fbpx

Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Wawancara Kerja

Apakah kamu punya jadwal wawancara dalam waktu dekat? Apakah kamu sudah menyiapkan diri? Salah satu cara untuk mempersiapkan dalam wawancara kerja adalah latihan sebanyak-banyaknya. Berikut akan kami bahas sejumlah pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja.

Pertanyaan tentang diri kamu

Sumber: unsplash.com

Untuk jenis pertanyaan ini, pewawancara akan mencoba menggali kepribadianmu lebih dalam. Tentu hal ini akan menentukan apakah kamu cocok dengan pekerjaan yang kamu lamar tersebut. Pertanyaan ini sifatnya merupakan pertanyaan terbuka. Jadi, kamu bisa menjawab sesuai dengan kepribadian kamu.

Salah satu conth dari jenis pertanyaan ini adalah, “ceritakan tentang diri kamu.” Untuk pertanyaan ini, kamu bisa mulai menceritakan pekerjaan yang sedang kamu lakukan sekarang atau pengalaman yang kamu miliki saat berada di perkuliahan. Ceritakan pengalaman yang sekiranya berhubungan dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar.

Salah satu hal yang harus kamu hindari saat menjawab pertanyaan ini adalah, mengungkapkan informasi pribadi tentang keluarga, pandangan politik, maupun agama.

Meninggalkan pekerjaan yang lama

Sumber: unsplash.com

Pewawancara hampir semuaya ingin mengetahui mengapa kamu meninggalkan pekerjaanmu yang lama. Siapkan penjelasan yang masuk akal dan sesuai dengan kenyataan yang ada.

Salah satu poin penting dalam menjawab pertanyaan ini adalah, jangan pernah membicarakan hal-hal negatif tentang tempat kamu bekerja sebelumnya.

Pertanyaan tentang gaji

Sumber: unsplash.com

Salah satu pertanyaan yang sulit untuk dijawab saat wawancara kerja adalah tentang gaji. Tentunya, pertanyaan ini termasuk tricky. Kalau kamu tidak melakukan riset sebelumnya, maka akan sulit bagimu menentukan berapa gaji yang pantas kamu dapatkan.

Dengan demikian, melakukan riset di sejumlah situs seperti Glassdor dan Indeed bisa membantu kamu menentukan jawaban yang tepat. Jangan terlalu sombong dalam menilai dirimu sendiri. Ukur besarnya gaji yang kamu inginkan dengan kualifikasi yang kamu miliki.

Pertanyaan lainnya yang biasa ditanyakan saat wawancara kerja adalah mengenai pengalamn kerja kamu. Selain itu, pihak pewawancara juga akan penasaran dengan skill yang kamu miliki. Terutama yang berhubungan langsung dengan jenis pekerjaan yang kamu daftar tersebut.

Pertanyaan pamungkas dalam wawancara kerja adalah pertanyaan megapa perusahaan harus mempekerjakan kamu. Untuk pertanyaan ini, kamu harus bisa mempromsikan diri dengan baik dan memberikan kesan mendalam bagi pewawancara.

Apabila kamu berhasil menjawab seluruh pertanyaan ini dengan baik, maka pekerjaan baru akan menantimu, Kawan Rantau.

Baca juga cara membuat CV yang baik untuk melamar pekerjaan.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?