fbpx

Upaya Carnegie Mellon University Mendukung Perempuan di Bidang Teknik

Keberadaan perempuan di bidang teknik sudah meningkat akhir-akhir ini. Apabila kita tarik lebih jauh, pada tahun 1960-an, keberadaan perempuan tidaklah begitu terlihat. Meskipun demikian, kita tidak dapat begitu saja bernapas lega karena keberadaan perempuan di bidang teknik masih memiliki banyak tantangan. Berikut akan kami ulas bagaimana Carnegie Mellon University hadir untuk mendukung perempuan di bidang teknik.

Semangat Carnegie Mellon University dalam mendukung perempuan

Burcu Akinci. Sumber: youtube.com

Burcu Akinci merupakan profesor di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan dari Carnegie Mellon University. Akinci sempat membagikan pengalamannya kepada Study International dan ia mengungkap bahwa ia sangatlah mendukung visibilitas perempuan di bidang teknik.

Akinci menyatakan bahwa ibunya merupakan role model bagi dirinya. “Cerita ibu saya membuat saya menghargai sejauh mana diversifikasi dari tenaga kerja di bidang teknik.”

Hal tersebutlah yang mendorong Akinci terus mengupayakan supaya perempuan nantinya dapat memiliki keterlibatan yang jauh lebih besar di bidang STEM. Di sinilah peran dari CMU hadir sebagai pioner.

Menurut Direktur Program Pascasarjana Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, David A. Vey, program teknik di MCU mengupayakan rasio gender hingga mencapai 50-50. 

Pada akhirnya, tercatat ada 43% perempuan yang masuk di program Sarjana Sekolah Teknik di CMU. Hal ini tentunya disambut dengan baik karena jumlah tersebut lebih dari dua kali lipat rata-rata nasional. Kemudian, untuk program pascasarjana, jumlah perempuan mencapai 48%.

Jumlah tersebut merupakan bukti komitmen CMU dalam mendukung perempuan untuk menempuh karir di bidang teknik lebih jauh.

Mengapa dunia butuh lebih banyak perempuan di bidang teknik?

Sumber: cmu.edu

Keberagaman tenaga kerja merupakan kunci untuk membuka solusi inovatif bagi berbagai isu yang signifikan. Isu berkelanjutan mungkin menjadi salah satu permasalahan yang paling butuh diperhatikan. Maka dari itu, dengan mengupayakan pemberdayaan perempuan di bidang teknik, hal tersebut menjadi salah satu cara untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Akinci menekankan bahwa inovasi dapat terjadi ketika beragam latar belakang dan sudut pandang disatukan. Maka dari itu, keberadaan dari sudut pandang perempuan dibutuhkan untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan.

Kesetaraan gender sangatlah penting di organisasi maupun industri di dunia. Perempuan memiliki pendekatan dan solusi yang berbeda dalam melhat suatu masalah. Hal inilah yang harus dijadikan patokan mengapa keberadaan perempuan sangat penting di bidang teknik.

Carnegie Mellon University merupakan salah satu universitas yang menjaga komitmennya dalam kesetaraan gender. Hal inilah yang membuat CMU begitu menarik untuk dijadikan universitas pilihanmu. 

Baca juga jejak para pemuan Indonesia di bidang STEM.

For Your Information

Mengapa perempuan penting dalam bidang teknik?

Pada dasarnya, perempuan bisa memberikan pandangan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah. Hal inilah yang menjadi penting.

Bagaimana Carnegie Mellon University mendukung keberadaan perempuan?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini

Ingin mengetahui cerita lain di Pennsylvania?