fbpx

Hasil Survey Mahasiswa Internasional yang Terdampak Covid-19

Pandemi Covid-19 membuat banyak sektor mengalami kelumpuhan, termasuk pendidikan. Pandemi ini juga berdampak pada mahasiswa internasional yang sedang menimba ilmu di negara lain. Seperti apa dampaknya? Berikut ini survey mahasiswa internasional yang terdampak Covid-19.

Pada tanggal 5 Maret 2020, IIE (Institute of International Education) merilis survey mengenai dampak Covid-19 pada mahasiswa internasional dan program belajar luar negeri.

Dampak terhadap mahasiswa internasional

Sumber: https://unsplash.com/@northwoodn

Sebanyak 37% mahasiswa di seluruh dunia tidak dapat kembali ke kampus karena adanya penerapan pembatasan perjalanan.

Karena itu, pihak kampus dan institusi pendidikan terkait harus menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh serta memberikan kebijakan khusus tentang cuti dan pengembalian uang kuliah.

Dampak terhadap proses pendaftaran mahasiswa internasional

Sumber: https://unsplash.com/@nate_dumlao

Bukan hanya itu, pandemi Covid-19 juga mengganggu proses pendaftaran mahasiswa baru di 76% universitas dan institusi pendidikan untuk tahun akademik 2020/2021.

Sebagian besar kampus mengadakan proses rekrutmen dan tes online, memaksimalkan webinar dan kelas online, serta memperpanjang deadline dan menangguhkan pendaftaran mahasiswa baru.

Karena itu, bagi Kawan Rantau yang sedang berada dalam proses pendaftaran universitas, periksa kembali tanggal-tanggal penting lewat situs resmi masing-masing universitas, ya.

Nasib mahasiswa di luar negeri

Sumber: https://unsplash.com/@mann_pantoja

Mayoritas mahasiswa yang berada di China pada saat penerapan pembatasan perjalanan hingga lockdown sudah dievakuasi oleh negara masing-masing.

Selain itu, sebanyak 94% calon mahasiswa yang dijadwalkan melanjutkan kuliah tahun ini sudah menunda atau membatalkan keberangkatannya. Beberapa di antaranya bahkan mengganti negara tujuan belajar mereka.

Kawan Rantau, melalui survey ini kita dapat melihat bahwa Covid-19 cukup mempengaruhi proses belajar dan mobilitas mahasiswa internasional. Mungkin banyak juga di antara Kawan Rantau yang harus mengubah rencana akibat pandemi ini.

Namun, hal yang terpenting untuk saat ini adalah menjaga kesehatan. Pantau juga informasi terbaru dari kampus maupun program beasiswa yang kalian ikuti.

BACA JUGA: Dampak Covid-19 terhadap Visa para Pelajar Internasional.

Kawan Rantau juga bisa memanfaatkan masa-masa ini untuk menambah kemampuan baru, belajar, hingga mempersiapkan diri lebih maksimal untuk masuk ke universitas idaman saat pandemi Covid-19 berakhir.

For Your Information

Bagaimana dampak Covid-19 terhadap mahasiswa internasional?

Sebanyak 37% mahasiswa di seluruh dunia tidak dapat kembali ke kampus masing-masing karena adanya penerapan pembatasan perjalanan. Pihak kampus dan institusi pendidikan terkait harus menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh.

Bagaimana dampak Covid-19 terhadap proses pendaftaran mahasiswa internasional?

Sebagian besar kampus mengadakan proses rekrutmen dan tes secara online, memaksimalkan webinar dan kelas online, serta memperpanjang deadline dan menangguhkan pendaftaran untuk beberapa institusi.

Bagaimana nasib mahasiswa di luar negeri selama masa pandemi Covid-19?

Untuk mengetahui seputar hal ini, kamu dapat membaca artikelnya di situs Anak Rantau, ya!

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?