fbpx

Perlukah Memenuhi Standar Sosial Pertemanan di Kampus?

Selamat datang di dunia kampus, Kawan Rantau! Apakah kamu berhasil masuk di universitas impianmu? Kehidupan kampus terkadang memang sangat menyenangkan. Bisa bertemu dengan teman-teman baru dan mendapat kesempatan untuk terus berkembang. Pertanyaannya, apakah perlu memenuhi standar sosial pertemanan di kampus?

Apa itu standar sosial pertemanan?

standar sosial pertemanan
Sumber: shutterstock.com

Tidak dapat dipungkiri, ketika berinteraksi dengan teman kita di kampus, ada standar sosial pertemanan yang tercipta. Hal inilah yang menuntun pada biaya sosial (social cost) yang harus kamu bayarkan.

Sebagai contoh, sebagai anak rantau yang memiliki uang terbatas, tentu kamu tidak bisa begitu saja makan di manapun tanpa memperhatikan budget. Terkadang, ada standar sosial yang tidak ramah pada kantongmu.

Alhasil, kamu hanya bisa memesan makanan termurah yang ada di menu. Lama-kelamaan, kamu akan merasa tidak nyaman karena tidak bisa menyamai kebiasaan teman-temanmu. Pada akhirnya, kamu pun merasa tidak enak dan enggan untuk keluar bersama dengan mereka.

Lalu, apa yang sebaiknya kamu lakukan untuk menghadapi perbedaan standar sosial pertemanan seperti ini? Berikut jawaban kami.

Jujurlah

Uang memang termasuk topik yang sangat personal. Ketidakmampuan menyamai standar sosial dari teman yang memang memiliki latar belakang lebih berada terkadang membuatmu minder.

Akan tetapi, akan jauh lebih baik apabila kamu berkata jujur pada temanmu daripada menghindar terus-menerus. Apabila memang mereka menganggapmu teman, mereka akan mengerti kesulitan yang kamu miliki.

Dengan terus menutupi keadaan finansialmu, kamu malah terkesan tidak menyukai kebersaanmu bersama dengan mereka. Tentu kamu tidak ingin kehilangan teman hanya karena masalah finansial, bukan?

Sarankan Pilihan yang Lebih Terjangkau

standar sosial pertemanan
Sumber: http://www.usfca.edu

Dengan kamu jujur dengan keadaanmu, maka kamu bisa mengutarakan usulmu untuk melakukan pilihan-pilihan yang lebih terjangkau untuk berkumpul bersama. Kamu tidak harus makan di kafe mahal untuk bisa mengobrol dan mengerjakan tugas, bukan?

Kamu bisa saja berkumpul di salah satu tempat dan menonton bersama–menonton Netflix sembari membuat makanan bisa jadi pilihan yang menyenangkan bukan?. Pilihan-pilihan yang lebih terjangkau masih memungkinkan untuk dilakukan, kok.

Perluas lingkaran sosialmu

Kita memang tidak pernah tahu siapakah yang akan menjadi teman kita sebenarnya. Maka dari itu, memperluas lingkaran sosial menjadi penting untuk kamu lakukan. Hal ini akan membuat kamu bisa memahami berbagai standar sosial pertemanan yang ada di sekitarmu.

Dengan menjadi diri sendiri, disertai dengan kejujuran, kamu tetap bisa menjalani kehidupan perkuliahanmu dengan bahagia kok, Kawan Rantau. Semuanya tergantung dengan bagaimana cara kamu membawa diri. Tidak harus kok betul-betul memenuhi standar sosial pertemanan yang ada. Lebih baik kamu berusaha nyaman dengan lingkungan kamu dan bisa berkuliah dengan santai.

Jangan lupa juga membaca langkah-langkah yang harus kamu persiapkan untuk kuliah di luar negeri.

For Your Information

Apakah ada batasan dalam pertemanan di perkuliahan?

Pada dasarnyaa memang tidak ada. Akan tetapi, disadari atau tidak, ada standar sosial pertemanan yang tercipta di antara para mahasiswa.

Apakah harus menaati semua standar sosial pertemanan yang ada?

Tidak harus. Lebih baik apabila kamu menjadi diri kamu sendiri tanpa perlu menyiksa diri.

Bagaimana cara saya menghadapi standar sosial pertemanan yang saya temui?

Baca ulasan lengkap kami dalam artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?