Kerja di Yahoo AS, Gaji Rp 1,4 M / tahun

Salah satu cara untuk bekerja di Amerika, adalah dengan pertama-tama menjadi pelajar mahasiswa Internasional di salah satu universitas AS menggunakan F-1 visa. Ketika selesai wisuda, kamu mendapatkan kesempatan untuk mencari pengalaman kerja selama satu tahun, dengan menggunakan status F1-visa OPT.

David Maynard merupakan mahasiswa Amerika di San Jose yang sedang menggunakan kesempatan OPT tersebut untuk bekerja di Yahoo.

David membawa kita keliling fasilitas kantor Yahoo yang nampaknya sangat hijau dan modern, sambil cerita pengalaman bekerja di perusahaan teknologi silicon valley itu.

Peran David dalam pekerjaan sehari-harinya disebut sebagai Junior Finance Analyst, dimana tanggung jawabnya meliput data analysis, data entry, invoicing dan pada umumnya belajar dari bossnya.

Salah satu manfaat bekerja di perusahaan dengan company culture seperti Yahoo adalah dibebaskan dari seragam kantor yang formal. “Baju santai, gak usah bagus-bagus yang penting sopan.”

Ternyata kantor Yahoo juga memberikan makanan gratis untuk sarapan, makan siang sampai makan malam!

Ketika ditanya soal bekerja bersama rekan kerja dan bossnya, David mengatakan mereka professional tapi memperlakukannya sebagai teman juga. “Mereka chill setengah mati… semua lancar sih.”

Pertanyaan yang ditunggu-tunggu akhirnya ditanyai, bagaimana gaji seorang karyawan seperti David di Yahoo? “Kalo gue kan engga seperti orang-orang engineering, mereka pasti gajinya sudah six figure (di atas $100.000 atau Rp. 1,4 M). Kalo gue masih dievaluasi, jadi paling sekitar $40.000 per tahun.”

Kita berlanjut keliling fasitilas kantor dan ternyata Yahoo memiliki tempat istirahat yang lengkap dengan berbagai jenis mainan layaknya di tempat bermain anak-anak. “Kalo kerja lagi stress, saatnya ke sini.”

David menunjukan tempat coders Yahoo bekerja dan berbagi pengalaman bagaimana dia bisa sampai mendapatkan pekerjaan di Yahoo. Ternyata David pernah bekerja temporer di Google! Kita mengakhiri perjalanan dengan menyantap jajanan dari food truck yang disediakan Yahoo setiap akhir minggu.

Buat yang masih penasaran gimana proses David apply dan diterima kerja di Yahoo, langsung aja nonton video berikut: