fbpx

Mengenal Kota Pelajar Terbaik di Inggris Selain London

Setiap kota pasti memiliki ciri khas masing-masing. Begitu pula dengan kesan yang ditampilkan bagi para pelajar. Maka dari itu, QS World University Rankings tiap tahunnya mengeluarkan daftar kota-kota pelajar terbaik di dunia. Kali ini, kita akan membahas kota pelajar terbaik di Inggris selain London.

Oh, ya, sekadar catatan. London pada tahun ini berhasil menduduki posisi pertama dalam daftar kota pelajar terbaik di Inggris, bahkan dunia. Sebagai kota bernaungnya beberapa universitas tersohor di Inggris seperti University College London (UCL), Imperial College London, dan juga King’s College London, London berhasil menjadi kota favorit bagi para pelajar. Untuk kota-kota lainnya, mari simak daftar berikut ini.

Edinburgh

Edinburgh - Kota Pelajar Inggris
Sumber: booking.com

Di bawah London, ada Edinburgh yang berada di posisi ke-15. Edinburgh menjadi salah satu kota di Inggris dengan populasi pelajar internasional terbesar. Apalagi, didukung dengan adanya University of Edinburgh yang berada di peringkat ke-23 versi QS World University Ranking 2019. Tidak heran apabila ibukota dari Skotlandia ini layak mendapat peringkat tersebut.

Selain itu, biaya perkuliahan yang cukup terjangkau membuat Edinburgh menarik perhatian banyak pelajar ke kota ini.

Manchester

Manchester - Kota pelajar Inggris
Sumber: visitmanchester.com

Memilih Manchester sebagai kota tujuan kuliahmu juga merupakan pilihan yang tepat karena kota ini menduduki posisi ke-29 untuk kota pelajar terbaik. Berdasarkan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Totally Money pada tahun 2019, Manchester dinobatkan menjadi kota universitas paling terjangkau ke-3 setelah Bangor dan Nottingham.

Kemudian, kota yang terletak di barat laut Inggris ini sangat terkenal sebagai kota penghasil musisi. The Smiths, Joy Division, dan juga Oasis merupakan beberapa band yang berasal dari kota ini. Tak heran apabila kota ini menjadi pusat dari musik dan budaya di Inggris. 

University of Manchester menjadi universitas terbaik yang ada di Manchester.

Glasgow

Glasgow - Kota Pelajar inggris
Sumber: architecturaldigest.com

Glasgow terkenal sebagai kota terbesar dan juga paling beragam di Skotlandia. Tak heran bukan apabila kota ini berada di peringkat ke-39 untuk kota pelajar terbaik. Apabila kamu ingin mempelajari kebudayaan Skotlandia lebih dalam, maka kamu bisa langsung mendatangi Glasgow. Banyak sekali museum dan galeri seni di kota ini yang menawarkan hal tersebut.

Salah satu universitas favorit yang ada di kota ini adalah University of Glasgow yang menduduki peringkat ke-67 menurut QS World University Rankings 2020.

Coventry

Coventry - Kota Pelajar Inggris
Sumber: cv.library.co.uk

Menempati posisi ke-47, Coventry menjadi tempat bernaungnya Coventry University dan University of Warwick. Uniknya, kota yang satu ini sangat menerima datangnya pelajar asing. Sekitar 42% siswa dari jumlah pendaftar di Coventry adalah pelajar asing.

Nilai tambah lainya dari kota ini adalah, Coventry berhasil menjadi kota penghasil lulusan yang mudah mendapat pekerjaan. Hal ini disebabkan reputasi yang baik dari universitas yang ada di kota ini beserta dengan sejarah panjang yang dimiliki mengenai manufaktur dan desain.

Selain kota-kota di atas, ada juga Nottingham, Birmingham, Newcastle, dan juga Aberdeen yang berhasil menduduki peringkat teratas dalam kota pelajar terbaik versi QS Ranking. KIra-kira, apakah kamu tertarik untuk berkuliah di salah satu kota di atas, Anak Rantau?

Baca juga Anti Stress! 5 Alasan Selandia Baru Cocok Buat Pendatang

Ingin mengetahui cerita lain di London?