fbpx

Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Resmi Diterima Kuliah di Luar Negeri

Halo, Anak Rantau! Apakah kamu mendapatkan kabar gembira dari usahamu mendaftar kuliah di kampus impianmu? Tentu hal tersebut menjadi hari yang sangat menyenangkan bagimu. Lalu, perjalanan panjangmu pun akan resmi dimulai. Jadi, apa yang harus kamu lakukan setelah resmi diterima kuliah di luar negeri?

Sebelumnya, kami ucapkan selamat karena usahamu akhirnya membuahkan hasil. Mungkin kamu merasa hal tersulit yang akan kamu hadapi setelah ini adalah bagaimana caranya kamu beradaptasi di negara yang belum pernah kamu tinggali sebelumnya.

Akan tetapi, sebaiknya kamu juga menyiapkan hal-hal berikut ini supaya kepindahanmu menjadi lebih lancar.

Mempersiapkan visa dan pesan tiket pesawat

Sumber: studying-in-germany.org

Ketika kamu telah resmi diterima di kampus impianmu, maka kamu akan mendapatkan informasi dari pihak kampus tentang bagaimana caranya mendaftarkan visa beserta dokumen lain yang kamu butuhkan.

Yang harus kamu ingat, jangan menunda untuk segera membuat visa pelajarmu. Mengapa demikian? karena pembuatan visa dapat memakan waktu beberapa lama. Jadi, supaya tidak menghambat persiapan keberangkatanmu, cek situs resmi kedutaan besar negara kampusmu, dan carilah informasi lengkap mengenai visa pelajar yang kamu butuhkan.

Sebagai contoh, informasi soal pengajuan visa pelajar Amerika Serikat dapat kamu temukan di sini. Sedangkan, untuk visa pelajar Australia, kamu bisa mendapatkan informasinya di sini.

Ketika visamu telah diterima, maka kamu juga harus memesan tiket pesawat. Tentu kamu tidak ingin terlambat memesan tiket hingga kehabisan, bukan?

Putuskan di mana kamu akan tinggal

Kamar asrama di Kingston University. Sumber: medium.com

Tinggal di luar negeri memang akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Akan tetapi, jangan lupa untuk menyiapkan pilihan akomodasi yang akan kamu tinggali. Coba untuk mencari tahu apakah pihak universitasmu menyediakan asrama kampus atau sejenisnya.

Cari tahu detail mengenai harga, fasilitas, dan juga keterjangkauan dari akomodasi yang kamu pilih. Biasanya, kamu diharuskan mendaftar terlebih dahulu di situs resmi masing-masing universitas.

Kemudian, apabila kamu ingin mencari akomodasi di luar kampus, silakan lakukan riset terlebih dahulu supaya kamu bisa mendapatkan tempat terbaik untuk tinggal. Apabila kamu kesulitan, cobalah menghubungi kantor internasional dari pihak universitas atau bahkan perkumpulan pelajar Indonesia yang ada di kampus tujuanmu. Mereka bisa membantumu untuk menyelesaikan permasalahanmu itu.

Rencanakan pembayaran kuliahmu

Sumber: travel.thaivisa.com

Perbedaan kurs mata uang tentu bisa menjadi salah satu tantangan untukmu ketika akan membayar biaya kuliahmu. Biasanya, akan ada biaya transfer bank internasional dan biaya lainnya yang harus kamu bayarkan.

Meskipun biasanya kamu tidak perlu membayar hingga kamu bertemu dengan konselor akademikmu, kamu tetap harus memikirkan bagaimana caranya kamu membayar biaya kuliahmu itu.

Sebaiknya, kamu mencari tahu mitra pembayaran terpercaya di universitas tujuanmu. Hal ini akan memudahkanmu mencari jalan paling reliabel dan aman untuk melakukan pembayaran.

Berkemas secara cerdas

Sumber: stfxblog.wordpress.com

Satu hal yang pasti membayangi dirimu adalah, seberapa banyak barang yang harus kamu bawa ke kampusmu yang baru? Aturan pertama, hanya bawa barang-barang yang penting bagimu. Dengan adanya batasan bagasi pesawat dan juga belum tentu kamar asramamu nanti seluas samudra, maka kamu harus bisa berkemas secara cerdas.

Bawalah barang-barang yang memang perlu kamu gunakan selama kamu menempuh kuliah di universitas tersebut. Cari tahu juga fasilitas apa saja yang telah disediakan di asramamu. Sehingga, kamu tak perlu lagi membawa hal yang sama dari rumah.

Itulah beberapa hal yang harus kamu setelah resmi diterima kuliah di luar negeri. Kuliah di luar negeri merupakan suatu privilese yang luar biasa. Jadi, cobalah untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Kamu juga bisa membaca tips dan trik dari kami untuk memilih jurusan yang tepat di luar negeri.

For Your Information

Apa yang harus saya lakukan setelah resmi diterima kuliah di luar negeri?

Mempersiapkan keberangkatanmu ke luar negeri merupakan hal yang harus kamu lakukan. Bacalah artikel ini untuk mencari tahu detail apa saja yang harus kamu lakukan.

Apakah saya harus mendaftar visa pelajar?

Tentu. Apabila kamu resmi diterima, kamu harus segera mengurus visa pelajar supaya kamu mendapatkan izin tinggal di negara tujuanmu.

Bagaimana cara saya mendapatkan akomodasi ketika kuliah di luar negeri?

Hal yang satu ini menjadi salah satu hal yang harus kamu siapkan setelah resmi diterima kuliah di luar negeri. Bacalah artikel ini untuk tahu jawabannya lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?