Daftar Sekolah Fashion Terbaik di Dunia!

Salah satu perubahan cepat yang dinanti-nanti bahkan dirayakan oleh beragam selera masyarakat di dunia ini adalah soal mode atau fashion. Banyak gelaran festival atau fashion show yang dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada seniman mode yang telah produktif dalam merakit beragam karya di berbagai musim dan keadaan. Sesuai perkembangan dan meningkatnya permintaan pasar terhadap beragam jenis mode, siapapun berhak dan memiliki peluan untuk berkarya di bidang ini.

Melalui fashion schools, kamu akan belajar mengenai lapisan aspek industri mode, keterampilan teknis dan pemahaman kuat tentang mode, perkembangan historis mode, trend saat ini, hingga isu-isu kontemporer seputar mode. QS World University Rankings merilis beberapa nama dari sekian banyak sekolah mode terbaik di dunia lho!

1. Bunka Fashion College, Jepang

Bunka Fukuso Gakuin merupakan salah satu sekolah kejuruan di bidang fashion yang terkenal dan berpusat di Shinjuku. Tokyo. Di dalam program kejuruannya Bunka berfokus pada bidang Fashion Design, Fashion Technology, Fashion Marketing and Distribution, dan Fashion Accessories and Textile. Saat ini Bunka telah tersebar lebih dari 70 cabang di seluruh Jepang.

2. Parsons, The New School of Design

Penggiat mode terkenal sekelas Marc Jacobs, Alexander Wang, Donna Karen, Jason Wu, dan Tom Ford merupakan lulusan Parson, The New School of Design yang mendiami wilayah New York City. Parsons menawarkan program fashion design, fashion studies, dan fashion marketing dengan pengajar yang sebagian besar bekerja di industri fashion pula.

3. London College of Fashion

Sumber: Studytabroad

Ada penggemar sepatu produksi rumah mode Jimmy Choo, salah satu lulusannya? London College of Fashion adalah satu-satunya perguruan tinggi di London yang fokus di bidang pendidikan mode, penelitin, dan konsultasi. Pada tahun 2018 Microsoft membuat kurikulum yang disesuaikan dengan London College of Fashion sehingga para peserta bisa belajar menggunakan teknologi terbaru, Internet of Things, dan kecerdasan buatan untuk inovasi mode yang terkait dengan perkembangan industri.

4. Instituto Marangoni

Sumber: Fashionista

Instituto Marangoni merupakan sekolah fashion legendaris dengan lulusan sekaliber Domenico Dolce-brand Dolce & Gabbana, Francho Moschino, dan Sebastian Gunawan. Tidak hanya diajarkan teori mengenai mode tetapi juga diberikan kesempatan dan akses untuk bersentuhan langsung dengan industri fashion. Instituto Marangoni merupakan sekolah mode Italia terbaik di dunia dengan produk kreatif dan inovatif.

5. Ecole de la Chambre Syndicale de la Couture Parisienne

Sumber: The Designer Studio

Kamu pencinta mode pasti tidak asing dengan brand sekelas Yves Saint Laurent atau Valintino, lulusan sekolah mode asal kota mode-Paris. Sekolah kejuruan ini lebih fokus kepada teknik fashion seperti design and technique, world-renowned coutoure, serta baccalaureate.

6. l’Ecole Supérieure des Arts et techniques de la Mode (ESMOD)

Sumber: ESMOD

ESMOD merupakan sekolah mode pertama sekaligus tertua di Perancis yang didirikan pada tahun 1841 yang telah membuka cabang di berbagai penjuru dunia, salah satunya Indonesia yang fokus utamanya adalah fashion business dan fashion design.

Banyak orang tertarik dengan mode tapi tidak bersungguh-sungguh untuk keinginannya. Ayo, pilih sekolah fashion impian kamu dan mengikuti jejak para designer terkenal!