fbpx

Kampus Musik dan Seni Unggulan Versi QS World University Ranking 2020

Pekerjaan musik dan seni menjadi prospek yang dilirik saat ini. Banyak artis besar yang mengenyam pendidikan di kampus musik dan seni unggulan sebelum memulai karier. Jika kamu memiliki minat di bidang ini, maka tidak ada salahnya kamu mencari info kampus musik ternama. Berdasarkan akreditasi QS World Ranking 2020, berikut profil 5 sekolah musik dan seni unggulan di luar negeri.

1. The Juilliard School, Akademik Musik dan Seni Terbaik di Dunia!

Sumber: Youtube

Kampus ini merupakan sekolah musik dan seni paling bergengsi di dunia, loh! Buktinya, sekolah musik unggulan ini menduduki peringkat pertama di akreditasi versi QS World Ranking 2020. Juilliard School merupakan sekolah musik yang terletak di Lincoln Center for The Performing Arts, New York, Amerika Serikat.

Sekolah ini terdiri dari 3 departemen, yaitu musik, dance, dan drama. Peminat harus mendaftarkan diri secara mandiri melalui situs resminya. Kamu dapat memilih sesuai minat program yang terdiri dari Pre-College, Summer Program, dan Music Advancement Program. Lulusannya akan mendapatkan gelar Bachelor of Fine Arts.

Sehubungan dengan merebaknya virus Covid 19 di Amerika Serikat, maka pembelajaran menjadi online. Jika kamu bosan selama karantina di rumah, cobalah melipir ke kanal youtube The Juilliard School untuk menonton konten-konten gratis teknik dance dari instruktur tari profesional. Hmm, sekalian melenturkan badan, nih!

Alumni penting : Robin Williams (Stand Up Comedian), Kevin Spacey (Actor), Nina Simone, Brian J.Smith.

2. University of Music and Performing Arts Vienna, Sekolah Musik dan Seni di Austria

Sumber: https://ifpnews.com/

Sekolah musik unggulan di dunia selanjutnya terletak di negara Austria, kota Vienna. University of Music and Performing Arts Vienna ini menempati urutan ke dua pada kategori sekolah musik terakreditasi QS World Ranking 2020. Universitas ini memiliki 3 peminatan, yaitu art and music, teater, dan film dan 24 departemen.

Para mahasiswa berasal dari 70 negara di dunia. Akan tetapi, sehubungan dengan pandemi Covid-19 di seluruh dunia, maka kampus ditutup sementara waktu. Jika ingin merasakan sekolah seni terbesar di dunia, maka kamu dapat mendaftar secara online dengan mengikuti langkah-langkah di sini.

Alumni penting: David W. Guion, Claudio Abbado, Alfred Jerger, Walter Taussig

3. Belajar Musik di Royal College of Music, Inggris

Royal College of Music
Sumber: Flickr.com

Mengenyam pendidikan musik di kampus terbaik di Inggris merupakan pengalaman yang sangat berharga. Royal College of Music merupakan kampus seni dan pertujukkan nomor satu di Inggris. Kamu bisa kuliah di sana dengan beasiswa penuh jika rajin ikut kompetisi seni. Lulusannya akan mendapatkan gelar sarjana (S1).

Kampus ini membuka pendaftaran secara online melalui melalui UCAS Conservatoires. Selain itu, kampus musik bergengsi ini juga memiliki tempat audisi di Asia dan Amerika Serikat, sehingga memudahkan banyak pelamar internasional untuk melakukan audisi lebih dekat ke rumah jika memungkinkan.

RCM juga memiliki kemitraan pertukaran dengan universitas dan konservatori di seluruh dunia. Aplikasi untuk pertukaran dapat dilakukan di institusi asal. Supaya kamu tidak ketinggalan info, mampirlah ke situs resminya di sini.

Alumni penting: Isyana Sarasvati, Edward Benjamin Britten, Collin Davis, Thomas Allen

4. Jurusan Fine Art Juga Ada di University of Oxford

Oxford: University Museum (Oxfordshire)
Sumber: Flickr.com

Siapa bilang Oxford hanya berisi jurusan sosial dan eksakta? Kampus terbaik di dunia ini juga memiliki jurusan seni yang bergengsi, loh! Oxford bekerja sama dengan The Ruskin School of Art menawarkan kursus seni kontemporer selama 3 tahun. Lulusannya akan mendapatkan gelar sarjana (S1). Wah, mantap, ya!

Pendaftarannya dilakukan secara online melalui UCAS. Bagi kamu yang berminat, siap-siap karena pendaftaran 2021 akan dibuka September tahun ini. Tenggat waktunya hingga 15 Oktober jam 06.00 sore waktu London. Supaya lebih jelas, ikuti informasinya di situs resminya, ya!

5. Royal Academy of Music, Akademi Musik dan Seni Tertua di Inggris

Sumber: https://london.ac.uk/

Sekolah musik unggulan di dunia yang terakhir adalah Royal Academy of Musik. Kampus asal Inggris tersebut berhasil menempati urutan ke lima dalam QS World University Ranking 2020 untuk jurusan seni. Kampus ini merupakan konservatori tertua di Inggris.

Universitas seni bergengsi ini akan membuka pendaftaran 2021 pada Juli hingga 1 Oktober untuk sebagian audisi di London pada bulan Desember dan untuk pusat audisi di Australia dan Asia Timur.

Terdapat batasan usia, yakni minimal berusia 18 tahun per 31 Desember 2020 saat dinyatakan lolos tes. Supaya tidak ketinggalan info, pantau lini masa pada situs resminya, ya! Terdapat notifikasi dan tanggal penting untuk setiap audisi di semua negara yang bersangkutan.

Itulah 5 sekolah musik dan seni unggulan versi QS World University Ranking 2020. Adakah sekolah idaman kamu? Meskipun sedang pandemi Covid-19, akan tetapi kita tetap harus produktif mencari informasi beasiswa dan sekolah, ya! Semoga kita bisa beraktivitas normal kembali, cheers!

Ingin mengetahui cerita lain di London?