Cara Hemat Travel di Spanyol

Spanyol memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan kepada wisatawan, dan jangan membiarkan anggaran ketat menghentikan kamu untuk menjelajahi pemandangan dan pengalamannya yang menakjubkan ini. Temukan bagaimana cara jalan-jalan di Spanyol dengan hemat!

Transport

Transportasi bisa mahal, dan seringkali sulit untuk mengambil tiket murah untuk jalur kereta Renfe. Lebih baik memilih bus: bus jarak jauh bersih dan nyaman, beberapa bahkan dilengkapi dengan televisi individual di belakang kursi, seperti di pesawat. Pre-order dengan perusahaan seperti ALSA untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Jika kamu tinggal di kota sebentar, beli kartu perjalanan. Tiket perjalanan mingguan bisa menghemat sedikit uang dan kamu juga tidak akan mencari-cari uang kembalian setiap kali naik metro atau bus.

Car-sharing adalah cara lain yang populer untuk berkeliling Spanyol. Penduduk lokal senang dengan perusahaan Prancis BlaBlaCar. Harga saat ini termasuk Madrid – Barcelona seharga € 35.

Hostels

Hostels adalah opsi populer untuk kamu milennials yang jalan-jalan sekeliling Spanyol. Kota besar memiliki opsi kamar yang banyak, tetapi lebih baik di booking dari jauh-jauh hari agar mendapatkan deal harga yang murah. Banyak hostels yang sudah termasuk sarapan gratis dan tunjangan lainnya seperti city tour.

Pensiones

Di Spanyol, terdapat istilah tempat pensiones atau hotel berbintang kecil tetapi memiliki jasa yang baik. Tempat-tempat ini menyediakan lebih banyak privasi dibandingkan hostels.

Makanan

Jadikan makan siang sebagai hidangan utama setiap hari dengan menu del día, sebuah fixed-price menu yang menyajikan harga makanan sama yang bisa ditemukan di majoritas restoran dan cafe. Sebuah menu biasa mengandung hidangan pemula, utama, dessert atau kopi, wine atau bir, semua hanya €10.

Aktifitas

Kamu bisa mencari kegiatan-kegiatan gratis selama berkunjung, terutama di kota-kota besar seperti Madrid, Barcelona dan Granada.

Jika kamu suka dengan museum, banyak yang menawarkan jam-jam gratis di Spanyol. Contohnya, Museu del Prado di Madrid gratis tiket masuk dari Senin sampai Sabtu jam 6-8 sore, dan Minggu jam 5-7 sore.

Banyak kota juga menawarkan tour berjalan gratis, kamu tinggal menyisihkan tip untuk guide-nya di akhir perjalanan. Ini cara yang bagus untuk mengenal lebih baik tempat kunjungan baru tanpa harga yang mahal.

Off-Season

Kunjungi resort pantai Spanyol pada musim off-season dan kamu bisa mendapatkan banyak promo murah, sekaligus menghindari masa turis, menjadikan kunjunganmu spesial dari yang lain.