fbpx

Begini Tips Kuliah di Luar Negeri untuk Seorang Introvert

Mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri merupakan suatu privilese yang begitu luar biasa. Bisa bertemu dengan banyak orang baru dan mendapat pengalaman hidup di luar zona aman menjadi tantangan tersendiri tentunya. Lalu, bagaimana kalau kamu adalah seorang introver? Bagaimana supaya kamu bisa mudah beradaptasi ketika kuliah di luar negeri sebagai seorang introver?

Berikut sejumlah tips yang dapat kamu manfaatkan untuk menyesuaikan diri.

Berkeliling kota sendirian

Sumber: macleans.c

Sebagai seorang introver, maka menjalani me time adalah suatu hal yang betul-betul dibutuhkan. Maka, salah satu hal yang bisa membuat kamu mudah beradaptasi di lingkungan baru adalah dengan berkeliling kota secara mandiri.

Dengan berkeliling secara mandiri, maka kamu bisa membiasakan diri kamu di tempat baru. Apalagi, terkadang seorang introver lebih suka memilih berjalan-jalan sendirian untuk mendapatkan energi bagi mereka.

Jadi, menyesuaikan tempat baru dengan mengenalnya sendiri, akan membantu kamu lebih menjadi pribadi yang lebih kuat.

Cari media yang tepat untuk mengekspresikan diri

Sumber: thoughtcatalog.com

Seorang introver memang tidak banyak bicara, tapi bukan berarti mereka tidak suka bercerita. Mereka suka mengekspresikan diri mereka melalui berbagai hal, mulai dari tulisan, gambar, atau hal lainnya.

Dengan mendapatkan media yang tepat, kamu akan lebih mudah untuk menjadi lebih santai di tempat yang baru.

Cari komunitas yang tepat

Sumber: escpeurope.eu

Bagi seorang introver, mencari komunitas yang tepat bukanlah suatu hal yang mudah. Akan tetapi, kamu harus tetap berusaha sebisa mungkin untuk mencari komunitas yang tepat untuk beradaptasi.

Biasanya, seorang introver lebih mudah membuka percakapan dengan orang baru lewat daring. Jadi, cobalah untuk melakukannya. Baru kemudian kamu bisa mulai mencoba mengenal mereka di dunia nyata.

Tantang diri untuk keluar dari zona aman

Sumber: utoronto.ca

Meskipun kamu seorang introver, bukan berarti kamu harus selalu merasa nyaman dengan zona amanmu. Cobalah sebisa mungkin untuk keluar dari zona aman. Ikut berbagai aktivitas esktra kampus dan mengikuti berbagai komunitas akan membuat kamu mencoba untuk keluar dari zona aman yang kamu buat.

Koreksi, bukan mencoba keluar, Kawan Rantau, tapi memperluas zona aman yang kamu punya

Buat dirimu seperti di rumah

Sumber: pinterest.com

Berhubung kamu akan memiliki kamar sendiri, kamu bisa mulai menyesuaikan kamarmu supaya kamu berasa di rumah sendiri. Buat kamarmu senyaman mungkin.

Selain itu, tetap jaga komunikasimu dengan orang tua atau teman-temanmu di rumah. Hal ini akan memudahkan kamu mendapat dukungan ketika merasa home sick atau down.

Itulah sejumlah tips bagi introver untuk beradaptasi ketika kuliah di luar negeri. Apakah Kawan Rantau punya tips yang lainnya? Yang pasti, kamu harus berusaha sebisa mungkin untuk menyesuaikan diri.

Baca juga hal-hal yang harus kamu lakukan setelah resmi diterima kuliah di luar negeri.

For Your Information

Saya seorang introver, apakah saya bisa kuliah di luar negeri?

Baik seorang ekstrover maupun introver, semua memiliki kesempatan yang sama untuk kuliah di luar negeri. Tidak ada batasan sama sekali.

Sebagai seorang introver, apa yang harus saya lakukan ketika kuliah di luar negeri?

Sejumlah tips kami berikan dalam artikel berikut ini. Semoga bermanfaat ya, Kawan Rantau.

Apakah seorang introver perlu keluar dari zona aman?

Seorang introver memang perlu untuk menyesuaikan diri. Akan tetapi, bukan sepenuhnya keluar dari zona aman. Yang betul adalah memperluas zona aman yang kamu miliki.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?