fbpx

Jepang Berjanji Sepenuhnya Capai Karbon Netral Pada tahun 2050

Jepang baru saja merumuskan tujuan yang ambisius, yakni mencapai karbon netral pada tahun 2050. Negara yang termasuk ekonomi terbesar ketiga di dunia telah banyak mendapatkan tekanan untuk menjalankan inisiatif di bidang iklim. Akan tetapi, inisiatif yang semula akan dijalankan adalah mengenai pengurangan emisi hingga 80% pada tahun 2050 dan tidak ada komitmen khusus mengenai netralitas karbon.

Pernyataan pemerintah

Yoshihide Suga. Sumber: bbc.com

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga menyatakan kepada parlemen bawah, “Merespons pada perubahan tidak lagi menjadi halangan bagi pertumbuhan ekonomi. Kita perlu mengubah cara berpikir kita. Pada dasarnya, tindakan asertif dalam menghadapi perubahan iklim dapat berujung pada perubahan dalam struktur industri dan ekonomi.

Walaupun terdapat pernyataan komitmen yang demikian, masih terdapat keraguan akan kemampuan Jepang dalam mewujudkannya. Hal ini disebabkan oleh ketergantungan dari Jepang terhadap batu bara dan bahan bakar fosil lainnya. Detail mengenai pelaksanaan komitmen ini memang belum tersedia, meskipun salah satu cara yang akan dikedepankan adalah menggunakan energi nuklir dan terbarukan.

Suga juga berjanji bahwa penganggaran di bidang penelitian dan pengembangan akan terus ditingkatkan, khususnya di bidang tenaga surya dan pengolahan korban. Hal ini diharapkan bisa menjadi titik terang bagi ketergantung Jepang terhadap energi batu bara.

Tanggapan masyarakat

Sumber: telegrah.co.uk

Greenpeace Jepang menyatakan bahwa komitmen tersebut merupakan kabar yang baik. Dilansir dari The Guardian, direktur eksekutif dari Greenpeace, Sam Annesley, menyatakan bahwa, “Apabila kita ingin mencapai angka nol pada tahun 2050, kita harus secara masif meningkatkan kapasitas energi terbarukan di Jepang dengan menargetkan penggunaan listrik terbarukan sebanyak 50% pada tahun 2030. Apapun yang kurang dari 50% menunjukkan risiko gagalnya pencapaian komitmen yang telah disebutkan.”

Komitmen Jepang tersebut pada akhirnya mendorong sejumlah program studi bidang lingkungan menjadi diminati oleh para pelajar, baik domestik maupun internasional. Apabila kamu tertarik untuk melanjutkan studi lingkungan di Jepang, berikut merupakan pilihan universitas terbaik yang ada di negara ini:

  1. University of Tokyo
  2. Kyoto University
  3. Hokkaido University
  4. Tohoku University
  5. Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech)

Pada akhirnya, Jepang telah menyampaikan komitmennya terhadap lingkungan, termasuk mencapai karbon netral pada tahun 2050. Hal inilah yang mendorong bidang lingkungan menjadi salah satu bidang prioritas di negara satu ini. 

Baca juga Asian School of the Environment, tempat yang tepat bagi kamu yang ingin jadi aktivis lingkungan.

For Your Information

Apa komitmen terbaru Jepang dalam bidang lingkungan?

Baru-baru ini, Jepang merumuskan komitmen untuk mencapai karbon netral pada tahun 2050.

Apa tantangan yang dialami Jepang dalam mencapai komitmen tersebut?

Masih terdapat ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Bagaimana prospek bidang lingkungan di Jepang?

Program studi lingkungan di Jepang mulai banyak dimintai. Selengkapnya baca di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Kyoto?