fbpx

Bagaimana Cara Melakukan Social Distancing yang Benar?

Semakin hari, angka penyebaran pandemi COVID-19 terus meningkat di berbagai tempat. Maka dari itu, konsep social distancing, isolasi, dan juga karantina terus digalakkan. Social distancing sendiri merujuk pada menjaga jarak antara diri kamu dengan orang lain. Hal ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran dari COVID-19. Lalu, bagaimana cara Social Distancing yang benar?

Tentang Social Distancing dan Social Isolation

Sumber: ktsp.com

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah melalui social distancing. Hal ini berarti meminimalkan kontak antar individu. Dengan demikian, gerakan #belajardirumah menjadi bentuk penerapan dari social distancing.

Sedangkan, yang dimaksud dengan Social Isolation adalah saat kamu merasa menunjukkan gejala terserang COVID-19, kamu mengisolasi diri untuk menghindari penyebaran virus kepada orang yang sehat. Dalam artian, kamu melakukan karantina dari diri sendiri, sembari terus berhubungan dengan layanan medis.

“Banyak dari kita yang relatif sehat dan berpikir dapat menahan serangan COVID-19. Akan tetapi, ada juga kekhawatiran tentang penyebaran ke individu-individu yang lebih rentan,” jelas Jonathan Kimmelman dari McGill University.

Lalu, apabila kamu seorang pelajar internasional yang tidak dapat pulang ke Indonesia, apa yang bisa kamu lakukan? Beginilah cara melakukan social distancing yang bisa kamu lakukan.

Manfaatkan teknologi yang ada

Sumber: freepik.com

Sebagai seorang pelajar asing, tentu kamu sudah terbiasa menggunakan video call dan juga interaksi lintas negara. Maka dari itu, selama mengikuti perkuliahan daring, kamu akan jauh lebih terbiasa menggunakan teknologi yang kamu dibutuhkan.

Yang pasti, siapkan semua peralatan yang kamu butuhkan untuk mengikuti seluruh perkuliahan daring hingga akhir semester nanti.

Rencanakan staycation terbaik

Sumber: freepik.com

Dengan batasan untuk keluar dorm atau asrama, maka manfaatkan waktumu di asrama dengan baik. Kamu tentu bisa merencanakan staycation selama kamu di asrama. Mulai dari menonton film, membaca buku, atau bermain game.

Pastikan kamu bisa memanfaatkan waktumu dengan baik saat melakukan staycation ala kamu.

Habiskan waktu bersama keluarga

SumberL freepik.com

Di kondisi seperti ini, pasti keluargamu akan khawatir dengan keadaan kamu. Maka dari itu, gunakan waktu selama social distancing dengan menghubungi mereka melalui video call. Ceritakan pengalaman kamu selama masa lock down dan dapatkan dukungan yang kamu butuhkan dari mereka.

Masak makanan favoritmu

Sumber: freepik.com

Dengan imbauan untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, maka tak heran apabila tak banyak tempat makan yang buka. Meskipun ada delivery, pasti jarang dan belum tentu ramah kantong. Maka dari itu, mulailah belajar untuk memasak sendiri.

Kamu bisa mulai menyetok sejumlah bahan makanan yang kamu suka. Baru nanti bisa kamu masak sendiri. Hal ini merupakan cara yang efektif untuk tetap sehat selama masa social distancing

Refleksi dan meditasi

Dengan terbatasnya interaksi yang bisa dilakukan, mungkin kamu merasa stres saat menghadapinya. Dengan demikian, cobalah untuk melakukan refleksi sekaligus meditasi. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu untuk beribadah karena tentu tak akan mudah melakukan ibadah di masa social distancing dilaksanakan.

Apapun yang kamu lakukan, pastikan bahwa kamu tetap menjaga kesehatan dan terus berkabar dengan orang terdekat. Hubungi layanan kesehatan yang ada apabila kamu merasa tidak sehat.

Kamu juga bisa membaca tentang upaya-upaya universitas di dunia untuk mencegah penyebaran COVID-19.

For Your Information

Apa itu social distancing?

Social distancing sendiri merujuk pada menjaga jarak antara diri kamu dengan orang lain.

Apa itu social isolation?

Social Isolation adalah saat kamu merasa menunjukkan gejala terserang COVID-19, kamu mengisolasi diri untuk menghindari penyebaran virus kepada orang yang sehat.

Bagaimana cara melakukan social distancing yang benar?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.