Merasa Kaget dengan Budaya di Luar Negeri? Berikut 5 Tips Mengatasinya

Bagi kamu yang sedang kuliah atau bekerja di luar negeri pasti tidak asing dengan istilah culture shock. Culture shock atau gegar budaya adalah keadaan di mana kamu merasa khawatir berlebihan. Hal tersebut wajar dialami oleh seseorang saat beradaptasi dengan lingkungan baru, apalagi jika tidak sesuai ekspektasinya. Meskipun begitu, hal itu dapat menganggu kesehatan mental apabila tidak diatasi. Jangan khawatir, ada tips mengatasi culture shock agar tidak mengganggu kontinuitas dalam beraktivitas. Yuk, simak artikel anakrantau berikut ini!

5. Awas Jatuh! Jangan Memasang Ekspektasi Berlebihan

Rumput tetangga selalu lebih hijau dibandingkan rumput sendiri, begitulah kata pepatah. Pada tips pertama ini, kamu harus menyadari bahwa kehidupan di sana bisa saja tidak sama dengan yang dilihat melalui tontonan. Sebelum menjadi anak rantau di negeri nan jauh, maka rajin-rajinlah mencari informasi melalui kisah orang lain. Hal ini sebagai antisipasi untuk mempersiapkan kejadian pahit. Yuk, bangun dari angan-angan!

4. Atasi Culture Shock dengan Pelajari Tempat Baru

Tips kedua mengatasi guncangan budaya adalah belajar. Di era digital saat ini sudah banyak artikel dan panduan tentang ‘do’ and ‘dont’s’ di luar negeri. Gali sedalam mungkin budaya negara yang dituju untuk meminimalisir kesalahpahaman. Ketika kamu memutuskan menuntut ilmu di mancanegara, maka diri kamu akan menjadi representasi tanah kelahiran. Perbanyak baca agar tidak membuat kesalahan yang memalukan tanah air.

3. Penting! Pelajari Bahasa Agar Tidak Nyasar

Bahasa merupakan pintu komunikasi untuk bergaul dengan penduduk lokal. Bahasa   bukan hanya verbal, tetapi juga nonverbal. Menguasai bahasa asing dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam berinteraksi. Keterampilan bahasa asing meliputi kemampuan mendengar, berbicara, dan menulis. Jika belum mahir, maka setidaknya ketahui kosakata dan percakapan sehari-sehari di sana.      

2. Bergabung ke Komunitas Perantau Dapat Mengurangi Rasa Galau

Tips mengatasi culture shock yang satu ini dapat mengurangi rasa gelisah kamu, yaitu berkumpul dengan sesama perantau. Kamu bisa menambah relasi pertemanan sekaligus mendapatkan solusi atas keluh kesah yang ada di hati. Tak jarang, perkumpulan tersebut bukan hanya membuka sesi curhat, tetapi juga diskusi untuk menambah pengetahuan.   

1. Banyak Bergaul dengan Penduduk Lokal

Adaptasi setiap individu berbeda-beda. Ada yang hanya memerlukan waktu singkat, ada juga yang bertahun-tahun. Bagi beberapa manusia, bertemu orang baru bisa menjadi penderitaan. Akan tetapi jika terus menerus menutup diri, maka akan banyak peluang bagus yang terlewati. Jika kamu baik, pasti akan ada penduduk lokal yang menolongmu untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi. Yuk, buka pikiran di lingkungan pendatang!

Nah, itu dia tips mengatasi culture shock yang dapat kamu terapkan. Skill komunikasi dalam pembawaan diri menjadi alat penting untuk bertahan hidup di perantauan. Apabila tertimpa sial, maka jangan terlalu keras menyalahkan diri sendiri. Percayalah, suatu saat kepahitan akan menjadi cerita manis karena kegigihan kamu.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semangat merantau!