fbpx

Yuk, Kuliah Gratis di China dengan China-AUN Scholarship 2020/2021

Selain Jepang dan Korea Selatan, China juga telah menjadi salah satu negara tujuan kuliah bagi para pelajar Indonesia. Pada tahun 2018, menurut statistik yang dikeluarkan oleh Ministry of Education, China, terdapat 492.185 pelajar asing di China. Dari Indonesia sendiri, ada sekitar 15.050 pelajar yang sedang menempuh pendidikan di negeri tirai bambu tersebut. Nah, apabila kamu ingin kuliah gratis di China, kamu bisa lho mendaftar China-AUN Scholarship 2020/2021.

Simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut.

Apa itu beasiswa China-AUN Scholarship 2020/2021?

Suasana di China - Beasiswa AUN-China 2020/2021
Suasana di China. Sumber: eduship.org

Untuk kamu yang ingin kuliah gratis di China, ada kabar baik untukmu. Pemerintah China lewat Kementerian Pendidikan mereka, menyediakan beasiswa penuh bagi pelajar dari negara-negara di ASEAN untuk menempuh studi di China. Tujuan adanya beasiswa ini adalah untuk meningkatkan pertukaran akademis serta pemahaman bersama antara China dengan negara-negara anggota ASEAN.

Tiap tahunnya, program beasiswa menawarkan 30 beasiswa dan dikhususkan untuk pelajar pasca sarjana. Berhubung beasiswa ini merupakan beasiswa penuh, maka biaya perkuliahan, akomodasi, tunjangan, dan asuransi kesehatan akan disediakan.

Lalu, beasiswa ini dapat diberikan pada jurusan dengan bahasa pengantar Inggris dan China. Untuk tenggat waktunya sendiri adalah sampai tanggal 31 Januari 2020.

Siapa yang bisa mendaftar?

Persyaratan untuk beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftar harus merupakan warga negara dari negara-negara anggota ASEAN. Hal ini tentu saja Indonesia masuk ke dalam kriteria.
  2. Memiliki kondisi kesehatan yang baik.
  3. Maksimal berumur 35 tahun untuk pendaftar program magister.
  4. Maksimal berumur 40 tahun untuk pendaftar program doktoral.

Bagaima cara mendaftarnya?

Ada dua pilihan prosedur yang bisa dilakukan oleh calon pendaftar:

  1. Mendaftar langsung ke Sekretariat AUN tanpa perlu memiliki Pre-admission Letter. Dalam hal ini, kandidat dapat memilih institusi yang diinginkan saat proses pendaftaran online.
  2. Mendaftar ke universitas tujuan untuk mendapatkan Pre-admission letter dan mendapatkan rekomendasi untuk menjadi penerima beasiswa China-AUN Scholarship 2020/2021.

Kemudian, kamu harus melengkapi formulir pendaftaran online di CGS Information Management System for Internatioal Students (silakan kunjungi https://www.csc.edu.cn/studyinchina atau http://www.campuschina.org dan klik “Application Online” untuk log in). Masukkan Application Form for Chinese Goverment Scholarship yang telah lengkap secara online. Jangan lupa untuk mencetak versi hard copy-nya.

Kamu diharapkan menghubungi Sekretariat AUN untuk mendapatkan informasi lanjut soal CGS Information Management System for International Students dan Agency number.

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah, memastikan bahwa seluruh dokumen pendaftaranmu telah masuk ke Sekretariat AUN sebelum tenggat waktu berakhir.

Perkuliahan di China - Beasiswa China-AUN 2020/2021
Suasana perkuliahan di China. Sumber: usnews.com

Dokumen apa saja yang harus disiapkan?

Ada beberapa dokumen yang harus kamu siapkan untuk mendaftar program beasiswa ini.

  1. Formulir pendaftaran yang ditulis dalam bahasa China atau Inggris.
  2. Ijazah yang sudah dilegalisasi. Untuk dokumen yang berbahasa selain China dan Inggris, harap sertakan terjemahannya yang sudah dilegalisasi.
  3. Transkrip akademik dalam bahasa China atau Inggris.
  4. Rencana studi atau proposal penelitian yang ditulis dalam bahasa China atau Inggris. Minimal sepanjang 800 kata.
  5. Dua surat rekomendasi yang juga ditulis dalam bahasa China atau Inggris.
  6. Melengkapi Foreigner Physical Examination Form. Untuk formulir berbahasa Inggris kamu bisa mengunduhnya di http://www.csc.edu.cn/studyinchina atau http://www.campuschina.org.
  7. Salinan dari Pre-admission Letter dari universitas tujuan (bila ada).
  8. Salinan dari HSK Certificate (sertifikat kemampuan berbahasa China) apabila ada.

Sekadar catatan, hanya pendaftar yang direkomendasikan oleh Sekretariat AUN yang akan dipertimbangkan.

Wah, cukup panjang juga ya, proses pendaftarannya. Apabila kamu merasa masih bingung, kamu bisa membaca informasi lebih lanjut soal beasiswa ini melalui tautan berikut ini.

Demikian informasi beasiswa China-AUN Scholarship 2020/2021 kali ini. Semoga berguna ya, Anak Rantau. Kamu juga bisa mencari kesempatan kuliah gratis di negara lain seperti Swedia melalui Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP) atau beasiswa di University of Oxford melalui Weidenfeld-Hoffman Scholarship 2020.

For Your Information

Apakah saya bisa kuliah gratis di China?

Dengan mendaftar beasiswa AUN-China Scholarship 2020/2021, kamu bis akuliah gratis di China.

Berapakah jumlah pelajar Indonesia di China?

Pada tahun 2018, menurut statistik yang dikeluarkan oleh Ministry of Education, China, terdapat 492.185 pelajar asing di China. Dari Indonesia sendiri, ada sekitar 15.050 pelajar.

Mengapa saya harus mendaftar China-AUN Scholarship 2020/2021?

Beasiswa China-AUN Scholarship 2020/2021 merupakan jenis beasiswa penuh yang meliputi biaya perkuliahan, akomodasi, tunjangan tiap bulan, dan juga asuransi kesehatan.

Bagaimana cara mendaftar China-AUN Scholarship 2020/2021?

Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut cara mendaftar serta persyaratan dari China-AUN Scholarship 2020/2021.