fbpx

Temukan Ribuan Skor Musik di Perpustakaan UCLA

Baru-baru ini, University of California, Los Angeles (UCLA) yang bekerja sama dengan Kaleidoscope Chamber Orchestra membuat sumber akses terbuka terbesar untuk karya musik kontemporer. Jadi, kamu bisa menemukan ribuan skor musik yang berguna bagi kamu yang mempelajari musik di perpustakaan UCLA.

Setidaknya, para komposer yang berasal dari 86 negara telah menyerahkan lebih dari 7.800 komposisi musik untuk dipublikasikan. Dari jumlah tersebut, ada sekitar 6.000 skor musik yang tersedia di eScholarship. Kabar baiknya, repositori musik ini dapat dibagikan kepada masyarakat umum.

Kaleidoscope sendiri didirikan oleh salah seorang alumni UCLA, Benjamin Mitchell. Mitchell sendiri merupakan seorang pemain klarinet profesional. 

Submisi skor musik ke perpustakaan UCLA

Sumber: dailybruin.com

Dilansir dari rilis resmi UCLA, untuk saat ini para komposer tidak perlu lagi membayar biaya pendaftaran untuk mendaftarkan skor musik mereka.

“Tahu ini, perpustakaan musik UCLA mendapatkan pendanaan dari Scholarly Communication Services untuk membebaskan biaya pendaftaran dan memberikan kesempatan bagi para komposer untuk menerbitkan karya mereka.”

Nantinya, para komposer ini tetap memegang hak cipta dari karya mereka. Kemudian, keuntungan lainnya yang didapatkan adalah, sekarang ini koleksi skor musik kontemporer terbesar di dunia telah tersedia.

Tentunya, bagi para musisi dan pelajar di mana saja bisa memanfaatkan skor musik untuk terus belajar. Pada akhirnya, upaya ini menjadi jalan untuk saling berbagi tanpa batas dalam hal pendidikan musik.

“Kerja sama ini memiliki potensi untuk mengubah cara berpikir kita mengenai penerbitan musik, peran dari perpustakaan, dan dampak dan aksesibilitas musik bagi para komposer,” ujar Matthew West selaku pustakawan dari UCLA.

Karya para pemenang Pulitzer juga tersedia

Michael Gilbertson. Sumber: sfgate.com

Apabila kamu termasuk pelajar sekolah musik yang sedang mencari skor musik di perpustakaan UCLA, kamu bisa menemukan berbagai karya yang luar biasa. Salah satunya adalah skor musik dari Michael Gilbertson, salah seorang finalis untuk Penghargaan Pulitzer tahun 2018 untuk kategori musik.

Tentu, karya-karya besar lainnya juga masih banyak tersedia di perpustakaan ini, Kawan Rantau. Apabila kamu penasaran, kamu bisa menemukan daftar koleksi skor musik tersebut di sini. Lalu, kamu bisa menjelajah lebih jauh repositori terbuka dari UCLA di sini.

Jadi, apakah kamu siap untuk terus memperdalam kemampuanmu di bidang musik? Mendapatkan skor musik secara tanpa batas tentu akan membantu kamu untuk terus berkembang. 

Baca juga pilihan sekolah musik dan seni unggulan versi QS World University Ranking 2020.

For Your Information

Bagaimana perpustakaan UCLA bisa menyediakan ribuan skor musik?

Baru-baru ini, University of California, Los Angeles (UCLA) yang bekerja sama dengan Kaleidoscope Chamber Orchestra membuat sumber akses terbuka terbesar untuk karya musik kontemporer.

Apakah skor musik ini dapat diakses secara umum?

Bisa, Kawan Rantau. Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di California?