fbpx

Cara Membuat CV yang Baik untuk Melamar Pekerjaan

Apabila kamu baru lulus kuliah, salah satu hal yang harus kamu persiapkan sebelum melamar pekerjaan adalah Curriculum Vitae (CV). Mempersiapkan CV dengan baik merupakan kunci untuk bisa mendapatkan pekerjaan secara cepat dan juga tepat. Berikut sejumlah cara membuat CV yang baik.

Apa saja yang harus saya masukkan dalam CV?

Sumber: thedigitalcv.com

Pada dasarnya, struktur dari CV sangatlah fleksibel. Jadi, tergantung dari kepribadian kamu sendiri. Akan tetapi, ada sejumlah unsur yang wajib kamu masukkan ke dalam CV.

Berikut sejumlah hal yang perlu kamu melampirkan untuk membuat CV yang baik.

Nama, professional title, dan detail kontak

Bagian pertama dari CV kamu haruslah berisi nama kamu dan juga detail kontak. Jadikan namamu sebagai judul dokumen CV kamu.

Untuk professional title kamu bisa mencantumkan title yang menggambarkan diri kamu, sebagai contoh Social Media Specialist, Graphic Designer, Public Relations Specialist, dan lainnya.

Untuk kontak sendiri, lampirkan alamat surel dan juga nomer telepon. Kedua hal tersebut menjadi sangat penting karena memudahkan pihak perusahaan untuk menghubungi kamu. Melampirkan alamat lengkap tidak menjadi suatu keharusan dalam CV.

Profil pribadi

Sumber: unsplash.com/Green Chameleon

Profil pribadi, atau yang bisa juga disebut sebagai pernyataan personal merupakan salah satu aspek penting dalam CV kamu. Pernyataan ini merupakan paragraf pendek yang mendeskripsikan sapa kamu dan apa kemampuan yang kamu miliki.

Hanya cantumkan kualitas diri kamu yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar dan usahakan tetap singkat dan padat.

Pengalaman kerja

Bagian pengalaman kerja ini memberikan kamu kesempatan untuk menuliskan seluruh pengalaman kerja, atau magang yang pernah kamu lakukan.

Susun pengalaman kerjamu secara kronologis mulai dari pekerjaanmu yang terbaru. Usahakan untuk menantumkan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Ketika kamu mencantumkan pengalaman kerja, berikan detail dari pekerjaanmu tersebut, mulai dari job title, perusahaan, tahun kamu bekerja, dan ringkasan peran yang kamu jalani. Kamu juga bisa menjabarkan tanggung jawab, skill, dan juga pencapaian yang kamu miliki selama menjalani pekerjaan tersebut.

Unsur lainnya

Selain unsur-unsur di atas, kamu juga bisa mencamtumkan kemampuan apa saja yang kamu miliki. Sebagai contoh, qualitative research, SEO analysis, copy writing, dan lainnya. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mendalami profilmu.

Kemudian, kamu juga bisa menambahkan hobi dan juga ketertarikanmu. Hal ini bisa menjadi nilai tambah bagimu karena bisa saja hobi kamu bisa menunjang pekerjaanmu.

Demikianlah cara untuk membuat CV yang baik. Kamu juga bisa mendesain CV kamu semenarik mungkin untuk membuat CV kamu berbeda dari lainnya.

Baca juga tips untuk mempersiapkan diri sebelum daftar magang di luar negeri.

For Your Information

Mengapa saya harus mempersiapkan CV utuk melamarkan pekerjaan?

Karena CV merupakan kunci utama bagi perusahaan untuk menyelami profil kamu secara profesional.

Apa saja yang harus saya lampirkan dalam CV?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Apakah saya perlu melampirkan alamat lengkap di CV?

Tidak perlu, Kawan Rantau. Kamu cukup melampirkan alamat surel dan nomer telepon saja.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?