fbpx

Pelajaran Hidup dari Film-film Studio Ghibli untuk Kawan Rantau

Halo, Anak Rantau! Siapa sih yang tidak tahu film My Neighbor Totoro atau Spirited Away? Iya, kedua film tersebut merupakan film animasi yang diproduksi oleh Studio Ghibli. Studio Ghibli sendiri merupakan studio film animasi yang berbasis di Koganei, Tokyo, Jepang. Film-film yang dihasilkan oleh studio ini banyak memiliki pesan-pesan tersembunyi. Tak heran apabila beberapa filmnya menerima penghargaan di Academy Award.

Memangnya, apa saja sih pelajaran hidup yang bisa diambil dari film-film Studio Ghibli? Berikut penjelasannya.

Selalu percaya pada kemampuan diri

Hal ini memang terdengar sebagai suatu hal yang klise, nyatanya, hal inilah yang sering kita lupakan. Banyak karakter di film yang menemui berbagai masalah dan awalnya merasa patah semangat. Akan tetapi, lama-kelamaan, akhirnya para karakter ini menyadari bahwa yang bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi adalah diri mereka sendiri. Secara perlahan, mereka menyadari bahwa apapun yang mereka hadapi, haruslah dimulai dari percaya pada kemampuan diri.

anakrantau-pelajaran-hidup-studio-ghibli-1.jpg
Sumber: bbc.com

Sebagai contoh, Kiki dari Kiki’s Delivery Service mulai tidak percaya pada dirinya sendiri da meragukan tujuan hidupnya. Hingga pada akhirnya ia betul-betul kehilangan kemampuannya untuk terbang. Akan tetapi, berkat dukungan teman-temannya serta keinginannya sendiri, Kiki berhasil bangkit dan mendapatkan kekuatannya kembali.

Pelajaran ini akan menjadi relevan bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Awalnya pasti tidak mudah bagimu, apalagi yang belum pernah tinggal jauh dari rumah. Akan tetapi, kamu harus percaya bahwa kamu mampu hidup sendiri dan menggapai apa yang kamu inginkan. 

Selain itu, apabila banyak yang berkata bahwa mendapatkan selembar Letter of Acceptance (LoA) adalah pekerjaan yang sulit, maka kamu harus percaya bahwa kamu mampu membuat dirimu pantas mendapatkannya. Kalau kamu tidak percaya pada kemampuanmu, bagaimana caranya kamu bisa melangkah lebih jauh?

Keluarga: pendukung terbaik

anakrantau-pelajaran-hidup-studio-ghibli-2.jpg
Sumber: idntimes.com

Tidak peduli seberapa jauh kamu melangkah, maka keluarga akan tetap menjadi supporting system terbaik untukmu. Hal ini tergambar jelas pada kisah Seita dan Setsuko dari Grave of the Fireflies dan Satsuki dan Mei dari My Neighbor Totoro. Dalam kedua film tersebut, keempat tokoh mengalami krisis kehidupan yang berhubungan dengan keluarga. 

Ini jugalah yang harus kamu ingat ketika kamu sedang berada di negeri orang untuk belajar. Apa yang kamu lakukan di luar sana tidak hanya akan membuat kamu merasa pada diri sendiri, akan tetapi, keluarga kamu yang berada di Indonesia, akan bangga dengan setiap pencapaian yang kamu dapatkan.

Tidak takut mencoba satu hal yang baru

Yang harus kamu ingat, bukanlah suatu hal yang salah apabila kamu keluar dari zona aman kamu. Dengan keluar dari zona aman, maka kamu akan bisa mendapat gagasan baru. Dengan berpindah ke tempat yang baru, maka kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru yang bisa memberikan banyak pelajaran dalam hidupmu. 

anakrantau-pelajaran-hidup-studio-ghibli-3.jpg
Sumber: comicbook.com

Hal ini tergambar dari pengalaman Chihiro di Spirited Away.. Awalnya, ia enggan untuk berpindah ke tempat baru bersama dengan orang tuanya. Akan tetapi, ketika Chihiro malah tersasar ke dunia yang sama sekali baru, ia pun memahami, bahwa dengan menerima keadaan yang ia alami, ia akan mampu menghadapi semua tantangan dan mecari teman baru.

Prinsip yang satu ini menjadi prinsip yang paling penting ketika kamu memutuskan untuk belajar di luar negeri. Berkuliah di tempat atau bahkan negara yang belum pernah kamu tinggali memang akan memberikan tantangan. Tapi percayalah bahwa akan banyak sekali pelajaran yang kamu dapatkan nantinya.

Bukankah pelajaran hidup dari film-film Studio Ghibli ini memang relevan untuk kamu refleksikan, Anak Rantau?

Ingin mengetahui cerita lain di Kyoto?