fbpx

University of Sydney Umumkan Komitmen Terhadap Isu Perubahan Iklim

University of Sydney merupakan satu dari sejumlah universitas terbaik di Australia. Berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings 2021, University of Sydney berhasil menduduki peringkat ke-40. University of Sydney juga berhasil mengungguli Harvard University dalam QS Graduate Employability Rankings 2020. Uniknya, University of Sydney ternyata juga memiliki komitmen terhadap isu perubahan iklim.

Komitmen University of Sydney

Sumber: twitter.com

Pada 26 Agustus 2020, University of Sydney mengumumkan komitmen mereka terhadap isu perubahan iklim. University of Sydney berkomitmen untuk melaksanakan strategi berkelanjutan untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini disebabkan oleh keinginan University of Sydney untuk memegang komitmen mereka dalam isu global satu ini.

Pernyataan komitmen dari University of Sydney tersebut pada dasarnya sejalan dengan rencana aksi yang dikeluarkan oleh United Nations’ Paris Agreement. Perlu diketahui bahwa komitmen tersebut bukan suatu hal yang mengherankan. Pasalnya, University of Sydney juga mendapatkan peringkat dalam Times Higher Education (THE) Impact Rankings.

Apa yang dimaksud dengan THE Impact Rankings? Secara singkat, THE Impact Rankings merupakan satu-satunya pemeringkatan universitas yang menggunakan indikator dari Sustainable Development Goals (SDGs). Untuk tahun 2020 ini, University of Sydney berhasil menduduki posisi kedua setelah University of Auckland. Secara spesifik, University of Sydney unggul dalam tujuan SDG ke-12, yakni konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Jadi, bukan suatu hal yang mengejutkan apabila University of Sydney memutuskan untuk memegang komitmen terhadap isu perubahan iklim.

Penting di tengah pandemi

Sumber: theaustralian.com.au

Wakil rektor dari University of Sydney, Dr. Michael Spence menyatakan bahwa sangatlah penting di tengah pandemi seperti ini untuk tidak melupakan tantangan yang dihadapi secara global. “Pandemi COVID-19 memang merupakan salah satu tantangan terbesar sekarang, tapi kita juga harus ingat bahwa isu perubahan iklim juga tetap menjadi ancaman,”ujar Dr. Spence.

Sustainability Strategy 2020 merupakan hasil diskusi selama 18 bulan yang dilakukan oleh University of Sydney bersama dengan lebih dari 1.100 akademisi, staf, dan mahasiswa. Pendekatan berbasis “living laboratory” digunakan untuk menyusun strategi ini.

Menurut Dr. Spence, salah satu tindakan aksi yang sangat penting dalam menangani isu perubahan iklim adalah melepaskan penggunaan bahan bakar fosil. 

“Kami berkomitmen untuk meninjau pendekatan universitas kepada investasi sebagai bagian dari strategi. Kemudian, kelompok yang terdiri dari akademis, ahli industri, staf profesional, dan pelajar akan mempertimbangkan pilihan yang potensial dan rekomendasi untuk kemudian dipresentasikan di depan Senat akhir tahun ini,” tambah Dr. Spence.

Dengan memegang komitmen yang ada, maka University of Sydney akan segera menerapkan asas keberlanjutan di seluruh lini yang ada, baik di segi penelitian maupun pendidikan. Kemudian, University of Sydney juga menyatakan bahwa langkah menghadapi perubahan iklim pada dasarnya membutuhkan kerja sama semua pihak, termasuk pemerintah, perusahaan, dan aktor masyarakat sipil, termasuk universitas.

Sejumlah target kunci yang ingin dicapai dalam strategi yang telah disebutkan adalah sebagai berikut:

  1. 100% energi terbarukan pada tahun 2025
  2. Mengurangi perjalanan udara hingga 20% pada tahun 2025
  3. Membuat kompos dari 80% limbah makanan pada tahun 2025
  4. Sama sekali tidak menggunakan plastik sekali pakai di kampus pada tahun 2030
  5. Mencapai sertifikasi gold di Sustainability Tracking, Assessment & Rating SYstem (STARS) pada tahun 2025.

Target lainnya dapat kamu baca di sini.

Pada akhirnya, University of Sydney sekali lagi berupaya menjadi pioner dalam menangani perubahan iklim. Tentunya, langkah ini diharapkan dapat diikuti oleh pihak-pihak terkait lainnya.

Baca juga ekoteknologi dari Mid Sweden University sebagai solusi dalam menanggulangi tantangan lingkungan.

For Your Information

Apa keistimewaan dari University of Sydney?

University of Sydney tercatat sebagai universitas terbaik di Australia, baik dalam bidang akademis maupun menghasilkan lulusan siap kerja. Selain itu, University of Sydney juga baru saja mengumumkan komitmen mereka terhadap isu perubahan iklim.

Apa saja target kunci dari University of Sydney?

Kamu bisa menemukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Sydney?