fbpx

6 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Seluruh Dunia

Bagi Kawan Rantau yang tertarik untuk menguasai bahasa kedua, Kawan Rantau bisa mulai mempelajari bahasa yang paling banyak digunakan terlebih dahulu. Dengan menguasai satu atau beberapa bahasa, peluang kita untuk sukses juga semakin besar karena kita dapat melampaui batas-batas komunikasi.

Memangnya, bahasa apa sih yang paling banyak digunakan? Simak rangkumannya dalam artikel seputar 6 bahasa paling banyak digunakan di seluruh dunia berikut ini.

Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa paling banyak digunakan di dunia
Sumber: https://unsplash.com/@chromatograph

Kawan Rantau jangan kaget jika ternyata Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia karena bahasa ini digunakan lebih dari 1 miliar orang!

Penutur Bahasa Mandarin juga berasal dari banyak negara, antara lain China, Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia, bahkan Indonesia.

Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa paling banyak digunakan di dunia
Sumber: https://unsplash.com/@thoughtcatalog

Siapa yang tidak kenal bahasa ini? Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi 53 negara dan digunakan lebih dari 400 juta orang. Bahasa ini juga menjadi bahasa internasional dan bahasa resmi di beberapa negara.

Selain itu, bahasa Inggris juga banyak digunakan di berbagai media dan buku-buku. Karena itu, menguasai bahasa Inggris akan membantu Kawan Rantau untuk memahami informasi-informasi yang ada di luar!

Bahasa Hindi

Bahasa Hindi merupakan salah satu bahasa paling banyak digunakan di dunia
Sumber: https://unsplash.com/@akuvats

Hindi adalah bahasa utama penduduk India yang terdiri dari sejumlah dialek. Selain digunakan di India, bahasa ini juga cukup sering digunakan di Nepal, Amerika, Afrika Selatan, Yaman, dan Mauritius.

Bila Kawan Rantau ingin mempelajari bahasa ini, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menyewa film India! Kawan Rantau bisa menggunakan subtitel dan pelajari pengucapan serta arti kata-katanya.

Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol merupakan salah satu bahasa paling banyak digunakan di dunia
Sumber: Ingin belajar bahasa kedua? Kamu bisa mulai dari mencari tahu 6 bahasa asing paling banyak digunakan di seluruh dunia lewat artikel berikut.

Negara yang terkenal dengan sebutan negara matador ini ternyata memiliki bahasa yang populer digunakan di dunia, lho! Bahasa Spanyol banyak digunakan digunakan di Amerika Tengah dan Amerika Latin seperti Meksiko, Kuba, Argentina, El Savador, Chile, Guatemala, dan Kostarika.

Bahasa Perancis

Bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa paling banyak digunakan di dunia
Sumber: https://unsplash.com/@mxrgo

Walaupun sulit diucapkan, namun Bahasa Perancis disebut juga sebagai bahasa yang paling romantis! Konon, orang-orang Perancis jaman dulu memiliki keahlian merangkai kata-kata dengan indah.

Bahasa Perancis digunakan oleh 370 juta orang di seluruh dunia. Selain di Perancis, bahasa ini juga digunakan di Belgia, Luksemburg, Swiss, Kanada, Pantai Gading, dan Haiti.

Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa paling banyak digunakan di dunia
Sumber: https://unsplash.com/@ablossomingsoul

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua di dunia. Secara global, sebanyak 300 juta orang di dunia berbicara menggunakan bahasa Arab.

Bahasa arab digunakan di negara Timur Tengah dan Asia, seperti Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Irak, Lebanon, Mesir, Afghanistan, Yaman, Sudan, Qatar, hingga Indonesia. Karena bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan dalam kitab suci umat Muslim, Alquran, tentunya jutaan umat Muslim di berbagai negara juga mampu menggunakan bahasa Arab, baik secara pasif maupun aktif.

BACA JUGA: Jurusan Modern Language, Gerbang Memahami Berbagai Bahasa

Itu dia 6 bahasa paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kira-kira, bahasa mana yang Kawan Rantau ingin pelajari? Tulis komentar Kawan Rantau di bawah, ya!

For Your Information

Bahasa apa saja yang paling banyak digunakan?

Setidaknya ada enam bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, antara lain bahasa Mandarin, bahasa Inggris, bahasa Hindi, bahasa Spanyol, bahasa Perancis, dan bahasa Arab.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?