Berhasil Hadapi Persaingan, 5 Universitas Tertua di Dunia Ini Tetap Bertahan!

Menjamurnya lembaga pendidikan tinggi di berbagai negara tentu sudah ditenggarai semenjak ratusan tahun yang lalu. Selama perkembangannya, setiap instansi pendidikan tinggi diuji eksistensinya dengan berbagai macam tolak ukur. Dalam beberapa kasus, banyak lembaga pendidikan tinggi yang bubar atau terpecah menjadi beberapa universitas bagian hingga bertahan dan memperoleh pengakuan.

Lembaga pendidikan tinggi yang sudah berusia ratusan tahun dan masih tetap berdiri kokoh hingga saat ini tidak hanya mengandalkan sejarah perjalanan mereka saja tetapi juga pengukuhan dan pembuktian terhadap kemampuan mereka beradaptasi dengan paham modern dan tetap bertahan dengan keunikannya di tengah persaingan ketat.

Dilansir dari topuniversity.com, berikut daftar lima universitas tertua di dunia.

1.   University of Bologna

Sumber: Jeduka.com

Berlokasi di Bologna, Italy, University of Bologna menduduki peringkat  177 versi QS World University Rankings 2020. Berdiri semenjak tahun 1088, intansi pendidikan tinggi ini dinisbahkan sebagai yang tertua di dunia dengan motto “Nourshing Mother of the Studies”.

2.   University of Oxford

Sumber: The Tab

Legenda kampus Oxford sudah mendunia dengan deretan alumni peraih nobel, perdana menteri, hingga ilmuwan fisika sekelas Sir Stephen Hawking. Menduduki posisi ke-4 di dunia versi QS World Rankings 2020, University of Oxford diperkirakan sudah berdiri semenjak tahun 1096 hingga 1167.

3.   University of Salamanca

Sumber: Itinari

University of Salamanca dinobatkan sebagai instansi pendidikan tinggi tertua di Spanyol-setelah University of Palencia dibubarkan-yang berdiri semenjak tahun 1134. Salah satu peristiwa yang melegenda di universitas ini adalah ketika Christopher Columbus mengajukan kasus untuk memperoleh dukungan dari kerajaan terkait ekspedisi Hindia-Belanda di akhir abad ke-15.

4.   University of Paris

Sumber: WorldAtlas.com

Dikenal dengan istilah “la Sorbonne”, University of Paris didirakan antara tahun 1160 dan 1250 dan operasional akademisinya sempat ditangguhkan pada tahun 1793 dan 1896 akibat Revolusi Perancis.

5.   University of Cambridge

University of Cambridge sudah berdiri semenjak tahun 1209 dan terkenal dengan persyaratan masuk universitas paling ketat di Britania Raya. Didirakan oleh sarjana yang melarikan diri dari University of Oxford karena pertengkaran dengan penduduk lokal, maka istilah Oxbridge telah melekat dengan sejarah kompetisi kedua universitas terkemuka ini.

Bertahan dan tetap berprestasi di tengah gempuran arus globalisasi sangatlah tidak mudah, terutama untuk instansi pendidikan tinggi yang harus fleksibel menyususn metode pembelajaran dari masa ke masa. Patut kita acungi jempol tentunya ya!