fbpx

Kisah 4 Seleb Indonesia yang Kuliah di Luar Negeri saat Wabah Covid-19

Pandemi Covid-19 telah melanda hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Beberapa selebriti muda Indonesia yang sedang kuliah di luar negeri pun terpaksa harus menunda kuliah sesuai dengan kebijakan pemerintah di negara setempat. Penasaran siapa saja dan bagaimana mereka menghadapinya? Yuk, simak kisah 4 selebriti muda Indonesia yang kuliah di luar negeri saat wabah Covid-19 berikut.

Maudy Ayunda

Sumber: instagram.com/maudyayunda

Penyanyi dan aktris berbakat yang sedang melanjutkan kuliahnya di Stanford University ini terpaksa harus membatalkan kepulangannya ke Indonesia. Dalam caption postingan Instagramnya, ia menulis “Life here has been totally transformed because of COVID-19.” Maudy juga mengaku khawatir setiap kali melihat kabar mengenai COVID-19 di Amerika dan Indonesia. Maudy berharap agar semua orang dalam kondisi kesehatan yang baik.

Maudy juga sempat menceritakan kondisi perkuliahannya di Stanford melalui sebuah layanan video streaming. Pihak kampusnya merasa panik hingga ia harus melaksanakan ujiannya secara virtual. Selain itu, kelas perkuliahan pun ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran secara online, walaupun ia harus sesekali datang ke kampus untuk mengikuti kelas offline atau membeli persediaan bahan makanan. 

El Rumi

Sumber: instagram.com/elelrumi

Putra musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini sedang menempuh pendidikan jurusan bisnis manajemen di University of London. London sendiri masuk dalam daftar 10 kota dengan jumlah PDP Covid-19 tertinggi.

El menceritakan dalam caption Instagramnya bahwa semua kebiasaan berubah sejak adanya Covid-19, mulai dari kampusnya yang meniadakan aktivitas perkuliahan hingga kelangkaan hand sanitizer dan masker di London. Tak hanya itu, stok-stok bahan pangan serta tisu di toko swalayan juga mulai menipis. El pun tetap meminta followers-nya untuk mengikuti arahan dari pemerintah dan WHO demi mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 serta menjaga kesehatan dan minum vitamin.

Daffa Wardhana

Sumber: instagram.com/daffawardhana

Putra Marini Zumarnis ini sedang berkuliah di University of Melbourne, Australia. Pada 26 Maret 2020, Daffa memutuskan kembali ke Indonesia untuk berkumpul bersama keluarganya sembari menunggu pandemi Covid-19 mereda dan menantikan informasi lebih lanjut mengenai semester terakhirnya

Shalom Razade

Sumber: instagram.com/sharazaaa

Putri dari aktris Wulan Guritno ini sedang menempuhkan pendidikan di Coventry University, UK. Shalom memutuskan untuk tetap tinggal di Inggris dan tak pergi ke mana-mana. Melalui Instagramnya, ia pun mengungkapkan kerinduannya untuk beraktivitas di luar rumah seperti biasa.

Itu dia kisah 4 selebriti Indonesia yang sedang berkuliah di luar negeri di tengah pandemi Covid-19. Tak hanya itu, pandemi ini juga membuat permohonan visa para pelajar di banyak negara mengalami kendala.

Di mana pun Kawan Rantau berada, tetap jaga kesehatan dan ikuti arahan pemerintah setempat, ya. Semoga pandemi ini dapat segera berakhir dan Kawan Rantau bisa melakukan kegiatannya seperti sedia kala.

Ingin mengetahui cerita lain di London?