5 Perpustakaan dengan Desain Futuristik Ini Dijamin Tidak Akan Membosankan!

Jika biasanya perpustakaan identik dengan ruangan yang membosankan, berdebu, dan dipenuhi dengan buku-buku tebal maka sudah sepatutnya kamu memasukkan kunjungan ke national libarary di berbagai negara masuk ke dalam bucket list perjalanan kamu, lho!

Terimakasih untuk kemajuan zaman beserta perangkat teknologinya. Dari sebuah ruangan yang membosankan menjelma jadi kumpulan bangunan futuristik nan modern.  Segala fasilitaspun mulai beragam tidak hanya berpusat pada kegiatan membaca buku saja. 5 perpustakaan dari seluruh penjuru dunia ini akan memberikan pengalaman baru untuk kamu, si suka atau si tidak suka membaca.

1. Library @Orchard

Sumber: WITA Tour Indonesia

Library at Orchard terselip di antara hiruk pikuk pusat perbelanjaan Orchard Gateway di jantung Singapura. Desain rak dengan ciri khas bergelombang serta warna putih yang simple sangat sesuai untuk menampung beragam buku gaya hidup, seni, dan desain. Perpustakaan yang beroperasi dari pukul 11 siang hinggan 10 malam waktu Singapura ini bisa menjadi spot yang tenang untuk membaca atau sekedar tempat foto OOTD bagi pengunjung pusat perbelanjaan Orcahrd. Ssssst, walaupun heboh foto-foto tetap jaga ketenangan ya!

2. Tianjin Binhai New Area Library

Perpustakaan yang popular dengan sebutan ‘The Eye’ merupakan perpustakaan lima lantai dengan warna putih yang mendominasi. Terletak di Tianjin, China, kamu akan menemukan spherical, sebuah ornament yang merepresentasikan bola dunia di tengah-tengah aula perpustakaan. Mahakarya ini merupakan hasil kerjasama firma asal Belanda, MVRDV dengan desainer lokal dari Tianjin Urban Planning and Design Institute. Kamu akan dibawa pada pengalaman ruang fiksi ilmiah dimana buku-buku disusun dari rak-rak paling bawah hingga langit-langit perpustakaan. Jangan lewatkan!

3. Trinity College Library

Sumber: The Irish Times

Terletak pada jantung kota Dublin, Irlandia, tepatnya di Trinity College, perpustakaan berusia 300 tahun ini biasa dijuluki ‘Long Room’. Pasalnya, lorong panjang berisi rak-rak buku tinggi di sisi kiri dan kanannya adalah pemandangan mencolok sepanjang kamu mengitari perpustakaan ini. Selain memorandum bangunannya, perpustakaan ini juga menyimpan beragam buku kuno, salah satunya rumah bagi koleksi Book of Kells yang ditulis pada tahun 800. Wow!

4. Malmö City Library

Sumber: Archilovers

Merupakan perpustakaan umum di kota Malmö, Swedia yang dibangun dengan landskap utama berupa pemandangan taman kota. Jangan khawatir, kamu yang tidak bisa berbahasa Swedia dapat membaca buku dengan pengantar bahasa Inggris atau sekedar menikmati ketenagan kota Malmö dibalik bilik pertisi.

5. Stuttgart City Library (Stadtbibliothek Stuttgart)

Sumber: wow Reads

Perpustakaan ini masuk ke dalam daftar perpustakaan paling modern di Jerman dengan struktur bangunan monolitik. Bangunanannya dilengkapi dengan area terbuka dengan tampilan luar seperti kubik. Namun semakin jauh kamu menelusuri ke dalam maka akan ditemui barisan buku dengan interior bernuansa putih berbentuk jantung. Menariknya, perpustakaan ini didesain oleh seorang arsitek asal Korea, Eun Yong Yi, dengan sedemikian rupa agar memperoleh cahaya matahari di setiap sisinya.

Jadi, perpustakaan mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu? Buat baca buku maupun foto OOTD, hahaha.