fbpx

5 Alasan Singapura Pas Jadi Negara Tujuan untuk Lanjut Kuliah

Dear, anak rantau!

Apakah kamu pernah mendengar konsep salad bowl? Yap, konsep ini merupakan konsep kebudayaan mengenai integrasi dari berbagai budaya dalam satu wilayah tertentu. Awalnya, konsep ini berkembang di Amerika Serikat. Akan tetapi, ternyata, Singapura juga memiliki keadaan yang sama. Dalam artian, Singapura telah menjadi tempat pertemuan berbagai kebudayaan dari berbagai daerah, mulai dari Melayu, China, hingga India.

Nah, lalu apa hubungannya dengan Singapura sebagai negara yang tepat bagi kamu untuk melanjutkan kuliah? Berikut pembahasannya.

1. Negara berbahasa Inggris

anakrantau-singapura-multikultural
Sumber: Asiabiz.sg

Berhubung Singapura telah menjadi tempat bertemu orang-orang dari berbagai latar budaya, maka Bahasa Inggris mau tidak mau digunakan sebagai bahasa untuk komunikasi. Apalagi, bahasa Inggris memang menjadi satu dari 4 bahasa nasional yang ditetapkan oleh Singapura.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir kesulitan berkomunikasi di negara ini karena kamu dapat mudah berinteraksi dengan seluruh warga Singapura. Lagipula, hampir semua institusi pendidikan tinggi di negara ini juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

2. Iklim yang sama dengan Indonesia

Biasanya, siswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri harus berupaya ekstra untuk menyesuaikan diri dengan iklim yang ada di sana. Kalau kamu berkuliah di Singapura, hal itu enggak akan berlaku, Anak Rantau.

Dengan letak geografis yang memang sangat dekat dengan Indonesia, maka otomatis iklim yang dimiliki oleh Singapura akan sama dengan Indonesia. Kamu tidak perlu khawatir akan syok terhadap lingkungan yang kamu tinggali.

3. Universitas terbaik di kawasan

National University of Singapore
Sumber: environmentjournal.online

Kualitas dari institusi pendidikan tinggi di Singapura memang patut diperhitungkan lho, anak rantau. Enam universitas di Singapura berhasil menduduki 20 peringkat teratas universitas terbaik di dunia, termasuk Nanyang Technological University (NTU) dan National University of Singapore (NUS).

Banyak yang mengatakan bahwa Singapura merupakan the most technology ready nation di dunia. Hal ini disebabkan oleh berbagai pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh Singapura, termasuk di semua institusi pendidikan di dalamnya.

4. Negara dengan kualitas hidup paling baik

Sebagai negara paling pintar dan aman di dunia, Singapura pas banget untuk dijadikan negara pilihan. Tahukah kamu, kamu akan dikenakan denda yang tidak sedikit apabila kamu membuang sampah sembarangan! Wah, disiplin sekali, ya.

Kemudian, Singapura juga menduduki posisi pertama untuk negara dengan kualitas hidup terbaik di Asia, dan posisi ke-6 di dunia. Yang akan membuat kamu jadi lebih betah adalah, Singapura memiliki sistem transportasi paling baik. Jarang sekali warga Singapura memiliki kendaraan pribadi karena pajak yang harus mereka bayarkan sangatlah tinggi.

5. Kesempatan bekerja yang tak terbatas

anakrantau-singapura-quality-of-life
Sumber: straitstime.com

Menurut Bank Dunia, Singapura merupakan negara paling mudah untuk melakukan bisnis. Tak heran apabila banyak sekali investor dan perusahaan yang menanamkan modal di negara ini. Dengan demikian, ketika kamu lulus dari salah satu kampus di Singapura, kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan di negara ini akan terbuka lebar.

Selain semua alasan di atas, nyatanya biaya hidup di Singapura akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan negara-negara di Kawasan lainnya, seperti Eropa, Amerika, maupun Australia. Jadi, tunggu apalagi, anak rantau? Singapura menunggu kehadiranmu, lho.


Ingin mengetahui cerita lain di Singapore?