fbpx

Pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditunda

Setelah sebelumnya International Olympic Committee (IOC) belum memiliki keputusan yang pasti, akhirnya hari ini (25/03/2020), pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditunda. Hal ini tentu merupakan dampak dari pandemi COVID-19 yang telah melanda berbagai tempat di dunia.

Keputusan bersama

Olimpiade 2020 ditunda
Sumber: Reuters

Keputusan penundaan pelaksanaan Omipiade Tokyo 2020 ini menyusul hasil perundingan antara pihak IOC dengan pemerintah Jepang yang diwakili Perdana Menteri Shnizo Abe.

Kedua pihak menyampaikan concern mereka akan pandemi COVID-19 yang telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan di dunia. Hal ini pun berujung pada persiapan para atlet dari seluruh dunia yang tidak maksimal. Apalagi, jumlah kasus COVID-19 semakin hari semakin meningkat. Maka dari itu, pada akhirnya keputusan supaya Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditunda telah disepakati.

Keputusan ini menjadi satu hal yang rasional karena sejumlah negara telah menerapkan larangan penerbangan. Tentunya, hal ini telah menjadi hambatan tersendiri untuk melaksanakan Olimpiade Tokyo 2020. Belum lagi dengan kebijakan lockdown yang telah diterapkan secara total.

Ditunda setahun

Olimpiade 2020 ditunda
Sumber: cnn.com

Shinzo Abe menyatakan bahwa pihak IOC setju 100% untuk menunda pelaksanaan Olimpiade ini hingga satu tahun ke depan. Hal ini menimbang bahwa akan semakin berbahaya apabila gelaran ini tetap dilaksanakan. Sejumlah negara pun telah mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan mengundurkan diri apabila Olimpiade Tokyo 2020 tidak dibatallkan.

Malam sebelumnya, komite Olimpiade Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Brazil dan Norwegia mengusulkan penundaan ini. Bahkan, Komite Olimpiade Kanada telah resmi mengundurkan diri. Sedangkan, Australia telah memperingatkan para atlet negaranya untuk tidak melakukan latihan dalam bentuk apapun karena kondisi yang sangat berbahaya.

Meskipun demikian, tentu keputusan penundaan ini juga akan memberikan dampak bagi sebagian besar orang, baik bagi panitia pelaksana maupun para atlet. Apalagi, keputusan penundanaan ini dikatakan cukup memakan waktu lama untuk diputuskan.

Dengan demikian, penundaan Olimpiade Tokyo 2020 menambah daftar acara-acara yang ditunda karena COVID-19. Tetap jaga kesehatan dan lakukan soscial distancing ya, Kawan Rantau.

For Your Information

Mengapa pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 ditunda?

Menyusul penyebaran COVID-19 yang masif, akhirnya pihak IOC dan Pemerintah Jepang memutuskan untuk menunda pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020.

Siapa yang terdampak oleh penundaan ini?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lenkapnya.

Sampai kapan Olimpiade Tokyo 2020 akan ditunda?

Setidaknya, gelaran ini akan ditunda hingga tahun depan.

Ingin mengetahui cerita lain di Tokyo?