanya apabila tidak membahas rekomendasi buku menarik untuk bulan Juli 2020. Kebijakan pelonggaran tampaknya akan segera dilaksanakan. Akan tetapi, bukan berarti kita tidak bisa sejenak saja membaca buku untuk menambah wawasan.

Berikut merupakan rekomendasi buku yang bisa jadi pilihanmu untuk bulan Juli 2020.

The Black Swan: Rahasia Terjadinya Peristiwa-peristiwa Langka yang Tak Terduga – Nassim Nicholas Taleb

Sumber: gpu.id

Pada dasarnya, hidup kita didasari oleh berbagai peristiwa acak atau yang biasa disebut sebagai Black Swan. Melalui The Black Swan, Nassim Nicholas Taleb mengungkap bahwa kita cenderung berusaha merasionalisasi peristiwa-peristiwa yang nyaris mustahil diprediksi. Salah satu contohnya adalah mengenai Krisis Finansial Global pada tahun 2008.

Melalui buku ini, Nassim mengajak pembaca untuk berhenti berusaha memprediksi segala sesuatu dan mencoba untuk mengambil keuntungan dari adanya ketidakpastian.

Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary of a Murderer) – Kim Young-Ha

Sumber: gpu.id

Bagi kamu yang ingin membaca kisah thriller, maka kamu bisa membaca novel asal Korea berikut ini. Kim Byeong-su adalah mantan pembunuh berantai berumur 70 tahun yang mulai hilang ingatan akibat demensia.

Untuk mempertahankan ingatan yang tersisa, Byeong-su pun mencatat semua yang terjadi pada dirinya, termasuk kehadiran kekasih putrinya. Permasalahan muncul kala Byeong-su mencurigai kekasih putrinya sebagai pembunuh berantai yang kini mengincar para perempuan di desa tempat tinggal mereka akhirnya.

Maka dari itu, Byeong-su bertekad memastikan putrinya tidak menjadi korban berikut. Akhirnya, ia memastikan untuk membunuh pria tersebut sebelum ingatannya menghilang.

Aktor Non-Negara: Kajian Implikasi Kejahatan Internasional di Asia Tenggara – Poltak Partogi Nainggolan

Sumber: obor.or.id

Apabila kamu tertarik dengan kajian hubungan internasional, maka buku yang satu ini akan membantu kamu memahami tentang aktor non-negara (non state actor), Kawan Rantau.

Melalui buku ini, Poltak Nainggolan akan membahas lebih lanjut mengenai tantangan serius yang dihadapi oleh negara-negara di Kawasan ASEAN, yakni terkait transnational crime. Hal ini berarti termasuk isu perlindungan pekerja migran, perdagangan gelap narkoba, dan perdagangan orang.

This Is What America Looks Like: My Journey from Refugee to Congresswoman – Ilhan Omar

Sumber: harpercollins.com

Ilhan Omar merupakan salah satu anggota kongres Amerika Serikat. Yang menarik, Ilhan Omar merupakan anggota kongres perempuan muslim pertama dan juga merupakan seorang refugee.

Perjalanan Ilhan Omar memang tidak mudah untuk mencapai posisinya sekarang, Bagaimanapun, ia berasal dari kalangan minoritas kala itu. Melalui This is What America Looks Like, Ilhan Omar membagikan kisahnya sebagai seorang refugee yang meliputi harapan dan aspirasi, kekecewaan dan kegagalan, kesuksesan, pengorbanan dan lainnya.

Guru Aini – Andrea Hirata

Sumber: goodreads.com

Masih ingat dengan kisah Laskar Pelangi? Kalau iya, kamu bisa membaca kisah lainnya dari Andrea Hirata melalui Guru Aini. Buku Andrea terbaru yang satu ini masih tetap membahas tentang pendidikan. Akan tetapi, lebih berfokus pada kehidupan dari sisi guru.

Banyak yang mengatakan bahwa idealisme anak muda biasanya hanya bertahan paling lama 4 bulan stelah lulus dari perguruan tinggi. Setelahnya, mereka akan menjadi pengeluh, penggurutu, dan penyalah. Kemudian, secara menyedihkan, mereka akan terseret rutinitas dan basa-basi birokrasi. Pada akhirnya, mereka pun tunduk patuh pada sistem yang buruk.

Dengan kenyataan hidup yang demikian, seberapa jauh Desi–tokoh utama buku ini–berani mempertahankan idealismenya menjadi guru matematika di sekolah pelosok?

Nah, itulah sejumlah rekomendasi buku dari kami untuk bulan Juli 2020 ini, Kawan Rantau. Apakah ada bacaan yang menarik untukmu?

Kamu juga bisa membaca rekomendasi buku kami lainnya di sini.

For Your Information

Apa saja rekomendasi buku untuk bulan Juli 2020?

Kamu bisa menemukan rekomendasi kamu melalui artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Apakah ada karya fiksi yang bisa saya baca?

Ada. Kali ini kami merekomendasikan salah satu kisah thriller asal Korea Selatan untuk bacaanmu. Kemudian, ada juga novel pendidikan karya Andrea Hirata.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?