fbpx

THE World Reputation Rankings 2020 Dirilis: Harvard Kembali Unggul

THE World Reputation Rankings 2020 baru saja dirilis. Pemeringkatan satu ini didasarkan pada survei yang dilakukan pada sejumlah akademisi senior mengenai reputasi universitas-universitas di dunia. Pemeringkatan pada tahun 2020 telah meluas dengan melibatkan 200 universitas dalam daftar yang ada. Hal ini menjadikan THE World Reputation Ranking sebagai penilaian paling komprehensif dalam skala global.

Harvard kembali unggul

Sumber: amazngwallpapers.blogspot.com

Harvard University berhasil menduduki peringkat pertama untuk 10 tahun terakhir. Universitas-universitas lainnya di Amerika Serikat juga berhasil mendominasi pemeringkatan ini. 

Untuk daftar 10 besar, pada dasarnya masih tetap diduduki oleh universitas yang sama seperti tahun lalu, dengan pengecualian University of Tokyo yang berhasil naik satu peringkat ke peringkat 10. Sedangkan, University of Chicago jatuh dua peringkat ke peringkat 12.

Apakah reputasi universitas penting pada saat pandemi?

Sumber: thebuc.ca

Andrea Farquhar, wakil ketua urusan komunikasi publik dan McMaster University menyatakan bahwa reputasi universitas masih sangat dipertimbangkan pada saat pandemi. Andre mengatakan bahwa keberanian McMaster dalam mengalihkan perkuliahan sepenuhnya menjadi daring dapat meningkatkan reputasi dari McMaster sendiri.

“Kami berupaya untuk menjadi sestabil mungkin,” ujar Andrea. “Semua hal menjadi sulit untuk semua orang. Sangatlah sulit untuk melaksanakan perkuliahan daring. Akan tetapi, kami tidak ingin suatu bentuk ketidakstabilan membuat para pelajar merasa tidak tenang.

Pada saat pandemi seperti ini, Andrea menekankan bahwa stabilitas dan komunikasi yang jelas dari universitas menjadi kunci penting untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan reputasi dari universitas. 

“Setiap universitas akan menghadapi kasus. Akan tetapi, bagaimana kita merespons kasus tersebut lah yang akan dilihat dan dinilai oleh para pelajar,” jelas Andrea.

Dengan demikian, pada masa pandemi seperti ini, reputasi dari universitas menjadi lebih rentang. Kesalahan langkah yang diambil oleh universitas dapat mengakibatkan reputasi dari universitas tersebut menurun dan bahkan tidak lagi dipercaya oleh calon pelajar.

Daftar 10 universitas dengan reputasi terbaik versi THE

Berikut merupakan daftar 10 universitas dunia yang memiliki reputasi terbaik versi THE World Reputation Rankings 2020:

  1. Harvard University, Amerika Serikat
  2. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat
  3. Stanford University, Amerika Serikat
  4. University of Cambridge, Inggris
  5. University of Oxford, Inggris
  6. University of California, Berkeley, Amerika Serikat
  7. Princeton University, Amerika Serikat
  8. Yale University, Amerika Serikat
  9. University of California, Los Angeles, Amerika Serikat
  10. University of Tokyo, Jepang

Baca juga pemeringkatan THE Young University Rankings 2020 yang dipimpin oleh HKUST dan NTU.

For Your Information

Apa itu THE World Reputation Rankings?

THE World Reputation Rankings 2020 baru saja dirilis. Pemeringkatan satu ini didasarkan pada survei yang dilakukan pada sejumlah akademisi senior mengenai reputasi universitas-universitas di dunia. Survei tersebut digunakan untuk menilai penelitian serta pengajaran dari suatu universitas.

Siapa universitas yang unggul dalam THE World Reputation Rankings 2020?

Harvard berhasil unggul untuk 10 tahun berturut-turut.

Universitas mana saja yang memiliki reputasi terbaik versi THE?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Boston?