fbpx

THE Asia University Rankings 2020 Rilis! Tsinghua Kembali Memimpin

Pada 3 Juni 2020, Times Higher Education (THE) baru saja merilis THE Asia University Rankings 2020. Tentu saja, pemeringkatan ini digunakan untuk memetakan peringkat universitas-universitas yang berada di Asia.

Kali ini, China menjadi rumah bagi dua universitas terbaik di THE Asia University Rankings 2020. Hal tersebut diikuti oleh Singapura, Jepang, dan juga Hong Kong.

Nah, kali ini kami akan membahas 10 universitas terbaik di Asia versi THE Asia University Rankings 2020.

10. University of Science and Technology of China (China) dan Sungkyunkwan University (Korea Selatan)

Posisi ke-10 dalam pemeringkatan ini diduduki oleh University of Science and Technology of China (USTC) dan Sungkyunkwan University (SKKU). Kedua universitas ini menunjukkan performa yang baik dan berhasil menduduki posisi yang sama.

Sumber: en.ustc.edu.cn

USTC memang merupakan salah satu universitas ternama di China. Universitas ini didirikan sebagai bentuk strategi memenuhi kebutuhan akan sains dan teknologi China untuk menghadapi dunia yang kompetitif.

Sumber: timeshighereducation.com

Di lain sisi, SKKU telah berdiri sejak awal pemerintah Dinasti Joseon, yakni pada tahun 1398. Dengan demikian, SKKU merupakan universitas tertua di Kawasan Asia Timur. SKKU hadir bukan hanya sebagai tempat untuk mendidik pemimpin masa depan, tapi juga mendorong siswanya untuk berkontribusi pada masyarakat.

9. Seoul National University (Korea Selatan)

Sumber: studyinternational.com

Termasuk ke dalam SKY University, tentu Seoul National University menjadi universitas incaran di Korea Selatan. Berdiri sejak tahun 1946, tingkat persaingan untuk masuk ke SNU sangatlah ketat. SNU hanya menerima 2.5% siswa Korea yang mengikuti ujian masuk universitas nasional.

Bagi mahasiswa internasional, SNU akan membuka pendaftaran setiap bulan Maret dan September.

8. Chinese University of Hong Kong (Hong Kong)

SumbeR: studyinchinas.com

Chinese University of Hong Kong (CUHK) telah berdiri sejak tahun 1963. Universitas ini berfokus pada penelitian dengan visi dan misi menggabungkan tradisi dan modernitas. Pada akhirnya, CUHK berupaya untuk mempertemukan budaya China dan barat

Kampus CUHK memiliki luas sekitar 137.3 hektare. Hal ini menjadi CUHK sebagai kampus terluas dan terhijau di Hong Kong.

7. University of Tokyo (Jepang)

Sumber: sciencemag.com

University of Tokyo merupakan kampus incaran para pelajar Jepang maupun internasional. Universitas ini memiliki 5 kampus yang terletak di Hongò, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano.

Telah berdiri sejak tahun 1877, University of Tokyo menjadi universitas negeri pertama di Jepang. Universitas ini menawarkan berbagai disiplin ilmu baik untuk jenjang sarjana maupun pascasarajna.

6. Nanyang Technological University (Singapura)

Sumber: archdaily.com

Sebagai salah satu universitas terbaik di Singapura, Nanyang Technological University (NTU) terus berupaya meningkatkan performanya. Sekarang ini, NTU memiliki 33.000 mahasiswa sarjana dan pasca sarjana di berbagai fakultas, mulai dari teknik, bisnis, sains, humaniora, seni, hingga ilmu Sosial.

Salah satu hal yang menarik dari NTU adalah, sekolah kedokteran NTU, Lee Kong Chian School of Medicine merupakan bentuk kerja sama antara NTU dengan Imperial College London.

5. Hong Kong University of Science and Technology (Hong Kong)

Sumber: webstarbd.com

Pada tahun 1989, pemerintah Hong Kong melihat kebutuhan akan universitas yang berfokus untuk mendukung ambisi masa depan Hong Kong. Ambisi tersebut bukan hanya tentang menjadi pusat keuangan dunia, tapi juga pusat peningkatan pengetahuan, pertumbuhan ekonomi, dan pengaruh.

Maka dari itu, pada akhirnya Hong Kong University of Science and Technologi (HKUST) hadir untuk mewujudkan ambisi tersebut.

4. University of Hong Kong (Hong Kong)

Sumber: linkedin.com

Selain HKUST, University of Hong Kong juga mendapatkan posisi dalam THE Asia University Rankings 2020. University of Hong Kong (HKU) berhasil menduduki posisi keempat.

Hingga sekarang, HKU terus mendapat pengakuan internasional karena pencapainnya di bidang penelitian. Pada tahun 2003, HKU berhasil mengidentifikasi virus Corona yang menyebabkan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Pada akhirnya, HKU terus menarik minat para pelajar, baik lokal maupun internasional.

3. National University of Singapore (Singapura)

Sumber: globalgradeshow.com

Pada tahun ini, National University of Singapore (NUS) harus rela menduduki posisi ketiga dalam pemeringakatan THE. Sebelumnya, pada tahun 2016-2018, NUS terus berada pada posisi pertama

Meskipun demikian, NUS masih menunjukkan performa terbaiknya sebagai universitas kenamaan di Kawasan Asia. NUS selalu berupaya untuk terus berinovasi demi dunia yang lebih baik.

2. Peking University (China)

Sumber: eduopinions.com

Menduduki posisi kedua, Peking University hadir dengan kualitas penelitian yang terus meningkat. Dengan demikian, universitas yang terletak di Beijing ini menjadi pioner bagi inovasi dan pembangunan di China.

Hingga sekarang, Peking University menjadi pusat penelitian berbagai subjek, mulai dari ilmu alam dan terapan, ilmu sosial dan humaniora, kedokteran, manajemen, hingga pendidikan.

1. Tsinghua University (China)

Sumber: tsinghua.edu.cn

Tsinghua University berhasil mempertahankan posisinya sebagai universitas terbaik di Asia. Universitas yang berbasis di Beijing ini sangatlah menghargai interaksi antara budaya China dengan Barat. Hal ini bisa dilihat dari arsitektur Tsinghua yang unik.

Tsinghua telah berdiri sejak tahun 1911 dengan nama Tsinghua Xuetang. Sejak saat itu, Tsinghua terus berkembang dan menjadi universitas paling prestisius di China daratan.

Demikianlah daftar 10 universitas terbaik di Asia versi THE Asia University Rankings 2020. Tentunya, universitas-universitas di atas menjadi universitas paling prestisius dan favorit di Asia.

Baca juga hasil pemeringkatan Japan University Rankings 2020.

For Your Information

Apa itu THE Asia University Rankings?

Pada 3 Juni 2020, Times Higher Education (THE) baru saja merilis THE Asia University Rankings 2020. Tentu saja, pemeringkatan ini digunakan untuk memetakan peringkat universitas-universitas yang berada di Asia.

Siapa yang mendapat posisi pertama dalam THE Asia University Rankings 2020?

Tsinghua University berhasil menduduki posisi pertama untuk kedua kalinya.

Universitas mana saja yang masuk daftar 10 universitas terbaik?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?