fbpx

Mengenal British Library: Perpustakaan Terbesar di Dunia

British Library merupakan perpustakaan nasional Inggris, berlokasi di kota London, yang berhasil menyandang gelar sebagai perpustakaan terbesar di dunia. Hal ini didasarkan dari jumlah koleksi yang dimiliki. Diperkirakan, ada sekitar 170-200 juta koleksi dari berbagai negara.

Sejarah British Library

anakrantau-british-library-1.jpg
Sumber: malcolmreading.com

British Library didirikan pada 1 Juli 1973 sebagai hasil dari British Library Act 1972. Sebelumnya, perpustakaan ini merupakan bagian dari British Museum. Pendirian dari British Library ini ditujukan untuk menciptakan satu institusi tunggal yang menjadi pusat jejeraing informasi Inggris, yang kemudian dapat membantu penelitian di berbagai bidang.

Tiap tahunnya, perpustakaan ini mendapatkan tambahan 3 sekitar 3 juta koleksi. Inti dari koleksi sejarah di perpustakaan ini berasal dari donasi serta akuisisi pada abad ke-18. Koleksi ini termasuk buku dan manuskrip dari Sir Robert Cotton, Sir Hans Sloane, Robert Harley, dan Perpustakaan King George III.Sebagai sebuah perpustakaan nasional, British Library menjadi tempat penyimpanan arsip nasional, baik berbentuk cetak maupun digital.

Tiap tahunnya, ada sekitar 1,6 juta pengunjung yang datang ke British Library. Koleksi yang ada di British Library terdiri dari buku, jurnal, manuskrip, peta, perangko, musik, paten, fotografi, dan juga koran. Berikut merupakan beberapa koleksi pilihan yang tersimpan di British Library.

  1. Diamond Sutra, termasuk buku cetak pertama yang pernah ada. Dicetak pada tahun 868 pada Masa Pmerintahan Dinasti Tang.
  2. Salinan dari Magna Carta.
  3. Manuskrip dari Alice’s Adeventure Under Ground yang ditulis oleh Lewis Caroll.

Kapan bisa berkunjung?

British Library dapat kamu kunjungi setiap hari. Hanya saja ada perbedaan jam operasional saja,

Senin – Kamis, 09.30-20.00
Jumat, 09.30-18.00
Sabtu, 09.30-17.00
Minggu, 11.00-17.00

Pada hari libur, kamu tetap bisa mengunjungi perpustakaan ini dari pukul 11.00-17.00. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk Hari Natal dan Tahun Baru.

Apa saja fasilitas yang tersedia?

anakrantau-british-library.jpg
Sumber: bl.co.uk

Layaknya perpustakaan pada umumnya, British Library menyediakan ruang baca. Dengan fasilitas WiFi gratis, maka kamu bisa berselancar di internet dengan nyaman.

Apabila kamu lapar, maka kamu bisa berkunjungan ke restoran maupun kafe yang ada. Banyaknya pilihan mulai dari gerai kopi hingga restoran yang menyediakan menu keluarga, akan membuat kamu betah berlama-lama di sini.

Selain itu, British Library juga menjual beberapa koleksi klasik yang bisa kamu temui di lorong masuk perpustakaan.

Yang membuat perpustakaan ini menarik adalah, selain koleksiya yang begitu ikonik, bangunannya sendiri sangatlah antik. Bangunan yang juga bersejarah tentu sangat menarik untuk dikunjungi. Ada juga beberapa acara yang bisa kamu nikmati di perpustakaan ini, seperti Theatre Archive dan International Dunhuang Project.

Selain British Library, kamu juga bisa lho mengujungi Duke Humfre’s Library Oxford. Di sini, kamu akan menemukan ruang baca tertua di Oxford. Kemudian, ada juga Library of Birmingham yang juga menjadi salah satu perpustakaan terbesar di Eropa. Kamu bisa menemukan berbagai koleksi non fiksi serta fiksi di perpustakaan ini. Bagi kamu yang mneggemari Shakespeare, bersyukurlah. Perpustakaan tersebut memiliki ruang khusus yang didedikasikan untuk Shakespeare.

Itulah sedikit informasi mengenai British Library, perpustakaan terbesar di dunia. Tentu bagi seorang pecinta buku, mengunjungi perpustakaan seperti ini akan memberikan pengalaman tersendiri.

Baca juga 5 Perpustakaan dengan Desain Futuristik Ini Dijamin Tidak Akan Membosankan!

Ingin mengetahui cerita lain di London?