Termasuk di NTU, Inilah 5 Jurusan Teknik Eletro Terbaik di Asia

Banyak yang bilang dengan semakin berkembangnya teknologi, maka jurusan teknik elektro menjadi salah satu penopang kemajuan. Hal ini semakin didukung dengan kepercayaan masyarakat terhadap masa depan yang cerah dari para lulusan teknik elektro. Lalu, dimanakah jurusan teknik elektro terbaik di Asia?

The Hong Kong University of Science and Technology – Hong Kong

Jurusan teknik elektro terbaik Asia - HKUST
HKUST, Hong Kong. Sumber: opengovasia.com

School of Engineering (SENG) dari The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST), merupakan fakultas terbesar di HKUST. Terdapat banyak sekali spektrum yang diajarkan di universitas ini, dan salah satunya yang terbaik adalah teknik elektro.

Kamu harus menjalankan masa perkuliahan selama 4 tahun untuk bisa mendapatkan gelar BEng in Electronic Engineering. Terdapat sejumlah program minor di dalam jurusan ini, yakni robotik, teknik energi berkelanjutan, dan teknologi informasi.

KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology – Korea Selatan

KAIST. Sumber: nahdlatululama.id

School of Electrical Engineering merupakan departemen terbesar di KAIST dan menjadi garda terdepan dari pengembangan teknologi. Tidak hanya di Korea, tapi juga di dunia.

Salah satu topik yang menarik di teknik elektro di KAIST adalah pembahasan mengenai hubungan antara kecerdasan artifisial dengan teknik elektro. Dengan meningkatkan penggunaan kecerdasan artifisial di berbagai bidang, tentu pembahasan ini menjadi sangat relevan.

The University of Tokyo – Jepang

Jurusan teknik elektro Asia terbaik - The University of Tokyo
Sumber: talken.co

Ingin belajar teknik elektro di jurusan pertama yang pernah ada? Maka kamu bisa memilih untuk kuliah teknik elektro di The University of Tokyo. Electrical and Electronic Engineering Course di universitas ini telah memiliki sejarah sejak tahun 1878 dan menjadi yang pertama di dunia.

Tsinghua University – China

Tsinghua University. Sumber: archdaily.com

Department of Electrical Engineering di Tsinghua University telah ada sejak tahun 1932. Sekarang ini, jurusan yang satu ini telah menjadi jurusan teknik elektro terbaik di Asia.

Keseluruhan penelitian di departemen ini kebanyakan akan berhubungan dengan elektronika, ilmu komputer, dan lainya. Hingga sekarang, ada sejumlah departemen yang lahir dari departemen ini, mulai dari ilmu komputer hingga teknik biomedis.

Nanyang Technological University (NTU) – Singapura

Jurusan Teknik Eletro Asia terbaik - NTU
NTU. Sumber: humanresourceonline.net

Rasanya, tidak akan lengkap rasanya apabila membahas sekolah teknik terbaik di Asia tanpa menyebut NTU. Berdasarkan QS World University Rankings by Subject 2019, teknik elektro dari NTU berhasil menduduki posisi keenam di dunia. Hal ini membuatnya menjadi jurusan teknik elektro terbaik di Asia.

Sebagai salah satu dari tiga departemen awal dari NTU, School of Electrical and Electronic Engineering menjadi kebanggaan di Asia. Di sini, kamu bisa mempalajari berbagai hal, mulai dari analisis Big Data, Sistem otomatis, biomedis da pelayanan kesehatan, dan juga kecerdasan artifisial.

Selain kelima jurusan di atas, kamu juga bisa mempertimbangkan Peking University (China), Seoul National University (Korea Selatan), atau National Taiwan University (Taiwan).

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang sekolah bisnis terbaik di Asia.

Mengapa kuliah teknik elektro?

Dengan semakin meningkatknya perkembangan teknologi, maka lulusan teknik elektro menjadi dibutuhkan.

Apakah saya bisa kuliah teknik elektro di luar negeri?

Mengapa tidak? Banyak sekali universitas-universitas di luar negeri yang menawarkan program ini. Bahkan, dapat dibilang bahwa program teknik elektro menjadi salah satu yang terbaik.

Di manakah jurusan teknik elektro terbaik di Asia?

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut, cobalah untuk membaca artikelnya berikut ini.