BTS Diperkirakan Memiliki Dampak $ 4,6 Miliar terhadap Ekonomi Korea Selatan

Boyband Korea Selatan, BTS, salah satu figur paling berpengaruh di Time 100 pada 2019, sungguh-sungguh merupakan harta nasional negara tersebut.

Selain membantu mereka memecahkan banyak rekaman, komunitas fans band ini (BTS ’Army fandom) telah berkontribusi besar bagi perekonomian nasional Korea, ungkap para peneliti setempat.

Laporan dari media lokal menunjukkan bahwa popularitas global grup K-Pop membawa lebih dari 5 triliun won Korea Selatan ($ 4,6 miliar) setiap tahun ke ekonomi lokal.

Para peneliti telah mencatat bagaimana pasar Korea di seluruh dunia berkembang dan menghasilkan pendapatan yang signifikan dari jutaan penggemar BTS internasional. Jumlah tersebut termasuk keuntungan yang dihasilkan melalui penggemar yang membeli barang BTS, makanan Korea, dan produk Korea lainnya, lapor SBS.

Popularitas grup ini juga dilaporkan berkontribusi terhadap masuknya wisatawan di Korea dalam beberapa tahun terakhir. Diperkirakan lebih dari 800.000 turis datang ke Korea setiap tahun karena BTS. Menurut AllKPop, bahkan restoran yang sering dikunjungi BTS telah menjadi tempat wisata raksasa.