fbpx

Dari Oxbridge Hingga SKY, Berikut Poros Pendidikan yang ada di Dunia

Tidak dapat dipungkiri bahwa dewasa ini terdapat poros pendidikan di seluruh dunia. Poros pendidikan yang dimaksud di sini adalah sekelompok universitas yang sering kali dijadikan satu kelompok–baik sengaja maupun tidak, dan menunjukkan reputasi dari masing-masing universitas yang tak terbantahkan. Kira-kira, ada kelompok mana saja yang ada, ya?

Oxbridge

Sumber: legalcheek.com

Oxbridge merupakan julukan bagi universitas tertua dan paling terkenal yang ada di Inggris, yakni University of Oxford dan University of Cambridge. Kedua intitusi ini dikenal sebagai kampus paling prestisius dan bereputasi tinggi di Inggris.

Mengapa terlihat begitu prestisius? Karena, untuk menjadi mahasiswa di kedua universitas ini, kamu setidak-tidaknya harus memiliki nilai yang sempurna. Hal ini akan berhubugan dengan jalannya perkuliahan yang diterapkan oleh institusi yang berusia lebih dari 800 tahun tersebut.

Ivy League

Sumber: thedp.com

Kalau kamu ingin berkuliah di Amerika Serikat, maka kamu akan familiar dengan istilah kampus Ivy League. Pada dasarnya, Ivy League merupakan sebutan bagi sejumlah universitas paling presitisius di Amerika Serikat. Masing-masing universitas yang ada di kelompok ini memiliki sejarah yang sangat menarik dan penting dalam pendidikan tinggi di Amerika Serikat.

Terdapat 8 universitas yang termasuk ke dalam kampus Ivy League, yakni sebagai berikut:

  1. Harvard University, Massachusetts
  2. Yale University, Connecticut
  3. Princeton University, New Jersey
  4. Columbia University, New York
  5. Brown University, Rhode Island
  6. Dartmouth College, New Hampshire
  7. University of Pennsylvania, Pennsylvania
  8. Cornell University, New York

Ivy League Asia

Tak mau kalah dengan Amerika Serikat, ternyata ada juga yang dinamakan Ivy League Asia. Jelas, istilah ini merujuk pada universitas-universitas yang memiliki reputasi tinggi di Asia.

Yang termasuk ke dalam daftar Ivy League Asia adalah sebagai berikut:

  1. Tsinghua University, China
  2. University of Tokyo, Jepang
  3. Peking University, China
  4. Seoul National University, Korea Selatan
  5. University of Hong Kong, Hong Kong
  6. National University of Singapore (NUS), Singapura

SKY University

Sumber: youtube.com

Di Korea Selatan, ada tiga universitas yang menjadi universitas paling top. Ketiga universitas ini kerap mendapat julukan sebagai SKY University. Ketiga universitas ini merupakan gabungan antara kampus idaman masyarakat Korea hingga salah satu universitas yang tertua di Korea.

Ketiga universitas tersebut adalah Seoul National University, Korea University, dan juga Yonsei University.

Demikianlah pembahasan kami tentang poros-poros pendidikan yang ada di dunia. Pada dasarnya, masing-masing kawasan memiliki ciri khas masing-masing. Begitu pula dengan masing-masing poros pendidikan perguruan tinggi ini. Apakah kamu setuju, Kawan Rantau?

Kamu juga bisa membaca pembahasan kami mengenai pebedaan dari Harvard dan juga Stanford University.

For Your Information

Apa itu poros pendidikan dunia?

Poros pendidikan yang dimaksud di sini adalah sekelompok universitas yang sering kali dijadikan satu kelompok–baik sengaja maupun tidak, dan menunjukkan reputasi dari masing-masing universitas yang tak terbantahkan.

Apa itu Oxbridge?

Oxbridge merupakan julukan bagi universitas tertua dan paling terkenal yang ada di Inggris, yakni University of Oxford dan University of Cambridge. Kedua intitusi ini dikenal sebagai kampus paling prestisius dan bereputasi tinggi di Inggris.

Apa poros pendidikan dunia selain Oxbridge?

Baca pembahasan mengenai poros pendidikan dunia lainnya di artikel ini.