fbpx

Resolusi Akademis di Tahun Baru 2020 untuk Anak Rantau

Menyambut tahun baru 2020, apakah kamu memiliki resolusi yang ingin kamu capai di tahun ini? Mencoba untuk menentukan tujuan di awal tahun bisa menjadi motivasi bagimu nantinya. Maka dari itu, berikut rekomendasi kamu untuk resolusi akademis di tahun baru 2020. Semoga membantu kamu menjadi lebih baik, lagi.

Memperhatikan pola makan

Pola makan sehat - resolusi akademis tahun baru
Sumber: health.harvard.edu

Sebagai anak rantau, kerap kali kamu tidak memperhatikan pola makanmu. Makan makanan cepat saji dan kurang mengonsumsi buah serta sayuran seolah menjadi suatu hal yang biasa. Padahal, penting bagimu untuk memperhatikan pola makan karena apabila kamu salah mengaturnya, dapat menimbulkan risiko kesehatan yang cukup parah.

Ketika seseorang mengonsumsi banyak lemak dan gula, maka lama-kelamaan mereka tidak menyadari bahwa diri mereka telah kenanyang. Hal ini menyebabkan seseorang akan terus makan lebih banyak dan pada akhirnya berpengaruh pada kondisi tubuh. Anak kuliahan yang sedang merantau kerap kali makan seadanya dan tidak memperhatikan nutrisi dari apa yang mereka konsumsi.

Dengan demikian, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang penuh vitamin serta antioksidan. Hal ini setidaknya akan membantu kerja otakmu dan membuat tubuhmu menjadi lebih sehat. Otomatis, kegiatan perkuliahanmu pun akan menjadi lebih lancar.

Perbanyak olahraga

Resolusi akademis tahun baru
Olahraga di kampus. Sumber: gcmag.org

Akui saja sebagai anak rantau yang tinggal sendiri, kamu malah jarang berolahraga. Padahal, dengan kamu tidak berolahraga, tubuh kamu akan rentan sakit karena jarang bergerak. Apalagi, kamu pasti sering tidur malam untuk mengerjakan tugas atau rapat kegiatan lainnya. Jadi, akan sangat berguna bagi kamu untuk menyediakan sedikit waktu untuk berolahraga.

Tidak perlu harus pergi ke tempat fitness, kok. Kamu bisa melakukan olahraga seperti jogging di dalam kampus maupun berenang. Yang pasti, manfaatkan fasilitas kampus sebaik-baiknya.

Buat skala prioritas dan hindari mager

Resolusi akademis tahun baru
Sumber: betterhelp.com

Banyak mahasiswa yang pada dasarnya mager (malas gerak) atau procrastinate. Intinya, sih, suka menunda-nunda pekerjaan. Tentu ini akan menjadi salah satu resolusi akademis tahun baru yang harus kamu pertimbangkan. Lebih baik kamu untuk belajar menentukan skala prioritas.

Dalam artian, menentukan tugas mana yang paling krusial untuk dikerjakan terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga harus memperkirakan seberapa lama kamu dapat mengerjakan tugas tersebut. Hal ini akan membantu kamu supaya tidak mudah stress.

Dengan membuat skala prioritas, maka kamu juga akan belajar manajemen waktu. Kapan waktu yang tepat bagimu untuk belajar, bermain, maupun beristirahat. Dengan demikian, kualitas akademismu akan semakin baik dan kamu bisa berkonsentrasi lebih dalam ketika kamu mengikuti perkuliahan.

Demikian beberapa resolusi akademis tahun baru yang dapat kamu terapkan. Semoga, setelah liburan berakhir dan tahun perkuliahan dimulai, kamu akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

Baca juga Pelajaran Hidup dari Film-film Studio Ghibli untuk Anak Rantau

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?