5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Usia Minum di Meksiko

Usia legal untuk minum alkohol di Meksiko, seperti di banyak negara lain dan Indonesia, adalah 18 tahun. Meksiko mengharuskan remaja menunjukkan identifikasi foto yang menunjukkan bukti usia saat membeli alkohol, tetapi praktik ini tidak selalu diberlakukan secara ketat di sebagian besar resor, bar, dan klub malam.

Berikut adalah 5 hal yang harus diperhatikan ketika bersenang-senang di Meksiko:

1. Minum di Tempat Umum

Secara teknis berjalan-jalan di Meksiko dengan botol alkohol terbuka itu ilegal, meskipun aturannya kurang ditegakkan. Pada liburan musim semi, tidak jarang melihat anak-anak kuliah nongkrong di depan umum sambil minum. Secara umum, selama tidak membahayakan diri sendiri atau orang lain aturan ini masih toleran.

2. Penggunaan Narkoba

Ketahuilah bahwa di Meksiko, narkoba tersedia untuk siapa saja yang menginginkannya. Pada tahun 2009, Meksiko mendekriminalisasi kepemilikan hingga 5 gram ganja, tetapi orang-orang yang tertangkap dengan jumlah itu masih dapat ditahan oleh polisi. Undang-undang yang sama juga mendekriminalisasi kepemilikan hingga setengah gram kokain, dan sejumlah kecil obat-obatan lainnya. Apa pun yang melebihi batas dapat menyebabkan penjara tanpa jaminan hingga satu tahun sebelum sebuah kasus diadili.

3. Pemesanan Taksi

Saat berada di Meksiko, pengunjung harus diperingatkan untuk hanya menggunakan taksi “sitio” yang berlisensi dan diatur. Menggunakan taksi tanpa izin di Meksiko meningkatkan risiko menjadi korban kejahatan.

4. Berenang

Jangan berenang setelah mengonsumsi alkohol, terutama saat berada di pantai. Standar keamanan, keselamatan, dan pengawasan mungkin tidak mencapai tingkat negara-negara maju. Waspadai arus bawah dan pasang di banyak daerah pantai.

5. Paspor

Amankan paspor Anda: Warga Indonesia memerlukan paspor untuk bepergian ke dan dari Meksiko. Jangan biarkan tergeletak di sekitar. Sebaliknya, amankan di brankas kamar hotel Anda.