fbpx

Leiden University Tawarkan Gelar Hukum Hak Anak Internasional

“Children are majority in statistics but minority on social status in real world.”

Pembahasan mengenai anak tidak akan pernah ada habisnya.  Tak heran apabila kajian-kajian mengenai anak pun hadir untuk membahas lebih lanjut soal anak. Nah, tahukah kamu kalau Leiden University menawarkan satu-satunya gelar hukum di bidang hak anak internasional?

The Master of Laws: Advanced Studies in International Children’s Rights (LL.M) merupakan satu-satunya program yang menawarkan spesialisasi di bidang hak serta kepentingan terbaik bagi anak dari sudut pandang hukum. Program studi ini telah dinilai “sangat baik” oleh NVAO (Organisasi akreditasi Belanda dan Flandria).

Apa yang dipelajari?

anakrantau-hak-anak-internasional-1.jpg
Leiden University. Sumber: uceap.universityofcarolina.edu

Program studi ini meyediakan pengkajian lebih lanjut di bidang hak anak dan menaruh perhatian lebih dalam pada persinggungannya dengan berbagai bidang hukum. Kemudian, program ini juga menawarkan kajian yang multi-layer (melingkupi sistem hukum nasional, regional, dan internasional), dan juga interdisiplin. Hal ini dilakukan untuk mendalami isu apakah yang paling berdampak terhadap anak di dunia.

Selama berkuliah di sini, kamu setidaknya akan mempelajari hal-hal berikut ini:

  • Melihat hak anak internasional dari perspektif komparatif.
  • Mengkaji lebih dalam UN Convention on the Rights of the Child (UNCRC), instrumen hak asasi manusia (HAM) mengenai anak internasional yang paling cepat diterima dan diratifikasi, bersama dengan instrumen hukum lainnya yang berfokus pada hak dan kedudukan anak.
  • Menilai dampak dari hak anak internasional terhadap yurisdiksi domestik.
  • Menganalisis peran yang kompleks dari berbagai aktor (anak, orang tua, negara, dan aktor non negara), beserta hubungan di antara mereka dalam konteks legal.
  • Secara kritis merefleksikan potensi serta batasan dari standar legal dan internasional terkait proteksi hukum dari anak.

Mengapa program ini menjadi unik?

Ada beberapa alasan mengapa kajian hukum hak anak internasional dari Leiden University ini menarik. Berikut alasannya:

  • Satu-satunya di dunia. Program ini menjadi satu-satunya program di dunia yang menawarkan gelar hukum (LL.M) di bidang hak anak internasional.
  • Pengampu berpengalaman. Ketika kamu menjalani kuliah di program ini, maka kamu akan bertemu dengan para pengampu perkuliahan yang berpengalaman. Para staf akademik di program ini merupakan pakar hukum di bidang hak anak. Selain itu, kamu juga dapat berkesempatan mendapatkan kuliah umum dari orang-orang dari organisasi internasional yang berfokus anak, termasuk UN Committee on the Rigts of the Child. 
  • Suasana kelas yang beragam. Sebagai salah satu universitas yang menjunjung tinggi keberagaman, tidak heran apabila Leiden Law School juga menawarkan suasana kelas beragam. Akan banyak murid dari berbagai negara dalam satu kelas. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan lebih banyak perspektif ketika membahas isu anak secara global.

Siapa yang dapat menjadi bagian dari program ini?

anakrantau-hukum-hak-anak-internasional.jpg
Sumber: universiteitleiden.nl

Apabila kamu memang tertarik untuk belajar bagaimana mempromosikan serta melindungi hak anak, maka program ini merupakan program yang tepat. Untuk itu, maka kamu haruslah memenuhi salah satu persyaratan di bawah ini.

  1. Merupakan praktisi hukum.
  2. Memiliki gelar hukum.
  3. Memiliki gelar di tingkat yang setara dari disiplin lain dengan latar belakang yang cukup atau pemahaman tentang hukum.

Program master berdurasi dua tahun ini memang cocok apabila kamu betul-betul ingin mendalami kajian mengenai hak anak. Apalagi, untuk menunjang proses perkuliahan, Leiden University telah menjalin kemitraan dengan beberapa organisasi internasional dan regional yang mumpuni, sebagai contoh ada Child Rights Connect, Plan International United Nations Office in Geneva, UNICEF Nederland, dan Defence for Children International.

Demikianlah pembahasan mengenai program studi hukum di bidang hak anak internasional. Pada dasarnya, anak merupakan entitas yang rentan tapi juga memiliki agensi. Maka dari itu, penjaminan hak serta perlindungan bagi mereka harus ditegakknya setinggi-tingginya.


Ingin mengetahui cerita lain di Leiden?