fbpx

MUST Faculty of Medicine, Sekolah Kedokteran Pertama di Makau

Macau University of Science and Technology (MUST) Faculty of Medicine baru saja dibuka pada musim gugur lalu. Yap, sekolah kedokteran pertama di Makau ini baru dibuka tepat sebelum pandemi COVID-19 melanda.

Meskipun termasuk baru di dunia pendidikan, MUST Faculty of Medicine telah berhasil mencetak beberapa capaian. Termasuk berupaya terlibat dalam merespons pandemi COVID-19 secara langsung.

Berhasil menyelesaikan tahun pertama

Manson Fok, dekan dari MUST Faculty of Medicine, menyatakan bahwa institusinya cukup beruntung bisa menyelesaikan kurikulum tahun pertama dengan lancar. Pelaksanaan ujian akhir dan wawancara mahasiswa baru pun berhasil dilaksanakan.

Hal ini disebabkan oleh tertibnya Pemerintah Makau dalam menangani pandemi COVID-19. Pada akhirnya, tujuan-tujuan dari MUST Faculty of Medicine tetap tercapai meski di masa sulit seperti sekarang ini.

“Untuk kurikulum, kami melakukan hal yang spesial. Secara paralel, kami menggunakan kursus sains dasar daring dari Harvard Medical School untuk mata kuliah seperti fisiologi dan biokimia,” ujar Profesor Fok. Ia juga menambahkan bahwa para mahasiswa berhasil mencapai 70% tingkat kululusan di kelas Harvard.

Ikut dalam penelitian merespons pandemi

Sumber: wfmj.com

Meskipun baru dibuka, MUST Faculty of Medicine telah ikut unjuk gigi dalam merespons pandemi COVID-19. Pada 15 Juni, bersama dengan Hong Kong Polytechnic University (PolyU), MUST meluncurkan sistem kecerdasan artifisial untuk membantu dokter dalam membedakan kasus pneumonia. Hal ini tentu digunakan sebagai dasar untuk merawat pasien COVID-19.

Pada dasarnya, sistem ini dibuat berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Kang Zhang, profesor kedokteran yang baru saja pindah ke MUST dari University of California, San Diego.

Profesor Zhang menyatakan bahwa alat AI yang diluncurkan ini berfungsi sebagai pelengkap kedokteran. Bukan sebagai pengganti dari dokter. Diharapkan, para dokter bisa memanfaatkan kemudahan yang diatwarkan oleh alat ini.

Saat ini, MUST sedang bekerja sama dengan Stanford University, Baylor University, dan University of Buffalo untuk menggunakan alat AI ini di Amerika Serikat. Otomatis, reputasi dari sekolah kedokteran muda ini terus meningkat.

Dukungan dari pemerintah juga menjadi faktor mengapa MUST mampu memegang peranan penting dalam menghapi pandemi COVID-19.

Itulah sedikit informasi dari sekolah kedokteran pertama di Makau. Meskipun baru saja dibuka, MUST telah menjadi salah satu intitusi pendidikan tinggi yang patut dipertimbangkan.

Baca juga kisah Nikko Akbar yang menempuh jurusan kedokteran di Chongqing Medical University, China.

For Your Information

Apa sekolah kedokteran pertama di Makau?

Sekolah kedokteran pertama di Makau ini merupakan bagian dari Macau University of Science and Technology

Apa saja pencapaian dari MUST Faculty of Medicine.

Baca pembahasan kami melalui artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Macau?